Menginstal Komponen ZEOS ke Delphi 7 di Windows 7

Komponen ZEOS merupakan komponen interface untuk berinteraksi dengan database. Beberapa database engine yang didukung antara lain ADO, ASA, Firebid, Interbase, MSSQL, MYSQL, Oracle, PostgreSQL, SQLite dan Sybase. Komponen ini bersifat open source, jadi Anda bebas mendistribusikannya sesuai dengan lisensi GPL.

Dari beberapa chat dan comment di artikel saya sebelumnya beberapa pembaca mengalami kesulitan dalam menginstal komponen ZEOS ini, khususnya untuk OS Win7. Beberapa warning yang muncul saat menginstal ZEOS :

  1. File ‘xxx.dcu not found’ di jendela debug Delphi
  2. Muncul jendela ‘There was a problem sending the command to the program’

Karenanya saya coba membuat tutorial singkat tentang bagaimana cara menginstal komponen ZEOS ke dalam Delphi 7 di sistem operasi Windows 7.

  1. Download installer ZEOS di sourceforge, kemudian ekstrak file tersebut
  2. Buka Delphi 7 terlebih dahulu
  3. Dari menu File | Open Project, cari file ZeosDbo.bpg .File ini biasanya berada di \ZEOSDBO-6.6.6-stable\packages\delphi7.  File ‘bpg’ merupakan singkatan dari Borland Project Group, jadi beberapa file project dijadikan satu dalam file ini. 
  4. Compile file tersebut melalui menu Project | Compile
  5. Dan yang terakhir, cari file ZcomponentDesign70.bpl dalam jendela ‘Project Manager’ di atas (biasanya tulisan ZcomponenDesign70.bpl di-bold/cetak tebal). Setelah ketemu, klik kanan file tersebut dan klik ‘Instal’. Beberapa saat kemudian seharusnya muncul jendela yang memberitahukan bahwa komponen-komponen pendukung ZEOS sudah berhasil di instal.

Sampai langkah Anda telah berhasil menginstal komponen ZEOS ke dalam Delphi. Anda bisa mengeceknya dengan cara memastikan tab komponen ‘Zeos Access’ sudah ada di Component Pallete’. Namun untuk dapat menggunakannya dalam program, Anda harus melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Tambahkan path library dalam Delphi melalui menu Tools | Environtment Options. Cari tab ‘Library’ dan klik tombol builder di sebelah kanan tulisan ‘Library path’

Setelah muncul jendela ‘Directories’, tambahkan library path dengan cara menekan tombol builder seperti gambar di bawah

Setelah itu, arahkan dan tambahkan semua folder di dalam folder ZEOSDBO/src/ melalui jendela ‘Browse for Folder’.

Dengan menambahkan library path dengan langkah di atas, maka Delphi compiler akan mencari file library di dalam folder-folder yang Anda tambahkan tadi.

2. Copy-kan file libmysql.dll (biasanya ada di folder \ XAMPP\php) ke dalam folder dimana aplikasi Anda berada.

Demikian cara menginstal komponen ZEOS, semoga bermanfaat, dan jika Anda masih mengalami error, tolong disampaikan dalam comment agar saya bisa melengkapi tutorial di atas.

 

32 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *