Tutorial Cara Mudah Menghapus Background Di Photoshop

Hai semua, bertemu lagi dengan tutorial yang baru dan tentunya dapat mengetahui tutorial mengenai Photoshop ini. Pada tutorial kali ini kita akan mencoba untuk menghapus latar belakang (background) pada gambar. Menghapus background pada foto bisa kita lakukan dengan mudah menggunakan Photoshop. Selain dapat menghapus background pada Photoshop, kita dapat mengubah warna pada latar misalnya untuk kebutuhan pas foto.
Berbeda dengan sebelum adanya Photoshop, hal ini susah untuk dilakukan. Photoshop adalah perangkat lunak untuk edit foto buatan Adobe Systems. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan-perusahaan agar hasil edit gambar mereka terlihat bagus.

Cara Menghapus Background Pada Foto

1. Persiapkan foto yang akan dihapus background-nya. Pastikan kita sudah memiliki foto yang akan di hapus background-nya. Karena ini adalah tutorial bagi pemula, jadi untuk memudahkan, kita akan menggunakan foto yang tidak terlalu rumit agar memudahkan proses edit kita.

2. Import gambar atau menambahkan foto bisa di lakukan dengan klik File -> Open. Atau bisa langsung drag and drop saja

3. Pilih gambar yang akan dihapus background-nya, dan hilangkan gembok agar kita dapat mengedit gambar tersebut pada seperti contoh di bawah ini.

4. Selection tools. Langkah selanjutnya adalah menggunakan Quick Selection Tool pada toolbar sebelah kiri. Tool tersebut berfungsi untuk melakukan penyeleksian sebuah objek yang akan dihapus. Perlu diperhatikan jika menggunakan quick selection tool. Jika terdapat salah satu bagian yang melawati batas atau objek yang tidak di inginkan, kita bisa mengatasinya dengan memilih ikon substract from selection pada ribbon bar di atas.

Atau untuk penggunaan mudahnya kita bisa menekan tombol alt, maka secara otomatis substract from selection akan muncul tanda minus (-). Dan akan kembali menjadi add to selection (+) jika kita melepas tombol Alt.

5. Pilih objek yang ingin diseleksi, kemudian pilih select subject lalu kemudian pilih select and mask

Berikut hasil setelah langkah tersebut di lakukan. Lalu klik OK

6. Setelah itu pilih File -> Save as

7. Pilih format PNG agar background gambar menjadi transparan.

8. Dan berikut ini hasil setelah proses penghapusan background.

Itulah hasil dari yang sudah kita lakukan, background sudah terhapus dengan rapi. Bagaimana, cukup mudah bukan untuk menghapus background pada foto. Kita bisa melakukannya dengan mudah berkat adanya perangkat lunak Photoshop ini. Demikianlah tutorial kali ini semoga dapat membantu Anda, sampai bertemu di lain tutorial

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *