Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Membuat Menu di Tampilan Web dengan Delphi dan Raudus

Salah satu cara yang paling mudah membuat aplikasi web based bagi programmer Delphi adalah menggunakan framework Raudus. Dengan framework ini Anda dapat membuat sebuah web seperti halnya membuat aplikasi desktop biasa, dengan gaya pemrograman Delphi tentunya, yakni visual programming, tinggal drag and drop komponen saja. Semua sintaks pun mengikuti gaya bahasa Delphi/Pascal, sehingga saya yakin bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Delphi pasti akan sangat mudah membuat aplikasi web dengan Raudus ini.

Kali ini saya akan memberikan tutorial membuat menu di tampilan web Anda. Caranya sangat mudah. Langkah pertama, buatlah sebuah aplikasi raudus dengan sebuah RaForm. Ohya, saya anggap Anda sudah menginstal Raudus ya, kalo belum bisa langsung donlot di web resminya, http://raudus.com/download. Untuk framework Raudus yang saya gunakan adalah versi 0.8.7 sesuai yang ada di buku Delphi-Raudus saya.

Baik, kita lanjutkan kembali tutorialnya, untuk membuat aplikasi dengan Raudus, Anda harus menciptakan sebuah project baru dengan RaForm di dalamnya (bukan Form yang biasanya). Caranya melalui menu File-New-Other-RaApplication.

RaApplication Raudus Delphi

Langkah kedua, ambil beberapa komponen sebagai berikut dari component pallete di tab ‘Raudus Ext’, Raudus Ext Edit’ dan ‘Raudus Deprecated’.

Tab Komponen Properti Nilai
Raudus Ext RaExtWindow1
Raudus Deprecated RaextTopToolbar1
Raudus Ext RaextMenu1
Raudus Ext RaExtMenu2
Raudus Ext RaExtMenuItem1 Text New
Raudus Ext RaExtMenuItem2 Text Open
Raudus Ext RaExtMenuItem3 Text ReOpen
Menu RaExtMenu2
Raudus Ext RaExtMenuItem4 Text Exit
Icon-File Url fugue-icons-3.0/icons/cross.png
Raudus Ext Edit RaExtCheckBox1 BoxLabel File A
Raudus Ext Edit RaExtCheckBox2 BoxLabel File B
Raudus Ext Edit RaExtRadio1 BoxLabel File 1
Raudus Ext Edit RaExtRadio2 BoxLabel File 2
Raudus Ext RaExtButton1 Text File
Menu RaextMenu1
Raudus Ext RaExtButton2 Text Edit
Raudus Ext RaExtButton3 Text Search
Raudus Ext RaExtToolbarSeparator1
Raudus Ext RaExtToolbarSeparator1
Raudus Ext RaExtToolbarSeparator1

Langkah ketiga, Atur peletakan komponen-komponen tersebut hingga tampilannya seperti gambar di bawah

Menu tampilan web dengan delphi-raudus

Untuk submenu ‘Exit’, silahkan di-double click, dan isikan event handler sebagai berikut :

Sudah, selesai :). Udah tahu fungsi event handler di atas, kan? Saya hanya sekedar memberi contoh sederhana , jika Anda memilih/menekan submenu ‘Exit’ maka Anda akan keluar dari aplikasi web Anda. Sintaksnya, sama persis dengan Delphi yang biasanya, bukan?

Sekarang silahkan ditekan tombol F9 (Run) untuk menjalankan program. Sesaat kemudian, muncul jendela command prompt sebagai berikut :

web server mongoose raudus delphi running

Jendela ini menandakan bahwa web server Raudus, yakni ‘Mongoose’ sudah running dan siap melayani client di web browser. Untuk membuka aplikasi web yang sudah Anda rancang tadi, bukalah web browser kesayangan Anda (Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dll) dan ketika alamat http://localhost:88, hingga terlihat tampilan sebagai berikut. Silahkan Anda coba-coba sendiri hasil tampilan menu yang tadi Anda buat

tampilan menu di aplikasi web dengan delphi dan raudus

Catatan : Alamat localhost dapat diganti dengan IP address laptop Anda (contoh: http://192.168.10.17:88), sehingga laptop/komputer lain yang terhubung pada jaringan LAN yang sama dapat mengakses aplikasi web Anda.

Incoming search terms:

membuat web dengan delphi, download raudus, membuat aplikasi berbasis web dengan delphi, Cara membuat tampilan aplikasi seperti desktop Windows 8 menggunakan delphi, Cara menggunakan raudus, Download raudus terbaru, carA buat web dengan delphi, cara membuat web dengan delphi, cara mendesain aplikasi menggunakan raudus, cara menggunakan raudus di delphi 7
28 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!