Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Program Membaca SMS Dengan Delphi

Berikut ini penulis coba sajikan tutorial menerima dan membaca SMS menggunakan  program Delphi. Proses penerimaan data SMS sebenarnya hanya berlangsung di modem. Program Delphi di sini hanya akan membaca data SMS dari modem. Ada dua macam teknik membaca SMS dari modem, yakni polling dan live/real time. Cara polling dilakukan tanpa mengecek ada SMS yang masuk atau tidak dan dilakukan berdasarkan interval waktu tertentu, sedakan cara ‘live/real time’ dilakukan setelah program Delphi mengetahui ada indikasi SMS masuk yang dikirim oleh modem. Jadi tugas program di sini adalah mengecek ada indikasi SMS masuk atau tidak, kemudian langsung membaca isi SMS setelah indikator terbaca. Diagram Alir di bawah ini mungkin akan membantu pemahaman Anda.

1.       Skema polling data SMS dari modem

2.       Skema baca SMS berdasar indikator (cara Live/real time)

Setelah Anda memahami skema prinsip membaca SMS di atas, mari kita coba mengimplementasikan dalam bentuk baris program Delphi.

1.       Program baca SMS menggunakan teknik polling

Buat program baru dalam Delphi, ambil komponen Button (2 buah), Memo, Timer, ComPort ke dalam Form, dan atur seperti gambar di bawah

Double click tombol dengan tulisan ‘Setting’, dan isikan baris program sebagai berikut :

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);

begin

comport1.ShowSetupDialog;

end;

Double click tombol dengan tulisan ‘Open, dan isikan baris program sebagai berikut :

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);

begin

if ComPort1.Connected then

begin

ComPort1.Close;

button2.Caption:=’Open’;

end

else

begin

ComPort1.Open;

button2.Caption:=’Close’;

ComPort1.WriteStr(‘at+cmgf=1’+#13#10);

ComPort1.WriteStr(‘at+cpms=”SM”‘+#13#10);

ComPort1.WriteStr(‘at+cscs=”GSM”‘+#13#10);

end;

end;

Kemudian tambahkan baris program berikut untuk meng-handle data serial yang masuk ke serial Port (Com Port) di event OnRxChar di komponen ComPort1

procedure TForm1.ComPort1RxChar(Sender: TObject; Count: Integer);

var

Str: String;

begin

ComPort1.ReadStr(Str, Count);

Memo1.Text := Memo1.Text + Str;

end;

Kemudian masukkan baris program sebagai berikut ke komponen Timer. Program di dalam timer inilah yang bertindak sebagai program inti dalam proses pembacaan isi SMS dengan interval waktu tertentu.

procedure TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject);

begin

memo1.Clear;

comport1.WriteStr(‘at+cmgl=”all”‘+#13#10);

end;

Pada program di atas, baris comport1.WriteStr(‘at+cmgl=”all”‘+#13#10); dimaksudkan untuk mengeluarkan perintah ‘at+cmgl’ dari Com Port ke modem. Sedangkan arti dari at command ‘at+cmgl’ adalah memerintahkan modem supaya memberikan semua data sms yang tersimpan di memori.

Untuk mengatur interval waktu pembacaan isi SMS, Anda dapat mengisi property  Interval milik komponen Timer. Nilai (Value) dalam property interval Timer ini dalam satuan ms (mili second), jadi bila Anda ingin tiap satu menit membaca SMS, Anda harus mengisi property Interval dengan nilai 60×1000 ms=60000. Untuk nilai lain bisa Anda sesuaikan sendiri sesuai kebutuhan.

Setelah Anda lengkap mengisi script di atas, cobalah untuk me-running program (F9), dan lihatlah hasilnya.

Tampak pada gambar di atas, semua SMS yang ada di SIM card berhasil dibaca oleh program Delphi. Data – data SMS yang ikut terbaca selain isi SMS antara lain : indeks memori tempat isi SMS (berguna untuk penghapusan SMS atau pembacaan ulang), status SMS (read / unread), nomor pengirim, dan waktu (tanggal dan jam) penerimaan SMS. Data – data ini dapat Anda olah untuk kebutuhan program Anda.

Demikian sedikit tutorial program baca SMS dengan  Delphi dengan teknik polling. Untuk program baca SMS dengan teknik Live / real time akan penulis sajikan dalam artikel selanjutnya.

Jika Anda mengalami kesulitan, ada baiknya Anda membaca tulisan – tulisan saya sebelumnya, dan jika masih kesulitan, Anda bisa menghubungi saya di YM:ajiew atau email: ajie@saptaji.com

 

Bersambung

Incoming search terms:

BACA SMS DENGAN DELPHI, membaca sms dengan comport, atcommand baca sms delphi, cara memberi perintah delphi 7 dengan sms, cara membaca sms masuk dari modem dengan delphi 7, cara membaca cmti: me, cara buat procedure comport1 untuk baca data arduino, cara baca sms inbox di modem huawei, cara baca diagram delp, sourches coundown pakai delphi
32 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!