5 Program Sederhana Menggunakan Python

Untuk menambah pemahaman kita terhadap suatu bahasa pemrograman, tidak cukup jika hanya dengan materi saja. Kita harus sering-sering berlatih dalam membuat program atau studi kasus agar lebih memantapkan kita pada pemahaman bahasa Python sendiri. Bahasa Python sendiri merupakan bahasa tingkat tinggi. Maksud bahasa tingkat tinggi di sini adalah bahasa tersebut sudah bisa dipahami/dibaca oleh manusia. Python pertama kali dirilis pada tahun 1991 oleh Guido Van Rossum. Berikut ini adalah beberapa program sederhana yang ditulis dengan bahasa pemrograman Python. Semoga dapat membantu Anda untuk dapat lebih memahami bahasa pemrograman ini.

1. Mencetak Tulisan

Hampir pada saat belajar bahasa pemrograman, pasti di awal kita diajarkan untuk mencetak sesuatu ke layar. Pada bahasa Python cara mencetak tulisan ke layar dapat dilakukan dengan mudah, seperti contoh:

print('Halo Semua')

Kita bisa menjalankan kode tersebut dengan menekan tombol Run seperti di nomor 1, dan dapat melihat hasilnya seperti di nomor 2.

2. Mengurutkan kata sesuai abjad

                Mengurutkan sebuah kata-kata sesuai abjad menggunakan Python sangat mudah. Di dalam bahasa Python sendiri memiliki sebuah elemen String. Dengan menggunakan string kita dapat memasukkan karakter yang kita inginkan, bisa berupa huruf atau angka.

my_str = input("Inputkan sesuatu: ")

words = my_str.split()

words.sort()
for word in words:
    print(word)

Penjelasan kode
Variabel “my_str” berfungsi untuk menyimpan hasil input dari elemen input. Setelah itu variabel “words” berfungsi untuk menyimpan hasil dari variabel my_str yang kemudian di-split agar masing-masing kata disimpan dalam array.

Setelah itu variabel words diurutkan menggunakan elemen sort(). Kemudian di-looping menggunakan for.

Hasil

3. Menampilkan kalender

                Contoh program selanjutnya adalah menampilkan kalender, kita bisa menampikan kalender dengan menggunakan bahasa Python dengan mudah. Kita bisa mengimpor kalender dari sebuah modul milik Python. Modul Python sendiri berguna agar memecah beberapa program yang sudah ada agar penggunanya lebih maksimal dan nantinya tidak memberatkan program kita. Dengan mengimpor modul kalender nantinya akan menampilkan tahun, bulan dan hari.

import calendar

yy = 2021
mm = 5

print(calendar.month(yy, mm))

Penjelasan kode
Pertama kita impor “calender” sebagai modul kalender. Setelah itu kita buat variabel “yy” sebagai tahun dan “mm” sebagai bulan. Kita bisa mengubahnya juga menjadi input seperti program sebelumnya.

yy = int(input("Enter year: "))  
mm = int(input("Enter month: "))

Hasil

4. Nomor Acak

Kali ini kita akan memanfaatkan modul dari Python lagi untuk menghasilkan nomor acak. Kalau sebelumnya kita menggunakan modul “calender”, kali ini kita akan menggunakan modul yang bernama “random” yang berfungsi untuk mengacak nomor.

import random

n = random.random()
print(n)

Kode di atas akan menghasilkan angka random antara 0 sampai 1.

Contoh selanjutnya adalah menggunakan function “randint”. Function ini berguna untuk menentukan rentang angka tertentu seperti contoh di bawah ini.

import random

n = random.randint(90, 120)
print(n)

Hasil

5. Tabel Perkalian

Dalam sebuah tabel perkalian terdapat sebuah angka yang diulang atau biasa dinamakan “looping”. Di dalam bahasa Python ada yang dinamakan dengan “loop”. Elemen ini berguna untuk melakukan perulangan pada objek yang iterable (objek yang bisa diulang).

num = int(input("Tabel perkalian: "))

for i in range(1, 11):
    print(num, 'x', i, '=', num*i)

range(1, 11) didefinisikan agar perkalian dimulai dari 1 dan berakhir di angka 10.

Itulah 5 program sederhana yang dapat kita terapkan di dalam bahasa Python, kita juga harus sering-sering berlatih dengan membuat program sederhana seperti ini. Sekian tutorial dari saya, sekian terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *