Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Menginstal Komponen ZEOS ke Delphi 7 di Windows 7

Komponen ZEOS merupakan komponen interface untuk berinteraksi dengan database. Beberapa database engine yang didukung antara lain ADO, ASA, Firebid, Interbase, MSSQL, MYSQL, Oracle, PostgreSQL, SQLite dan Sybase. Komponen ini bersifat open source, jadi Anda bebas mendistribusikannya sesuai dengan lisensi GPL.

Dari beberapa chat dan comment di artikel saya sebelumnya beberapa pembaca mengalami kesulitan dalam menginstal komponen ZEOS ini, khususnya untuk OS Win7. Beberapa warning yang muncul saat menginstal ZEOS: 

  1. File ‘xxx.dcu not found’ di jendela debug Delphi
  2. Muncul jendela ‘There was a problem sending the command to the program’

Karenanya saya coba membuat tutorial singkat tentang bagaimana cara menginstal komponen ZEOS ke dalam Delphi 7 di sistem operasi Windows 7.

  1. Download installer ZEOS di sourceforge, kemudian ekstrak file tersebut
  2. Buka Delphi 7 terlebih dahulu
  3. Dari menu File | Open Project, cari file ZeosDbo.bpg .File ini biasanya berada di \ZEOSDBO-6.6.6-stable\packages\delphi7.  File ‘bpg’ merupakan singkatan dari Borland Project Group, jadi beberapa file project dijadikan satu dalam file ini. 
  4. Compile file tersebut melalui menu Project | Compile
  5. Dan yang terakhir, cari file ZcomponentDesign70.bpl dalam jendela ‘Project Manager’ di atas (biasanya tulisan ZcomponenDesign70.bpl di-bold/cetak tebal). Setelah ketemu, klik kanan file tersebut dan klik ‘Instal’. Beberapa saat kemudian seharusnya muncul jendela yang memberitahukan bahwa komponen-komponen pendukung ZEOS sudah berhasil di instal.

Sampai langkah Anda telah berhasil menginstal komponen ZEOS ke dalam Delphi. Anda bisa mengeceknya dengan cara memastikan tab komponen ‘Zeos Access’ sudah ada di Component Pallete’. Namun untuk dapat menggunakannya dalam program, Anda harus melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Tambahkan path library dalam Delphi melalui menu Tools | Environtment Options. Cari tab ‘Library’ dan klik tombol builder di sebelah kanan tulisan ‘Library path’

Setelah muncul jendela ‘Directories’, tambahkan library path dengan cara menekan tombol builder seperti gambar di bawah

Setelah itu, arahkan dan tambahkan semua folder di dalam folder ZEOSDBO/src/ melalui jendela ‘Browse for Folder’.

Dengan menambahkan library path dengan langkah di atas, maka Delphi compiler akan mencari file library di dalam folder-folder yang Anda tambahkan tadi.

2. Copy-kan file libmysql.dll (biasanya ada di folder \ XAMPP\php) ke dalam folder dimana aplikasi Anda berada.

Demikian cara menginstal komponen ZEOS, semoga bermanfaat, dan jika Anda masih mengalami error, tolong disampaikan dalam comment agar saya bisa melengkapi tutorial di atas.

 

Incoming search terms:

cara instal zeos pada delphi, cara instal zeos di delphi 7, cara instal zeos, cara install zeos delphi 7, cara install zeos, download zeos delphi 7, zeos delphi 7, cara install zeos pada delphi 7, cara instal zeos di delphi, zeos
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
103 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
akhrikas

file not found : Ztransact.dcu

BUDI

Yth. Mas Adjie
Saya cari file ZeosDbo.bpg di Delphi 7 kok ga ada? Sy pake Win7 OS 32
Thank,s

fahrudin

suwun mas tutorial sangat membantu

Arief

Thanks atas ilmu’a..yang saya cari sudah saya dapat dr tutorial yang mas berikan. sukses selalu tuk Mas.

BIna

selamat siang mas,
klo tentang interface dengan menggunakan USB apa punya tutorial nya ?
kebetulan saya menggunakan OS 7 64 bit
terima kasih sebelumnya .

sukarada

mas setelah saya install paket zeos access, trus saya coba menambahkan komponennya, setelah saya run kok malah eror mas

[Fatal Error] Unit1.pas(7): File not found: ‘ZConnection.dcu’

zchibys

tidak bisa di compile 🙁

zchibys

eh sudah bisa gan. makasih bermanfaat bgt :3

wongdeso

[Fatal Error] ZPropertyEditor.pas(66): File not found: ‘ZClasses.dcu’

itu kenapa?? waktu saya compile muncul begituan om..

wongdeso

saya barusan dapet cara nya om.. baik nya di compile semua tuh di ZeosDbo nya..

nana

tutorialnya banyak membantu saya bikin TA. makasi 🙂

anik

selamat siang, maaf setelah saya instal zcomponentdesaign70, lalu semua file dari folder build yang ada di dalam package saya copy di folder lib, tapi kenapa masih error dengan syntax ‘zquery1:parameter ‘nm_peserta’ not found’, padahal sudah jelas2 tertulis di script dan ini berlaku di semua nama field saya, n setelah itu ada error kalo zabstractroddata.dcu not found, mhn bantuannya…..

anik

itu ditaruh di library path kah??

zaki

file libmysql.dll itu dicopy ke folder delphi 7 ato ke zeos nya???
zeos saya bukan instalan tp cmn extrax saja..

Aditya Lee

ntwdblib.dll missing… bisa bantu?

Iant

Thanks sob atas tutorialnya 🙂

Kai

saat instal zeos berhasil, tapi saat run aplikasi muncul pesan : [Fatal Error] ZClasses.pas(58): File not found: ‘ZCore.inc’
bisa dibantu ??

Mail

[Fatal Error] ZDbc.dpk(34): Required package ‘dbrtl’ not found

ini kenapa mas?
library path-nya diarahin ke folder komponen zeos

lilis

maaf mengganggu mas, kok waktu saya open project gak bisa nampil ya zeosdbo.bpg nya?? ada cara yg lebi muda gak mas?? saya udah coba beberapa kali kok gak bisa ya?? mohon bantuannya.. makasih

mei

tidak bisa di instal, kira kira masalahnya dimana ya mas?

rudys

Mas..nanya2 ya…saya sudah berhasil memasukkan Zeoslib ke palete,,dan berhasil munculin isi database di Dbgrid…tapi ketika dirunning muncul pesan kesalahan ZabstractTable.dcu not found????

Untuk library sudah saya arahkan ke folder Zeosnya mas..seperti tutorial di atas… LibMysql.dll jg sudah saya copykan….

Pesan kesalahan ini karena apa ya mas…mohon bantuanya…

piexz

mas, koq di saya error nya libmysql.dll violation ?? itu knp ya,,
mksh.,

gerry

gan copy libmysql ke tempat install zeos atau delphi ?

rikko

mass saya kok ga bisa ya buat program komputer ?

dochan

gan sya kn pake delphi 6 ne,
bsa d instal gk zeos ne k delphi 6

legolas

Bang… Kalau muncu pesan pas mau ngonekin zeos pc not alowed erornya apa bang???

adi

mas, gimana caranya koneksi dengan zeos dengan form dll. misal komponen zeos ada di Datamodule kemudian form loginnya menggunakan dll, mungkin ada masukkan? tq

Aldo

Terima kasih banyak mas.
Postingan nya sangat membantu sekali.
Tapi saya masih ada kendala mas, delphi nya saya sudah instal ulang,begitu pun dengan zeosnya.
Tapi pas saya buka kembali projek yang sdh saya buat sebelum delphi nya saya copot,trs saya buka lagi di delphi yg baru2 saya instal,,, eh muncul pesan “there was a problem sending the command to the program”.

Mohon solusi nya mas.
Terima kasih….

chammistery

gan saya ada masalah dengan zeos saya ,,, yaitu file not found zabstractconnection.dcu

ini gmna gan solusinyaaa ???

saya udah cari di zeosnya zabtractconnection.dcu tidak ada gannn

Aped

Gan langkah terakhir libmysql.dll nya copy kmana ?

Aped

waktu di compile juga error gan, gmana tuh ?

Aped

sudah jadi bro 😀 sorry ane tanya lagi gan kok ketika di masukkan komponen ztable waktu mau di compile kok sdah ada kodingnya yah ?

Aped

dari sini gan, tapi udah lah gan ane pake zquery aja. Thanks gan buat info nya
ada gak tutor buat menyimpan gambar ke database mysql dengan menampilkannya juga ?

Tuti Dewi Jayanti

kak,,kalo masalahnya tu zoesbdo udah di instal tapi pas delpinya di keluarin trus di buka lagi kq tampilan zoesnya ga muncul pi ada peringatan eror tu masalahnya apa ya,,
tlng bls.

Tuti Dewi Jayanti

cannot debug project unless a host application is definet. Use the run |parameters…dialog box
gitu i trs gimana ya penangananya biar zeosnya muncul terus dan tidak eror.

Tuti Dewi Jayanti

iya,,kn abz nginstal zeos kn hrus d’kluarun trus baru dbuka lg untuk membuat project..pi komponen zeosnya tuh g keluar pdhl jelas” dh k’instal

Tuti Dewi Jayanti

D’palete propetis ada zeosnya tapi komponenya kosong,,pdhl jelas” udh d’instal lho

Tuti Dewi Jayanti

egk i,,kmarin dh d’coba mpe brkali” pi te”p g bsa.

kokohray

file libmysql.dll kok g dapat yah?

kokohray

xampp ada, nama file xampp-win32.5.6.15-vc11.installer .exe betulkah? namun file libmysql.dll blum dpt.
adakh link untuk file xampp

kokohray

maav udah utak atik tp blum dpt
aku cari di c:/xampp (hasil instalan file xampp-win32.5.6.15-1-VC11.installer.exe) yg kami dapat mysql.dll pada lokasi C:/Xampp/perl/vendor/li/auto/DBD/mysql
mngkin ada arahan file xampp installer yg dpat kami download. terims.

Amirudin

Terimakasih…
Mas punya tutorial cara buat aplikasi perpustakaan, ana punya tugas dari guru buat Aplikasi Perpustakaan.

Fitria

Mas maaf mau tanya,
Saya sudah berhasil praktekkan buat install zeos nya.
Tapi masih ada error ini di programnya..
Errornya seperti ini
[Fatal error] uMain. Pas(54): file not found: ‘ZAbstractConnection.dcu’

Mohon bantuan cara mengatasi ny mas..

rizal

pas diinstal ZcomponenDesign70 muncul System Eror .. ” The Program can’t start because ZCore70.bpl is miasing from your Computer.”…nah gimana tuh?

joni

maaf ya mas…
saya sudah instal Zeos dengan urutan yg sdah diterangkan, sudah bisa di instal, libmysql.dll sudah saya copykan di win32,sama di folder delphinya,
tapi ketika mau dikonekan, kenapa msh error errornya
“Requested database driver was not found” kira2 apanya ya mas…terimakasih

Nurdin Machmudi

pada zconnection, sdh sya atur properties dengan benar, tpi pas connection: false saya ubah jadi true, ada pesan: “Error SQL: blablablabla” itu salah dimana nya yah?

Abdul Rois

mas mau nanya saya klik view form trs pilih salah satu form ada error “class TZConnection not found” itu kenapa ya?
ada yg harus saya instal lg mungkin?
terima kasih

marton

saya tidak paham dibagian
copykan file libmysql.dll (biasanya ada di folder\xampp\php ke dalam folder dimana aplikasi anda berada.

jika libmysql.dll tidak ada bagaimana?
folder aplikasi apa yang di maksud? aplikasi delphi? atau aplikasi yang kita buat? atau aplikasi yang baru di download?

dessta

pas mau instal zComponentdesign70 nya kok mah error truss keluar tulisan can’t load package

Fahri Gunawan

Sempat bingung. Tp berhasil. Thanks gan..

fadhill

Mas mau tanya ko pas saya coba koneksiin ada tulisan “access violation at address 400068AC in module rtl70.bpl. Read of address 00000010” yah?

tias syawala putra

gan mau tanya ko ane ada error, Not Found ZAbastractRODatase.dcu. padahal semua tahapan libary udah dilakukan…

tias syawala putra

belum ditambahkan kefolder kerja delphi? caranya gimana gan tambahinnya?

tias syawala putra

udah berhasil gan yang ini, makasih ya

mei

mas gimana kalo zeos design nya tidak bisa di instal ?

jcrakinaung

mas kalo error can’t load package c:\programfiles(86)\borland\delphi7\projects\bpl\zcomponendesign70.bpl the specified module could not be found gimana atasinya

fazza

setelah ditambahin semua isi dari folder src nge compile file jadi lama kalau pake komponen zeos. kenapa ya?

103
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x