Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Melihat Status Baterai Handset Menggunakan AT Command

Kalau Anda terbiasa menggunakan PC Suite untuk  membaca/menghapus/mengirim SMS di laptop, atau melakukan dial up agar terhubung internet atau melakukan operasional handset yang lain, mungkin Anda pernah memperhatikan di sudut software tersebut ada indikator  yang menunjukkan status baterai handphone sekian persen. Bagaimana software PC suite dapat mengetahui status baterai handphone? Tepat sekali, jawabannya adalah menggunakan AT command

Dari sekian banyak fungsi AT command, salah satunya adalah untuk mengetahui status baterai. Command yang digunakan adalah at+cbc, dengan syntax sebagai berikut :

AT+CBC    (melihat status baterai)

AT+CBC=?   (melihat apakah handset support untuk command ini)

Respon : +CBC: <a>, <b>

Dengan arti parameter <a>  adalah sebagai berikut:

0 Power handphone berasal dari baterai
1 Ada baterai dalam handphone namun power berasal dari charger
2 Tidak ada baterai dalam handphone

 

Sedangkan arti parameter<b> adalah sebagai berikut :

0 Baterai habis
1 – 99 Baterai level (dalam %)
100 Baterai full

 

Sekarang kita coba praktekkan command di atas menggunakan hyperterminal. Sebagai percobaan, saya menggunakan handphone Blackberry dan komunikasi datanya menggunakan Bluetooth.

Langkah 1: Cari port COM dari Bluetooth modem milik handset Blackberry. Berikut caranya :

Double click ‘Buetooth modem’ dan cari COM port-nya di tab ‘Modem’

Langkah 2 : Running hyperterminal melalui menu Start | All Program | Accessories | Communication | Hyper terminal (jika Anda menggunakan OS Windows XP)

Perhatikan settingan baudrate adalah 115200, sesuai dengan settingan baudrate di Bluetooth modem pada gambar sebelumnya. Setelah berhasil melakukan koneksi dengan blackberry melalui Bluetooth, ketik ‘at’ dan jika komunikasi telah establish maka di window hyperterminal akan muncul jawaban ‘OK’. Setelah itu ketik ‘ate1’ untuk mengaktifkan echoing command (pengulangan perintah), dan berturut-turut ketikkan ‘at+cgmi’, ‘at+cgsn’ untuk memastikan koneksi COM port adalah benar-benar dengan handset Blackberrry bukan device yang lain.

Langkah terakhir adalah mengetikkan at command at+cbc [enter]. Setelah itu Anda akan mendapat jawaban dari handset berupa karakter +CBC: <a>, <b>. pada contoh di atas jawabannya adalah ‘+CBC: 0, 91’ yang artinya handset blackberry berada pada mode baterai (tidak terhubung dengan charger) dan level baterai berada pada level 91%.

Kesimpulan dari artikel di atas, bahwasanya untuk mengetahui baterai status, kita dapat menggunakan command ‘AT+CBC’, dan akan mendapatkan ‘jawaban’ dari handset dengan dua parameter yakni parameter mode power (baterai/charger) dan parameter yang kedua adalah level baterai (range 0 – 100%). Sebenarnya kita bisa mengembangkan lagi command ini misalnya  membuat program aplikasi yang mampu melakukan charging otomatis saat baterai level <10% dan memutus arus charging jika baterai level >95%. Apa dan bagaimana aplikasi ini diimplementasikan dalam bahasa Delphi? Nantikan artikel selanjutnya 🙂

Incoming search terms:

cara mengetahui baterai headset bluetooth, cara mengetahui level baterai headset bluetooth, ###############################, cara mengetahui baterai headset bluetooth dengan android, cara mengetahui baterai pada headset bluetooth, cara mengetahui indikator battrey haneset bluetooth, cara mengetahui level batray blackberry, command menggubakan headset bluetooth, indikator level batrai hp menggunakan arduino, maksud required level baterai
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!