Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Mudahnya Bikin Hello World di LCD 16×2 dengan Arduino

LCD biasanya digunakan sebagai output tampilan sederhana pada sebuah sistem mikrokontroller. Sebuah LCD bisa menampilkan karakter alfanumerik, beda dengan seven segment (7 segment) yang hanya menampilkan karakter angka saja. Untuk output tampilan yang animatif, LCD ini layak untuk dipertimbangkan dalam project elektronika Anda.

Di pasaran, yang paling banyak tersedia dan paling terjangkau harganya adalah LCD 16×2 yang artinya ada 2 baris tampilan  dengan perbarisnya ada 16 kolom atau 16 karakter. Jadi total ada 32 karakter yang dapat tertampil dalam LCD 16×2 (ya iyalah 16×2 anak SD juga tahu kalo hasilnya 32 he he he).

Sebagai persiapan, rangkailah prototipe rangkaian sebagai berikut. Jika Anda membeli LCD 16×2 (bukan yang bertipe modul), Anda harus sedikit mensolder bagian pinout untuk nantinya dihubungkan ke Arduino atau protoboard.

Gambar rangkaian :

gambar rangkaian menangani LCD 16x2 dengan arduino

Hardware yang dibutuhkan :
– Arduino Uno + kabel USB tipe B
– LCD 16×2
– potensiometer/trimpot 10K
– resistor 10k
– beberapa kabel jumper
– protoboard

Koneksi wiring :

menangani LCD 16x2 dengan Arduino

– pin RS LCD <–> pin 12 Arduino
– pin Enable (E) LCD <–> pin 11 Arduino
– pin D4 LCD <–> pin 5 Arduino
– pin D5 LCD <–> pin 4 Arduino
– pin D6 LCD <–> pin 3 Arduino
– pin D7 LCD <–> pin 2 Arduino
– pin R/W LCD <–> ground
– pin VSS LCD <–> ground
– pin VCC LCD <–> 5V
– wiper potensiometer/trimpot <–> pin VO LCD

Kurang lebih prototipe rangkaian setelah selesai dirakit adalah sebagai berikut :

prototipe rangkaian lcd 16x2 dengan arduino

Setelah rangkaian hardware sudah selesai, upload-lah sketch Arduino sebagai berikut :

Inti dari sketch di atas terletak pada library ‘LiquidCrystal.h’. Library ini adalah library bawaan dari Arduino, sehingga Anda bisa langsung menggunakannya. Jika Anda sudah mendeklarasikan library ini, Anda akan memiliki sebuah objek yang bernama ‘lcd’ yang memiliki beberapa method yang akan memudahkan Anda menangani hardware LCD Anda. Contoh-contoh method tersebut adalah :

lcd.begin (baris,kolom);  –> untuk inisialisasi LCD sesuai tipenya (contoh LCD 16×2, maka perintahnya adalah lcd.begin (16,2);

lcd.print (karakter); –> untuk menampilkan karakter di LCD. Parameter ‘karakter’ harus bertipe string

lcd.setCursor (baris,kolom); –> mengeset lokasi dengan koordinat (baris,kolom) untuk karakter yang akan ditampilkan.

Setelah Anda upload sketch di atas, kemudian perhatikan tampilan LCD. Sudah tertampilkah karakter ‘hello world’ di sana? Jika belum, Anda perlu mengatur brightness karakter dengan memutar-mutar potensiometer/trimpot yang terhubung dengan pin Vo. Jika sekarang sudah tertampil, selamat, Anda sudah berhasil membuat tampilan di LCD 16×2 dari Arduino. Cukup mudah bukan? Dengan adanya library ‘LiquidCrystal’ dari Arduino membuat semuanya jadi lebih mudah. Anda tidak perlu mengeset satu persatu alamat memori LCD dan mengisinya dengan  karakter yang akan ditampilkan. Pada artikel berikutnya akan saya jelaskan lebih detail mengenai cara kerja LCD dan bagaimana cara menanganinya secara programatikal.

Incoming search terms:

rangkaian lcd 16x2 arduino, rangkaian lcd ke arduino, rangkaian lcd arduino, rangkaian lcd no potensio, contoh program arduino lcd 16x2, program arduino lcd 16x2, rangkaian arduino lcd, menampilkan karakter lcd arduino, menampilkan hello word di lcd 16x2 menggunakan arduino uno, rangkaian lcd pada arduino
Tags:,
12 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!