Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

TComport2010, Komponen Comport untuk Delphi XE4 dan XE5

Komponen comport digunakan untuk menangani komunikasi data serial antara PC dengan perangkat serial eksternal. Salah satu kegunaan komponen ini adalah untuk melakukan antarmuka (interfacing) dengan modem (baik usb maupun serial) untuk membuat sistem sms gateway dengan Delphi. Jika menggunakan Delphi 7 Anda bisa menginstal comport versi 3.11, dan jika Anda pengguna Delphi 2006 s/d Delphi XE3 Anda bisa menginstal versi 4.11. Tapi bagaimana dengan Delphi keluaran terbaru, Delphi XE4 dan XE5?

Adalah komponen TComport2010 yang sudah support AnsiString dan Unicode sehingga kompatibel untuk Delphi XE4 dan XE5. AnsiString adalah string yang tidak memiliki limit, sedangkan Unicode adalah skema pengkodingan karakter dari seluruh karakter di seluruh dunia (misal huruf kanji Jepang, huruf Arab, simbol romawi, simbol hieroglif, dll) dalam satu character set.  Nah, untuk comport versi lama (3.11 dan 4.11) belum sepenuhnya mendukung AnsiString dan unicode sehingga tidak dapat digunakan untuk Delphi XE4 dan XE5.

Untuk mulai menginstal komponen TComport2010, unduh dahulu installernya di https://bitbucket.org/wpostma/tcomport2010. Ekstrak file tersebut, dan double click file ‘TComport Delphi XE5.groupproj’, otomatis Delphi XE5 akan langsung membuka file project tersebut. Pada jendela ‘Project Manager’ di sebelah kanan IDE Delphi XE5 seharusnya akan terbaca file CportLib19.bpl dan DsgnCPort19.bpl. Berikutnya ikuti langkah-langkah instalasi TComport2010 ini sebagai berikut :

1. Klik kanan CportLib19.bpl, dan klik ‘Compile’. Pastikan tidak ada error setelah di-compile (jika ada ‘warning’ abaikan saja).

2. Berikutnya, klik kanan file DsnCport19.bpl dan klik ‘Install’. 

Jika tidak ada error saat instalasi maka seharusnya akan muncul jendela informasi sebagai berikut

dan di Component Pallete akan muncul Tab ‘CPortLib4’ 

3. Jangan lupa untuk mendefinisikan ‘library path’ TComport2010 ini melalui menu Tools | Options | Delphi Options | Library. Pada tombol builder library path tambahkan folder /source dimana installer TComport2010 Anda berada. Anda bisa membaca artikel saya terdahulu untuk detail penambahan source untuk library path agar terbaca oleh Delphi

4. Jika Anda melakukan handling komunikasi data serial melalui event OnRxChar seperti contoh di bawah, modifikasi sedikit pada bagian deklarasi variabel string menjadi ‘AnsiString’

Selamat, kini komponen comport sudah siap digunakan dalam project Delphi XE5 Anda :). Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

comport delphi xe5, komponen delphi xe5, fungsi comport, download komponen Comport di rad studio xe5, sms gateway dengan delphi 7 dan gammu, Sms gateway dengan delphi mysql, delphi xe5 arduino, download library comport xe, kegunaan komponen Comport, cara menggunakan comport delphi xe5

Leave a Reply

12 Comments on "TComport2010, Komponen Comport untuk Delphi XE4 dan XE5"

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Fajar
Guest

kang makasih tcomportnya gampang installnya ^_^

Perto
Guest

permisi kang, supaya simbol awal dan akhir ga ikut ditampilkan gimana ya caranya 540062C76594
, trimakasi.

Perto
Guest

saya menggunakan Tcomport untuk membaca nomor dari tag rfid pasif, ketika di baca ada simbol L didapan dan di belakang, maksud saya tuh kalau nampilin no serinya saja tidak ikut dengan simbolnya itu bagai mana?

Maspry17
Guest

Slmt malam pak Ajie, sy sudah ikuti dan coba install, saat compile muncul error : 1
[dcc32 Fatal Error]CPortLib19.dpk(33): E2202 Required package ‘vcl’ not found

mohon bantuannya pak, terima kasih

Romi
Guest

Terimakasih pak, komponen sukses terinstal..,

Aldias
Guest

dimana saya dapat belajar untuk mengcoding comport? termasuk menggunakan event pada comport dengan baik, terima kasih

error: Content is protected !!