Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Membuat CCTV Online Murah Sendiri : Raspberry Pi+Webcam+Internet

Dunia teknologi seperti tak ada habisnya berinovasi. Semakin lama semakin banyak teknologi tinggi yang dihadirkan dalam harga yang relatif terjangkau. Adalah Raspberry yang diklaim sebagai komputer terkecil di dunia (hanya seukuran credit card) sekaligus termurah di dunia yakni hanya sekitar $35 untuk tipe Rev-B. Untuk tipe Rev-A malah lebih murah lagi hanya $25 namun dengan memori lebih kecil 256 Mb, hanya memiliki 1 port USB dan belum ada port RJ45 (LAN).

Karena harganya yang murah tersebut namun dibekali spesifikasi yang mumpuni, maka saya jadi kepikiran untuk membuat CCTV online yang murah meriah namun tidak murahan. Peralatan dan perkiraan budget yang dibutuhkan :

  1. Raspberry Pi, harga $35, sampai di Indonesia sekitar 600 ribu
  2. Webcam, sebagai pengganti IP camera, harga 100 rb
  3. Internet, harga langganan perbulan anggap saja 200 rb

Jadi total biaya yang dibutuhkan hanya sekitar 900 rb, dengan perincian initial charge hanya 700 rb ditambah biaya internet perbulannya 200 rb. Coba bandingkan jika menggunakan IP camera, harga termurahnya aja sudah di atas 1 juta.

Baik, kita mulai dari perancangan sistemnya dulu. Di sini tujuan kita adalah membuat semacam CCTV online yang berguna untuk memonitor suatu tempat secara jarak jauh melalui internet. Salah satu implementasinya adalah memonitor rumah jarak jauh melalui smartphone Anda. Jadi jika ayahanda dan ibunda sedang sibuk kerja atau keluar kota, tidak perlu kuatir lagi dengan keadaan sang buah hati di rumah, karena bisa memonitor lewat smartphone masing-masing :-). Berikut ini adalah topologi jaringannya :

 

Cara kerjanya adalah sebagai berikut :

  • USB Webcam dihubungkan ke port USB Raspberry Pi
  • Port ethernet/LAN/RJ-45 Raspberry Pi dikoneksikan ke modem/router ADSL (jika Anda menggunakan koneksi internet ADSL)
  • Karena sudah terhubung internet maka Anda dapat memantau situasi dari lokasi yang dimonitor webcam melalui smartphone Anda. Tentu saja smartphone Anda harus sudah bisa terkoneksi internet

Beberapa hambatan tantangan yang saya perkirakan jika mengimplementasikan sistem di atas :

–          Driver webcam di Raspberry Pi.

Nah ini perlu dipikirkan, karena raspberry menggunakan OS Linux seperti Debian, Raspian, Fedora, aatau Arch Linux. Jadi anda harus mengetahui kompatibilitas webcam dengan OS yang Anda gunakan. Tapi jangan kuatir, sudah banyak yang sukses menggunakan webcam di raspberry. Anda bisa mengeceknya menggunakan Google

–          IP dari ISP

Jika Anda mendapat IP public nan static, Anda bisa mem-publish monitoring anda ke Internet. Namun jika hanya mendapat IP dynamic, maka Anda membutuhkan jasa DNS aliasing/DNS forwarding. Jangan kuatir, ada banyak provider DNS aliasing yang menyediakan layanan gratis dengan ToS tertentu.

–          Bandwidth internet.

Nah ini masalah klasik di Indonesia, jika Anda memiliki koneksi internet yang bagus, Anda bisa menggunakan mode RTSP (Real Time Streaming Protocol). Dengan mode ini Anda benar-benar bisa memonitor suatu tempat secara real time. Namun jika Anda fakir bandwidth, jangan kuatir anda masih bisa menggunakan cara lain, misalnya dengan menyimpan rekaman di Raspberry Pi (kan komputer mini, bisa diinstal web server dan file manager) atau bisa juga dengan metode framing picture, yakni dengan menampilkan profile gambar secara frame by frame dengan durasi yang bisa Anda atur sendiri.

Demikian sedikit analisa saya tentang bagaimana membuat sistem monitoring online dengan cara yang relatif terjangkau, dan bisa Anda buat sendiri di rumah (homebrew).  Manfaat dari membuat sistem monitoring secara online antara lain terciptanya rasa aman, bebas deg-degan sehingga semua aktivitas ayahanda dan ibunda di luar berjalan dengan lancar.

Artikel lainhttp://saptaji.com/2013/11/28/ip-camera-yang-punya-port-io-untuk-sistem-kendali/

Incoming search terms:

cara membuat ip camera sendiri, cara membuat cctv online murah, membuat cctv dengan raspberry pi, Cara merakit cctv, membuat ip camera sendiri, project mudah dan murah dengan raspberry pi 2, ip camera murah meriah, membuat cctv dengan arduino, membuat ip cam sendiri, Cara Membuat CCTV Jarak Jauh Sederhana
22 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!