Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Cara Mudah Capture Screen Android Tanpa ‘Root’

Jamannya Android niih. Ketika asyik download banyak aplikasi ke handset Android saya, tak lupa saya mencari-cari aplikasi untuk capture screen atau screenshot. Yang gratisan tentunya, he he he. Tapi dari sekian aplikasi yang saya download di Android Market (sekarang ‘Play Store’), ngga ada yang berhasil. Kebanyakan hanya bisa untuk perangkat yang sudah di-root. Yaaah, eman-eman dalam hati saya berkata. Ya sudahlah, masa OS secanggih Android tidak punya alternatif lain buat sekedar capture screen. Googling sana sini sambil terus trial and error akhirnya ketemu juga cara yang simpel, sederhana dan tentunya maksimal hasilnya.  Jika Anda ‘kesasar’ ke blog saya ini dan mencari solusi atas permasalahan yang sama, silahkan Anda praktekkan trik-trik di bawah ini. Trik ini adalah capture screen Android di komputer yach, jadi bukan capture langsung di handset Androidnya.

1. Instal Android SDK. Download di sini

Setelah Anda selesai download SDK Android, ikuti saja langkah-langkah instalasinya. ‘Next-next’ ajalah pokoknya 🙂

2. Instal software management handset.

Kalau software ini tergantung tipe handsetnya ya. Jika Anda membeli handset Android pasti dilengkapi dengan CD software. Nah software ini ada di dalam CD tersebut. Kalau dulu di Nokia sering disebut ‘PC Suite’. Mungkin Anda lebih familiar kalau saya menyebutnya demikian.

3. Pasang konektivitas dengan handset Android, bisa dengan kabel USB atau Bluetooth.

4. Running file ‘ddms.bat’.

Jika Anda mengunakan OS Windows XP, file ini ada di direktori C:\Program Files\Android\android-sdk\tools. Double click aja file ini untuk me-running-nya. Berikut ini adalah tampilan software ddms (Dalvik Debug Monitor Software) setelah Anda eksekusi.

Perhatikan di kotak ‘Name’ ada perangkat yang sedang terhubung dengan ddms. Jika belum ada tulisan apapun di kotak ini coba periksa kembali konektivitas handset Anda dengan komputer.

5. Pilih menu Device | Screen Capture

6. Setelah itu akan muncul jendela ‘Device Screen Capture’, dan seharusnya screen handset Android Anda sudah langsung ter-capture di sana. Anda bisa meng-copy, menyimpan gambar yang tercapture di jendela ini melalui tombol-tombol di sebelah atas. Jika capture screen belum muncul, coba klik tombol ‘Refresh’ atau periksa kembali konektivitas handset Anda.

Tuuh, anak saya ganteng kan kaya bapaknya ….he he he

Incoming search terms:

aplikasi print screen tanpa root, print screen di android tanpa root, program print screen tanpa root
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!