Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Mengirim SMS secara Remote (Web Based) dengan Delphi 7, Raudus dan CPort

Ada kalanya suatu sistem membutuhkan pengiriman SMS secara remote atau client-server. SMS Modem ada di komputer server, sedangkan Anda berada jauh/berbeda tempat dengan server, namun dapat terhubung server dengan koneksi intranet atau internet. Untuk solusi atas case ini, Anda dapat memanfaatkan Delphi dan Raudus, sedangkan untuk komponen SMS Gateway-nya dapat menggunakan CPort/Comport. Berikut adalah gambaran topologi sistemnya.

Raudus sendiri merupakan framework eksternal Delphi yang dapat diinstal ke dalam Delphi dan dapat digunakan untuk membuat aplikasi web menggunakan bahasa Delphi secara native. Semua sintaks yang digunakan adalah Delphi style, namun output yang dihasilkan adalah aplikasi web. Karena berupa web yang didukung protokol TCP/IP, maka aplikasi hasil Delphi-Raudus ini dapat diakses di tempat lain yang terhubung dengan LAN/internet menggunakan web browser. Jadi, seakan-akan Anda mengeksekusi perintah ke modem SMS di server namun dilakukan di remote area. Apalagi Raudus sudah mendukung javascript, jadi aplikasi web yang dihasilkan nantinya lebih efisien (tidak perlu reload/refresh halaman web secara keseluruhan), dan tampilannya akan tampak seperti aplikasi desktop pada umumnya.

Contoh aplikasi kirim SMS web based menggunakan Raudus adalah sebagai berikut. Dari Component Pallete, ambil komponen RaExtLabel (2 bh), RaExtTextField (1), RaExtTextArea (1), RaExtButton (2) dan ComPort (1) pada Raudus Form Designer. Atur tata letak komponen hingga menjadi seperti pada gambar di bawah.

 

Atur properties komponen-komponen di atas sebagai berikut :

Komponen

Properties

Nilai

RaExtWindow1 Title Program Kirim SMS
RaExtLabel1 Text No tujuan :
RaExtLabel2 Text Isi SMS :
RaExtButton1 Text Open
RaExtButton2 Text Kirim SMS
RaExtTextField1 Value -dikosongi-
Comport1 Port COM8 (sesuaikan dengan modem Anda)

 Double click komponen RaExtButton1 (tombol ‘Open’) dan isikan baris program di bawah :

procedure TRaForm1.RaExtButton1Click(Sender: TObject);

begin

 Comport1.Open;

 ComPort1.WriteStr(‘at+cmgf=1’+#13#10);

end;

Double click komponen RaExtButton2 (tombol ‘Kirim SMS’) dan isikan baris program sebagai berikut:

procedure TRaForm1.RaExtButton2Click(Sender: TObject);

begin

 ComPort1.WriteStr(‘at+cmgs=”‘+RaExtTextField1.Value+'”‘+#13#10);

 ComPort1.WriteStr(RaExtTextArea1.Lines.Text);

 ComPort1.WriteStr(#26);

end;

Running program di atas (tekan tombol F9), kemudian buka web browser, dan isikan address bar-nya dengan alamat ip komputer Anda. Jika Anda membuka program web di komputer yang sama, Anda bisa mengetikkan http://localhost:88. Pada contoh di bawah, saya menggunakan komputer yang berbeda namun dalam subnet LAN yang sama. Komputer server berada di IP 10.24.124.88, sedangkan laptop saya di IP 10.24.124.91. Maka web browser di laptop saya, address bar-nya saya isi http://10.24.124.88:88, hingga muncul tampilan aplikasi SMS web sebagai berikut (saya menggunakan Google Chrome untuk web browsernya)

Web SMS dengan Raudus

Sekarang tinggal klik tombol ‘Open’, kemudian isikan no tujuan dan isi SMS, terus klik tombol ‘Kirim SMS’, Anda sudah bisa mengirim SMS secara web based dari remote area (modem SMS berada di sisi komputer server). Bisa Anda bayangkan jika komputer server terhubung internet, maka Anda bisa mengirim SMS di mana saja (asal terhubung internet juga) tanpa membawa modem sekalipun 🙂

Selamat mencoba, untuk tutorial penggunaan Raudus bisa dibaca disini

Incoming search terms:

aplikasi client server delphi kirim pesan gambar, membuat sms gateway client server di delphi, remote desktop aplikasi webbased raudus, contoh program remote control dengan delphi 7, cara membuat aplikasi sendiri di pc di delphi 7, aplikasi web based delphi, aplikasi kirim pesan menggunakan delphi, belajar coding delphi7, membuat proyektor dengan delpi, membuat remot desktop delphie
28 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!