Arduino Leonardo – BLINK

Artikel ini bertujuan untuk mengenalkan dasar kerja Arduino sendiri. Diharapkan kita dapat memasukkan program ke Arduino. Dengan langkah – langkah seperti di bawah ini :

  1. Pertama, Koneksikan Modul Arduino DFRrobot Leonardo (Selanjutnya disebut Arduino saja) dengan PC menggunakan kabel data USB. Pastikan LED ON menyala.

2. Kemudian pastikan Arduino terkoneksi dengan benar dengan mengecek melalui Device Manager. Lalu apabila terkoneksi dengan benar, maka Arduino akan terdeteksi sebagai COMxx sebagaimana terlihat pada gambar berikut :

3. Buka program Arduino IDE.

4. Lalu atur board yang digunakan adalah Arduino Leonardo dengan cara klik menu Tools => Board => Arduino Leonardo

5. Kemudian atur port yang digunakan adalah Port Com dari Arduino Leonardo yang terdeteksi oleh PC, dengan cara klik menu Tools => Port => Portxx (Arduino Leonardo).

6. Buka contoh program “blink” dengan cara buka menu File => Examples => 01.Basics => Blink

7. Cek program dengan meng-klik tombol “Verivy” ( ). Pastikan tidak ada error, sebagaimana tertampil berikut.

8. Kirim program ke board dengan meng-klik tombol “Upload” ( ). Dan pastikan program terkirim, sebagaimana tampilan berikut

9. Lihat perubahan pada board Arduino. Jika sudah benar, LED L akan menyala dan mati secara periodik dengan durasi +- 1 detik.

10. Simpan program Anda dengan nama “Blink2” dengan cara memilih menu File => save as…

11. Edit program Anda sebagai berikut :

void loop(){
    digitalWrite(13, HIGH);
    delay(300);
    digitalWrite(13, LOW);
    delay(300);
}

12. Kemudian bisa upload ulang program, amati nyala LED yang terjadi.

Hasil yang akan kita dapat adalah seperti ini :

Selang 1 detik atau 1000 ms

Program blink menggunakan sebuah LED sebagai output. Pada void setup di inialisasikan bahwa LED sebagai output.  Pada void loop program tersebut digitalWrite untuk memberikan output pada LED secara digital (1/0) dengan HIGH berarti untuk keadaan LED menyala dan LOW untuk keadaan saat LED padam. Pada program ini delay yang diberikan 1000ms atau 1 detik. Saat program diupload ke arduino maka lampu akan menyala 1 detik dan padam 1 detik secara bergantian dan terus menerus.

Bagaimana? Apakah kalian berhasil menjalankan program blink nya? Jika sudah selamat karena Anda sudah bisa menggunakan Arduino board. Sekian artikel eksperimen kali ini, cobalah untuk menjalankan program example lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *