Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Menangani GPS UBLOX Neo dengan Arduino

Untuk mendapatkan data lokasi dalam bentuk koordinat longitude dan latitude, Anda memerlukan sebuah perangkat GPS (Global Positioning System) client atau disebut juga GPS transceiver. Sistem positioning dengan GPS ini bekerja berdasarkan posisi relatif GPS client terhadap satelit-satelit GPS di luar angkasa. GPS client menerima sinyal dari satelit GPS, dan melempar balik sinyal acknowledge (ACK) ke satelit-satelit GPS. Setidaknya dibutuhkan tiga buah satelit GPS untuk mendapatkan titik koordinat lokasi yang akurat. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda lihat gambar di bawah untuk cara kerja sistem positioning menggunakan GPS.

prinsip kerja GPS

Baiklah, saya pikir cukup untuk teorinya :), sekarang mari kita coba bagaimana memanfaatkan GPS untuk mengetahui lokasi alat kita. Yang pertama, tentunya Anda membutuhkan perangkat GPS client yang support komunikasi dengan mikrokontroller khususnya Arduinio yang akan kita gunakan. Seperti kita ketahui, protokol komunikasi yang didukung Arduino adalah: serial (UART), SPI (Serial Peripheral Interface), dan I2C/IIC (Inter-Integrated Circuit). Nah, di pasaran ada satu produk yang mendukung komunikasi serial UART yakni GPS UBLOX Neo. Produk ini cukup mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau.

gps ublox neo

Seperti biasa kita akan menggunakan SoftwareSerial daripada HardwareSerial. Mengapa? Berhubung Arduino Uno hanya memiliki 1 hardwareserial di pin 0 dan 1 dan akan kita gunakan untuk debugging, maka kita akan mengemulasi pin 3 dan 4 menjadi pin serial dengan library SoftwareSerial.h. Berikut ini adalah gambar rangkaiannya.

menangi gps ublox neo dengan arduino - gambar rangkaian

Konfigurasi Pinout GPS Ublox Neo – Arduino

Arduino  GPS Ublox
3v3   —-    Vcc
Gnd  —-    Gnd
3       —-    Rx
4       —–   Tx

Alat dan Bahan

  1. Arduino Uno (versi SMD beli di sini atau versi DIP )
  2. GPS module Ublox Neo (beli di sini harga 164.000)
  3. Kabel jumper secukupnya (beli di sini)

Sketch GPS Ublox Neo – Arduino

Yang kedua, untuk menangani GPS UBLOX Neo dengan Arduino, kita memerlukan library ‘TinyGPS++.h’ untuk memudahkan kita mengakses GPS Ublox Neo. Anda dapat mengunduh library ini secara gratis di sini. Jika sudah, Anda dapat menambahkan library tersebut ke software IDE Arduino dengan cara seperti di sini, sehingga library tersebut siap digunakan di sketch Anda.

Baiklah, langsung aja, berikut ini sketch-nya, sketch untuk mengambil data koordinat dari GPS UBLOX Neo (mungkin support untuk perangkat GPS lainnya juga).

Untuk melihat koordinat longitude dan latitude yang didapat, bisa dilihat di jendela Serial Monitor melalui menu Tools – Serial Monitor. Ohya, sebaiknya waktu mencoba modul GPS ini sebaiknya di luar rumah, supaya terjangkau sinyal GPS dari satelit.

Berikut foto hasil percobaan saya menggunakan XBoard, yakni board Arduino yang built in ethernet port. Waktu itu project-nya me-report koordinat lokasi menggunakan IoT (Internet of Things)

gps ublox neo+xboard arduino

Demikian, tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk Anda. Untuk selanjutnya dapat Anda kembangkan untuk project yang lebih kompleks seperti ‘fleet monitoring’ untuk armada perusahaan, rental mobil, dll. Atau Anda dapat mengkombinasikan sebuah sensor fuel meter untuk mendeteksi tingkat efisiensi BBM kendaraan atau untuk mendeteksi truk tangki BBM ‘kencing’ di jalan he he he….

Incoming search terms:

membuat gps dengan arduino, cara menggunakan gps neo 6m, cara membuat gps dengan arduino, fungsi gps ublox 6m, cara setting gps neo 6m di android, membuat gps dengan ublox, cara arduino gps, cara menggunakan gps arduino, arduino gps cara, membuat gps arduino
26 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!