Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Mudahnya Bikin Hello World di LCD 16×2 dengan Arduino

LCD biasanya digunakan sebagai output tampilan sederhana pada sebuah sistem mikrokontroller. Sebuah LCD bisa menampilkan karakter alfanumerik, beda dengan seven segment (7 segment) yang hanya menampilkan karakter angka saja. Untuk output tampilan yang animatif, LCD ini layak untuk dipertimbangkan dalam project elektronika Anda.

Di pasaran, yang paling banyak tersedia dan paling terjangkau harganya adalah LCD 16×2 yang artinya ada 2 baris tampilan  dengan perbarisnya ada 16 kolom atau 16 karakter. Jadi total ada 32 karakter yang dapat tertampil dalam LCD 16×2 (ya iyalah 16×2 anak SD juga tahu kalo hasilnya 32 he he he).

Sebagai persiapan, rangkailah prototipe rangkaian sebagai berikut. Jika Anda membeli LCD 16×2 (bukan yang bertipe modul), Anda harus sedikit mensolder bagian pinout untuk nantinya dihubungkan ke Arduino atau protoboard.

Gambar rangkaian :

gambar rangkaian menangani LCD 16x2 dengan arduino

Hardware yang dibutuhkan :
– Arduino Uno + kabel USB tipe B
– LCD 16×2
– potensiometer/trimpot 10K
– resistor 10k
– beberapa kabel jumper
– protoboard

Koneksi wiring :

menangani LCD 16x2 dengan Arduino

– pin RS LCD <–> pin 12 Arduino
– pin Enable (E) LCD <–> pin 11 Arduino
– pin D4 LCD <–> pin 5 Arduino
– pin D5 LCD <–> pin 4 Arduino
– pin D6 LCD <–> pin 3 Arduino
– pin D7 LCD <–> pin 2 Arduino
– pin R/W LCD <–> ground
– pin VSS LCD <–> ground
– pin VCC LCD <–> 5V
– wiper potensiometer/trimpot <–> pin VO LCD

Kurang lebih prototipe rangkaian setelah selesai dirakit adalah sebagai berikut :

prototipe rangkaian lcd 16x2 dengan arduino

Setelah rangkaian hardware sudah selesai, upload-lah sketch Arduino sebagai berikut :

Inti dari sketch di atas terletak pada library ‘LiquidCrystal.h’. Library ini adalah library bawaan dari Arduino, sehingga Anda bisa langsung menggunakannya. Jika Anda sudah mendeklarasikan library ini, Anda akan memiliki sebuah objek yang bernama ‘lcd’ yang memiliki beberapa method yang akan memudahkan Anda menangani hardware LCD Anda. Contoh-contoh method tersebut adalah :

lcd.begin (baris,kolom);  –> untuk inisialisasi LCD sesuai tipenya (contoh LCD 16×2, maka perintahnya adalah lcd.begin (16,2);

lcd.print (karakter); –> untuk menampilkan karakter di LCD. Parameter ‘karakter’ harus bertipe string

lcd.setCursor (baris,kolom); –> mengeset lokasi dengan koordinat (baris,kolom) untuk karakter yang akan ditampilkan.

Setelah Anda upload sketch di atas, kemudian perhatikan tampilan LCD. Sudah tertampilkah karakter ‘hello world’ di sana? Jika belum, Anda perlu mengatur brightness karakter dengan memutar-mutar potensiometer/trimpot yang terhubung dengan pin Vo. Jika sekarang sudah tertampil, selamat, Anda sudah berhasil membuat tampilan di LCD 16×2 dari Arduino. Cukup mudah bukan? Dengan adanya library ‘LiquidCrystal’ dari Arduino membuat semuanya jadi lebih mudah. Anda tidak perlu mengeset satu persatu alamat memori LCD dan mengisinya dengan  karakter yang akan ditampilkan. Pada artikel berikutnya akan saya jelaskan lebih detail mengenai cara kerja LCD dan bagaimana cara menanganinya secara programatikal.

Incoming search terms:

rangkaian lcd 16x2 arduino, rangkaian lcd ke arduino, rangkaian lcd arduino, contoh program arduino lcd 16x2, cara menghubungkan lcd ke arduino, program arduino lcd 16x2, rangkaian lcd 16x2, rangkaian lcd no potensio, rangkaian arduino lcd, program lcd arduino sederhana
Tags:,

Leave a Reply

16 Comments on "Mudahnya Bikin Hello World di LCD 16×2 dengan Arduino"

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Fairuz Anjab
Guest

gan kalau gada potensiometer untuk membuati tu bisa ?

bibah
Guest

Mas maaf mau tanya kenapa ya lcd yg saya rangkai tidak mau menyala ?
Terima kasih

daksa
Guest
siang pak ajie, saya coba menggabungkan untuk membaca data serial di port 0 dan 1 di adruino dan ditampilkan di LCD namun mengalamai kegagalan. data karakter yang dikirimkan sudah masuk tapi karakternya berbeda saya coba kirim karakter melalui program demo dari delphi comport – cport310, ComportExample.exe. jika saya mengirimkan karakter 1 di LCD tampil g, 2 di LCD tampil 3, karakter a di LCD tampil 0. Baudrate juga sudah saya samakan. namun tetap saja data yang terbaca tidak sama berikut ini saya tampilkan programnya #include char vdata; LiquidCrystal lcd(12, 11, 10, 5, 4, 3, 2); int backlight = 13; void… Read more »
Mega
Guest

Halo pak.. Saya baru coba coding punya bapak. Tapi saat saya hubungkan arduino ke lcd nya, kenapa port arduino jadi tidak terdeteksi di laptop? Mohon bantuannya, Pak. Terimakasih.

sufa
Guest

hay gan. saya sudah coba rangkai smuanya tetapi karakter lcd belum juga tampil. kira-kira kesalahannya dimana ya. harap bantuannya

Triyono
Guest

Selamat sore mas Aji, untuk LCD ngambil sumber 5 V itu eksternal ya? Bisa nggak digabung dengan 5v Arduino ?

Triyono
Guest

kalau di lcd nya hanya terlihat kotak putih – putih itu knp mas?, helloworld nya tidak tampil mas, potensio sudah posisi max

error: Content is protected !!