Arduino Leonardo – Output Digital

Pada board Arduino Leonardo terdapat 14 pin digital yang berfungsi sebagai input ataupun output. Dalam artikel ini kita akan bereksperimen sederhana mengenai keluaran pin digital. Sebelum ke eksperimennya terlebih dahulu persiapkan bahan – bahannya ya.

  1. Board Arduino Leonardo 1 buah
  2. Protoboard 1 buah
  3. Led 3 buah dengan warna merah, hijau, kuning
  4. Kabel jumper

Lanjut ke eksperimennya, dalam eksperimen kali ini kita akan membuat led berjalan. Menarik bukan? Dan langsung saja berikut langkah – langkahnya :

  1. Rangkai rangkaian sebagai berikut :

Dalam rangkaian pin arduino yang dipakai adalah pin 9, 10, dan 11, maka dalam program Arduino juga diset agar pin nya sesuai dengan rangkaian.

2. Programkan Arduino

void setup(){
    pinMode(9, OUTPUT);
    pinMode(10, OUTPUT);
    pinMode(11, OUTPUT);
}

void loop(){
    digitalWrite(9, HIGH);
    digitalWrite(10, LOW);
    digitalWrite(11, LOW);
    delay(1000);
    digitalWrite(9, LOW);
    digitalWrite(10, HIGH);
    digitalWrite(11, LOW);
    delay(1000);
    digitalWrite(9, LOW);
    digitalWrite(10, LOW);
    digitalWrite(11, HIGH);
    delay(1000);
}

3. Upload program ke Arduino, perhatikan port berapa yang terdeteksi di Arduino IDE.

4. Amati led, dan hasilnya akan menjadi seperti ini :

OUTPUT – nya menghailkan LED akan menyala dengan urutan : Merah – Kuning – Hijau – Merah – Kuning – Hijau – Merah … dan seterusnya.

Jika kita lihat pada program lampu menyala dari kiri diinisialisasikan dalam void setup bahwa pin 9,10, dan 11 digunakan sebagai output. Kemudian digunakan digitalWrite memberikan input digital 1/0 pada LED. Untuk membuat output lampu menyala secara bergantian maka input HIGH diberikan secara bergantian mulai dari lampu pertama seperti berikut.

Saat di upload ke arduino lampu menyala bergantian dari lampu 1, 2, lalu 3 dan kembali ke lampu 1 yang menyala. LED menyala secara bergantian dalam waktu 1 detik karena delay yang diberikan 1000ms atau 1 detik secara berulang.

Bagaimana? Seru bukan bermain dengan Arduino. Coba lah melakukan variasi program untuk mendapat hasil yang lebih menarik. Sekian artikel ini semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *