Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Kumpulan Manual Book AT COMMAND

Bagi Anda yang sedang belajar at command, mungkin Anda bingung mencari referensi yang pas. Berikut ini saya ada beberapa guide/panduan tentang at command. Mungkin lebih tepat disebut manual book, karena at command ini dikeluarkan oleh manufacturer handset atau modem tertentu yang menjelaskan penggunaan/operational procedure at command terhadap handset mereka. Memang, at command ini sebenarnya bersifat umum, yang artinya at command handset/modem tipe X akan dapat digunakan pada handset/modem tipe Y dan sebaliknya, namun ada yang bersifat proprietary  yang artinya  hanya ada handset/modem tersebut.

Mengapa banyak saya sebut ‘handset’ di awal artikel saya? Ya, mungkin banyak dari kita yang belum ‘ngeh’ kalau ternyata handset atau kita sebut saja handphone, ternyata juga support at command. Saya tentunya belum pernah mencoba semua tipe handphone, namun bisa saya katakan, bahwa secara umum handphone yang memiliki fitur modem di dalamnya akan support at command. Jadi, bagi Anda yang memiliki handphone yang memiliki modem di dalamnya bisa menggunakannya untuk belajar berinteraksi menggunakan at command tanpa membeli modem, tapi jika Anda membangun sistem tertentu yang running 24 jam, saya sarankan untuk menggunakan modem baik itu modem GPRS atau modem 3G.

Dulu, sekitar tahun 2004 sewaktu masih menjadi field engineer di salah satu operator telco di Indonesia, saya juga mulai belajar at command menggunakan handphone tipe Sony Ericsson T610. Waktu itu saya sedang merancang sebuah sistem dispatcher alarm BTS. Jadi jika ada alarm BTS, maka si T610 ini akan segera mengirim SMS ke saya. Waktu itu tiap ada alarm BTS hanya mengandalkan telepon dispatch dari tim OMC (Operational Maintenance Center) Jakarta, jadi interval waktu antara mulainya terjadi alarm sampai dengan info alarm itu sampai ke engineer bisa lebih dari 30 menit, karena waktu itu seluruh wilayah Indonesia di-handle oleh tim OMC Jakarta. Bagi saya telat setengah jam terasa lama, karena bisa jadi karena back up time baterai yang pendek (misalnya pada RBS outdoor), BTS tersebut akan down sebelum setengah jam. Nah, untuk memecahkan masalah tersebut saya merancang sistem real time untuk melakukan reporting jika terjadi alarm BTS via SMS. Sejak saat itulah saya mendalami tentang at command dan cara pemrogramannya.

Baiklah, berikut ini adalah kumpulan at command yang saya pelajari dulu. Seperti yang saya katakan di awal, bahwa at command ini bersifat general jadi bisa digunakan untuk semua tipe handset/modem. Seperti misalnya handset yang saya gunakan adalah SE T610, namun manual book yang saya gunakan adalah at command  untuk SE T68i (masih ingat handphone jadul ini?).

  1. AT command SE T68i
  2. AT command Nokia series 30
  3. AT command Modem sierra
  4. AT command Modem ZTE
  5. AT command Modem Huawei

Dari sekian banyak manual book yang saya share tersebut, favorit saya adalah AT command SE T68i, karena menurut saya mudah dipahami dan cukup lengkap. Saya sarankan Anda untuk membacanya dulu sebelum membaca manual book yang lain.

Demikianlah, saya rasa cukup untuk sharing kali ini. Beberapa hari yang lalu ada yang menanyakan tentang guidance at command dalam bahasa Indonesia. Saya rasa tidak (belum) ada, karena semua manufacturer handset/modem tidak ada di Indonesia :-). Tapi tidak usah berkecil hati, justru kita bisa sekalian belajar bahasa Inggris minimal pasif. Kalaupun masih kesulitan, Anda bisa gunakan google translate untuk menerjemahkan guidance tersebut. Oh ya, sebagai penyemangat belajar, banyak sekali kemampuan yang ditanamkan pada at command ini. Jadi, tidak hanya SMS, namun juga bisa digunakan untuk men-generate call, mengetahui status baterai handset, signal level, melakukan penekanan keypad secara software, pemilihan band network, pembacaan cell broadcast, dan lain lain. Mari kita belajar untuk Indonesia yang lebih baik !

Incoming search terms:

manual cmd dalam bahasa indonesia, apakah hp BB suport AT command, kumpulan at command zte, jobdesk nya dispatcher bts, hp yang menggunakan sistem AT command, hp jadul suport arduino, daftar hp yang support at command, command ericsson cek nomor hp, cara mengaktifkan alarm BTS ke handphane, tipe hp yang support dengan sistem at command
6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!