Membuat SMS Gateway dengan Delphi (Bagian 1)

Delphi sebagai Software Development Kit (SDK) memiliki banyak kelebihan diantaranya memiliki IDE (Integrated Development Environtment) yang user friendly, menghasilkan output berupa file EXE yang dapat langsung dieksekusi di mesin Windows, memiliki user interface (GUI=Graphical User Interface) yang bagus, memiliki banyak komponen yang bisa ditambahkan sendiri, dll. Satu-satunya kekurangan Delphi adalah paket software berbayar (shareware) L. Untuk Anda pecinta open source dan menyukai bahasa pemrograman object Pascal, Anda dapat memilih Lazarus. Dapat dikatakan bahwa Lazarus ini seperti versi freeware-nya Delphi karena kesamaan IDE, GUI, dan basic bahasa pemrogramannya, yakni Pascal.

Karena didukung banyak developer yang membuat komponen eksternal, Delphi memiliki fleksibilitas tinggi untuk membuat program apapun, termasuk di dalamnya membuat SMS Gateway. Untuk membuat SMS Gateway, beberapa hal harus dipersiapkan, yakni hardware SMS gateway dan software Delphi-nya sendiri, karena secara native, Delphi tidak memiliki component untuk mengakses hardware SMS Gateway.

1.       Hardware SMS Gateway

Untuk membuat SMS Gateway sederhana, Anda dapat menggunakan handphone. Bahkan handphone jadul pun masih dapat digunakan dan ternyata lebih powerfull digunakan sebagai SMS Gateway. Contoh handphone jadul yang sering digunakan sebagai SMS Gateway yakni Siemens C35, M35, Nokia 5110, 3310, Sony Ericsson T10, dll. Opsi kedua adalah menggunakan  modem. Ada dua tipe modem yang dapat digunakan yakni modem GPRS yang hanya bekerja di band GSM 900 MHz atau modem 3G yang bekerja di frekuensi  multiband, yakni 900, 1800 dan 2100 (UMTS/3G). Contoh modem GPRS yang populer adalah modem wavecom yang biasanya digunakan sebagai server pulsa, sedangkan contoh modem 3G yang bisa digunakan antara lain sierra 875, huawei, speedup 8800, ZTE, dll. Secara khusus, penulis lebih memilih menggunakan modem 3G, karena banyak tersedia di pasaran, lebih handal daripada handphone, source power dari port USB sehingga tidak membutuhkan power eksternal, dan tentunya harganya yang terus turun bahkan lebih murah dari harga modem GPRS.

Hardware kedua yang perlu disiapkan adalah server itu sendiri, yakni berupa PC desktop. Spesifikasinya tidak perlu  tinggi, namun penulis merekomendasikan untuk mengggunakan Pentium 4 dengan processor > 1 GHz, RAM > 512 KB dan harddisk > 8 GB.

2. Komponen (Delphi) pendukung.

Setelah menyiapkan hardware pendukung, kini dari sisi software juga harus disiapkan. Delphi sebagai SDK tidak memiliki komponen bawaan yang mendukung pengiriman dan penerimaan SMS secara langsung, jadi kita harus menginstal sendiri komponen yang nantinya digunakan untuk handling SMS operation. Mungkin bagi Anda yang belum mengenal Delphi, komponen yang dimaksud di sini adalah komponen virtual yang isnya berupa kumpulan prosedur (procedure), fungsi (function) atau kelas (class) yang nantinya akan diinstal di Delphi dalam bentuk sebuah objek (object). Setelah diinstal dalam Delphi, kita tinggal menggunakannya tanpa perlu menulis kembali prosedur/fungsi/kelas yang ada di dalam komponen tersebut, tapi cukup menuliskan nama komponen tersebut disertai dengan properti atau event-nya. Inilah mengapa Delphi disebut sebai OOP (Object Oriented Programme) karena dalam pembuatan program / aplikasi kita tinggal fokus pada object yang sudah dienkapsulasi dalam bentuk komponen tanpa perlu tahu isinya apa.

Demikian sedikit pengenalan bagi  yang mau mencoba membuat SMS gateway sendiri menggunakan Delphi. Sebenarnya tidak harus menggunakan Delphi, contohnya (yang bersifat free) adalah menggunakan gammu yang dapat diakses oleh PHP. Namun, menurut penulis menggunakan Delphi untuk mengirim SMS lebih cepat daripada menggunakan gammu, karena akan mengakses hardware (modem) secara langsung mlalui COM Port (serial port virtual), daripada gammu yang mengakses hardware melalui service Windows.

Bersambung ke bagian 2…….

 

Comments

  1. By asrul

    Reply

    • By ajie

      Reply

      • By UDE

        Reply

  2. By okty

    Reply

    • By ajie

      Reply

  3. By Yunus

    Reply

    • By ajie

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>