Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Konsep Menerima SMS dengan Delphi

Artikel berikut akan membahas sedikit pemahaman untuk meng-handle SMS yang masuk ke modem 3G.   Konsep menerima SMS secara programming ini berlaku umum, jadi baik modem (GPRS , 3G) maupun handphone juga prinsipnya sama asal mendukung AT command untuk kebutuhan programming. Kenapa menggunakan modem 3G? Bisa Anda temukan di tulisan – tulisan saya sebelumnya

Ada dua macam cara membaca data SMS di modem, yakni

1.       Cara Polling

2.       Cara ‘Live’

Baik cara ‘polling’ maupun ‘live’ sama – sama akan membaca SMS di memori (NV RAM – Non Volatile Random Access Memory) yang ada di modem maupun SIM card, tergantung dari settingan melalui AT command (akan dijelaskan kemudian).  Penggunaan masing – masing cara tergantung kebutuhan program, jadi terserah Anda mau menggunakan cara yang mana.

Disclaimer : istilah – istilah di atas adalah istilah saya sendiri tidak akan Anda temukan di referensi manapun, saya rangkum dari manual book AT command, dan saya maksudkan untuk mempermudah pemahaman saja.

1. Cara Polling.

Cara ini dilakukan berdasarkan waktu (time based), jadi periode waktu tertentu program akan langsung membaca SMS di memori tanpa mengecek ada SMS masuk atau tidak.  Cara ini cenderung lebih lama dalam proses rendering memori modem / SIM card (tergantung settingan periode waktu), namun lebih teliti dan menjamin validitas data. Cara ini cocok untuk sistem yang lebih mengutamakan validitas data ketimbang kecepatan proses data.

2. Cara Live.

Yang dimaksud dengan cara ‘Live’ disini adalah program hanya akan membaca SMS jika ada indikasi SMS masuk. Jadi begitu ada SMS masuk, isinya langsung dibaca. Cara ini hanya akan membaca SMS sekali saja, yakni saat proses incoming SMS, berbeda dengan cara polling yang selalu membaca semua SMS dengan periode waktu tertentu. Jika Anda memilih cara ini, Anda harus mengaktifkan indikator SMS masuk menggunakan at command. Cara ini cocok untuk system yang membutuhkan respon cepat, karena begitu ada SMS masuk, isinya langsung dibaca, difilter untuk proses selanjutnya, misal menghidupkan atau mematikan lampu.

Setelah mengetahui konsep menerima SMS secara programming, Anda bisa memilih cara yang mana yang cocok dengan program Anda. Untuk script program menggunakan Delphi untuk kedua cara di atas dapat Anda baca di tulisan saya selanjutnya.

bersambung………

Incoming search terms:

konsep sms memilih, memilih field yg difilter dengan sap

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!