Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Mengambil Data Tanggal dan Waktu di Android menggunakan Java

Kadang dalam suatu bagian dari project android kita, diharuskan untuk mengambil data waktu (tanggal, hari, jam, menit, dst) dari sistem Android. Data tersebut kemudian diolah untuk keperluan timing, conditional atau mungkin pengambilan keputusan dalam project Android Anda. Contoh sederhana penggunaan data DateTime ini adalah aplikasi ‘TaskShceduller’ versi Android. Fungsi  aplikasi ini kurang lebihnya adalah mengatur eksekusi ‘action’ tertentu pada waktu (tanggal dan jam) tertentu. Aplikasi ini sudah pasti akan mengambil data DateTime pada sistem Android.

Untuk mengambil data DateTime dari sistem Android, Anda dapat memanfaatkan field-field dari  class Calendar. Field-field tersebut dalam bentuk konstanta bertipe integer seperti YEAR, MONTH, DAY, MINUTE, dst. Anda dapat menggunakannya langsung atau memanipulasinya menggunakan class SimpleDateFormat. Dengan menciptakan sebuah instance SimpleDateFormat Anda dapat langsung memparsing dan memformat tampilan DateTime sesuai keinginan. Anda dapat mengatur jam dengan hitungan 12 jam/24 jam, mengatur menit dengan default 1 digit/2 digit atau menambahkan am/pm pada tampilan waktu.  Untuk lebih jelasnya, simaklah contoh program sebagai berikut. Program ini merupakan pengembangan dari artikel sebelumnya tentang Timer di Android.

Nama program : timerku2.apk

Objective : menampilkan waktu sekarang dari sistem Android

Langkah – langkah development :

  1. Buka IDE Eclipse dalam ADT (Android Developer Tools) dan buatlah project baru dengan nama ‘timerku’ melalui menu File | New | Android application Project. Ikuti jendela wizard sampai selesai dengan menekan tombol ‘Next’. 
  2. Atur layout aplikasi seperti pada artikel sebelumnya di sini
  3. Isikan program utama pada file MainActivity.java pada folder /src pada jendela Package Explorer, sebagai berikut : 

4. Running program (CTRL+F11) dan amati hasil program pada AVD (Android Virtual Device) atau pada smartphone/tablet Android jika Anda menggunakan device sesungguhnya. 

Penjelasan program :

Baris [2] : menciptakan instance Handler untuk keperluan pembuatan ‘objek’ Timer

Baris [9] : memanggil ‘event’ onTimer

Baris  [12] s.d [24] : isi ‘event’ onTimer yang dipanggil tiap satu satuan waktu (dalam contoh program ini adalah 1000ms/1 detik). Di dalamnya terdapat script untuk menampilkan waktu sekarang ke dalam komponen textView.  Baris [15] untuk menginisialisasi instance Calendar. Baris [16] untuk memformat tampilan waktu dengan formasi yang didefinisikan pada parameter dibelakangnya. Baris [] dan [] adalah untuk menampilkan string waktu yang sudah diformat ke label textView. Karena semua script ini berada di dalam runnable yang dipanggil oleh Handler.postDelay tiap 1000 ms, maka efeknya adalah perubahan tulisan pada textView sesuai dengan waktu sekarang. Dengan kata lain Anda sedang membuat sebuah jam yang menunjukkan waktu sekarang lengkap dari tahun sampai satuan detik !.

Demikian tutorial mengambil data waktu dan tanggal dari sistem Android menggunakan Java, semoga bermanfaat untuk Anda.

Incoming search terms:

menampilkan jam di android, mengambil tanggal hari ini di android, mengambil tanggal dan waktu sekarang di android, mengambil data tanggal dan waktu di Android menggunakan java, codingan untuk mengirim tanggal menggunakan eclipse, cara menampilkan tanggal di android, cara mengimputkan format tanggal di android, cara menampilkan tanggal di eclip, cara mengambil tanggal sekarang di android studio, Cara mengambil data jam pada android studio
8 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!