Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Contoh Aplikasi Alarm Jam Digital Dengan Arduino

Tutorial kali ini akan membahas tentang contoh aplikasi alarm jam digital berbasis waktu yang presisi menggunakan Arduino. Anda dapat dengan mudah membuatnya dengan memanfaatkan library ‘TimeAlarms.h’. Pada artikel sebelumnya, “Membuat Alarm Berdasarkan Waktu dengan Arduino“, telah dijelaskan apa itu library ‘TimeAlarms.h’, apa fungsinya dan apa saja subrutin yang ada di dalamnya. Pada tutorial kali ini kita akan coba memanfaatkan library tersebut untuk membuat aplikasi alarm jam berbasis waktu dengan menggunakan Arduino. Perlu Anda ketahui, bahwa library ‘TimeAlarms.h’ menggunakan subrutin yang ada di library ‘Time.h’ sehingga deklarasi library wajib ada di setiap penggunaan library ‘TimeAlarms.h’. Sedangkan library ‘Time.h’ sendiri adalah library yang digunakan untuk membuat RTC dengan Arduino, jadi Anda sekarang tidak membutuhkan lagi hardware (IC) RTC (Real Time Clock) untuk membuat aplikasi berbasis waktu yang presisi.

Baiklah, untuk kumpulan subrutin (function dan method) yang ada di library ‘TimeAlarms.h’ dan penjelasannya sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Anda dapat membacanya terlebih dahulu jika belum mengetahuinya. Kini tiba saatnya untuk mempraktekkannya dalam sebuah program/sketch Arduino untuk lebih memantapkan pemahaman Anda tentang library ini. Sebagai gambaran, contoh aplikasi ini akan memanfaatkan Arduino untuk membuat sebuah ‘jam weker digital’ sederhana yang dapat memicu alarm pada jam yang sudah ditetapkan. Ketika alarmnya terpicu, Arduino akan menyalakan LED sebagai indikatornya.

Seperti biasa buka software IDE Arduino, dan salin sketch di bawah ini. Setelah itu simpan (Save As) dengan nama file sesuka Anda. Berikut sketch-nya

 

Berikut penjelasan dari sketch di atas :

Baris [1 & 3] : deklarasi library yang dibutuhkan dalam Arduino

Baris [7] : deklarasi variabel untuk memudahkan saat mengakses pin ouput (pin 13). Seperti yang telah Anda ketahui pin 13 adalah pin yng telah terhubung dengan LED di papan Arduino. Jadi Anda tidak perlu menambahkan LED eksternal dalam percobaan ini.

Baris [15] : menginisialisasi port Serial. Digunakan untuk mengirim data serial ke laptop/PC sehingga kita dapat melihat data processing di Arduino melalui laptop.

Baris [17] : menginisialisasi port 13 (port LED) sebagai output. Untuk menyalakan/mematikan Anda harus mengeset mode pin ini sebagai OUTPUT.

Baris [19] : mematikan LED

Baris [21] : mengeset waktu saat Arduino pertama kali dinyalakan, dengan format parameter dari kiri ke kanan adalah jam, menit, detik, tanggal, bulan, tahun.

Baris [23 & 26] : mendefinisikan alarm. Untuk penjelasan format parameter dapat Anda baca di sini

Baris [35-45] : memanggil function hour, minute, second dan mengirimnya ke port serial sehingga dapat ditampilkan di jendela Serial Monitor

Baris [49] : delay 1 detik

Baris [57-67] : subrutin ‘AlarmPagi’ yang berisi penyalaan LED selama 3 detik dan pengiriman string ke jendela Serial Monitor. Subrutin ini dipanggil pada baris [23]

Baris [71-75] : subrutin ‘WeeklyAlarm’ yang dipanggil pada baris [25]. Subrutin ini dipanggil setiap hari Sabtu tiap minggunya.

Upload sketch di atas ke papan Arduino Anda (CTRL+U) dan lihatlah hasilnya di jendela Serial Monitor. Di bawah ini adalah tampilan jendela Serial Monitor berdasarkan sketch di atas. Anda dapat membuka jendela ini melalui menu Tools | Serial Monitor

contoh aplikasi alarm jam digital dengan arduino

Demikian sedikit contoh aplikasi alarm jam digital menggunakan Arduino. Semoga bermanfaat dan memicu kreativitas Anda untuk membuat aplikasi yang lebih kompleks. Jika ada yang ingin didiskusikan silahkan isi komentar di bawah.

Incoming search terms:

jam digital arduino, membuat jam digital dengan arduino, jam digital dengan arduino, jam digital seven segment arduino, membuat jam digital dengan arduino uno, membuat jam digital dengan arduino seven segment, aplikasi arduino sederhana, jam digital 7 segment arduino, jam alarm arduino, membuat jam dengan arduino
16 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!