Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Solusi karakter “AT” Tidak Muncul di Hyper Terminal/Putty

Saat mencoba koneksi dengan modem untuk keperluan SMS Gateway biasanya digunakan program console/terminal seperti hyper terminal (bawaan Windows) atau Putty (open source). Cara mengkoneksikan modem dengan program terminal secara umum adalah sebagai berikut :

1. Instal driver modem (terutama jika menggunakan usb modem 3G/CDMA). Setelah instalasi driver modem akan tercipta virtual serial port di Control Panel | System | Device Manager.

2. Matikan software bawaan modem

3. Pilih virtual serial port modem (COM Port), di bawah ‘Ports (COM & LPT)’ atau di bawah ‘Modem‘. Pilih yang sesuai dengan modem Anda.

4. Buka program terminal (Hyper Terminal/Putty), setting COM Port sesuai point no 3

Sampai dengan point 4, jika COM port yang Anda pilih sudah benar, maka seharusnya Anda sudah bisa berkomunikasi dengan modem. Perlu untuk Anda ketahui bahwa ‘bahasa’ yang dimengerti modem adalah AT command. AT command bukan bahasa pemrograman namun tak lebih dari sekumpulan instruksi yang dimengerti modem. AT command bersifat standar umum untuk semua jenis modem, kecuali beberapa command yang memang sebagai fitur khusus yang diberikan produsen modem (proprietary). Contoh AT command :

AT : menanyakan kesiapan modem

AT+CIMI  : menanyakan mobile identity (jaringan/network SIM card)

AT+CGSN : menanyakan serial number modem

AT+CGMI : menanyakan pabrikan modem

AT+CMGS : memerintahkan modem untuk mengirim SMS

dst (bisa Anda googling sendiri di internet untuk manual book AT command)

Nah, jika Anda mengalami blank saat mencoba komunikasi dengan modem di program terminal, jangan terburu-buru menutup programnya dan berkesimpulan koneksinya gagal. Ada kemungkinan secara default modem Anda memang tidak menampilkan AT command atau yang disebut proses echo. Untuk mengaktifkna proses echo sekaligus untuk menampilkan/memunculkan karakter AT command di program terminal, ketikkanlah perintah ‘ATE1’ dan tekan tombol enter. Jika Anda benar memilih COM port modem dan software bawaan modem tidak sedang aktif maka seharusnya akan ada jawaban dari modem berupa karakter ‘OK’. Berikutnya, perintah-perintah AT command lain yang Anda berikan ke modem, seharusnya sudah muncul dan dapat Anda analisa lebih lanjut.

 

Incoming search terms:

Solusi karakter AT Tidak Muncul di Hyper Terminal, tulis dihyperterminal ridak terlihat, Menggunakan At command menampilkan sinyal vb6, cara melihat status sms gateway dengan cmd, kumpulan at command, Menggunakan at csq di vb6, Kenap hypertemal tidak bisa di input teks, mengirim at command via windows 8, mengkoneksikan arduino dengan modem wavecom, modem
7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!