Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Belajar Arduino dengan Simulator for Arduino

Arduino merupakan mikrokontroller seri AT Mega yang diisi oleh bootloader khusus. Dengan adanya bootloader ini, Anda tidak perlu mengisi program secara langsung (flashing atau beberapa teman menyebutnya download program ke mikrokontroller) namun cukup mengisi ke flash ROM (melalui software bawaan arduino) yang nantinya akan dieksekusi bootloader.
Arduino sendiri aslinya merupakan produk italia dengan harga mulai USD 20. Namun berkat kepopulerannya, distribusi arduino sudah sampai di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Tipe yang paling populer adalah arduino uno (USD 29) karena memiliki spesifikasi yang lumayan komplit dengan dimensi fisik yang kecil. Tipe ini sangat cocok untuk Anda yang ingin belajar arduino dari dasar.

simulator for arduino

Bagi Anda yang punya budget yang terbatas namun punya keinginan kuat untuk belajar arduino, jangan kuatir karena ada produk software yang sangat bagus dan gratis yang dapat Anda gunakan untuk menyimulasikan hardware arduino. Software tersebut adalah ‘Simulator for Arduino’, buatan virtronics.com.au yang dapat di-download di http://virtronics.com.au/Data/SetupF.zip. Software bisa dikatakan tidak sepenuhnya free, karena untuk versi gratisnya Anda harus menunggu 30 detik sebelum masuk ke menu softwarenya. Tapi ini saya rasa tidak masalah, karena menurut saya software ini sangat membantu dalam memahami sintaks program saat design time, habitual microcontroller saat running time dan tentu saja simulasi visualnya. Contoh simulasi visual misalnya adanya LED yang menyala di port tertentu seperti aslinya, munculnya lingkaran di atas port jika mengeluarkan output ke port, simulasi/monitor port serial, dll. Walaupun tidak semua project hardware dapat simulasikan, namun menurut saya, software ini benar-benar sangat membantu dalam memahami mekanisme kerja arduino sekaligus untuk mencoba software jika nantinya Anda akan membeli hardware sesungguhnya. Software ini juga sudah menyediakan contoh-contoh program yang dapat Anda pelajari dan modifikasi secara gratis. So, tunggu apa lagi, yuk kita sama-sama belajar arduino . . . .

Incoming search terms:

simulator arduino, arduino simulator, belajar arduino dengan simulator, simulasi arduino di android, software arduino simulator, software simulasi arduino, simulator arduino gratis, simulasi arduino, aplikasi simulasi arduino, aplikasi di hp android untuk membuat simulator arduino uno
Tags:

Leave a Reply

10 Comments on "Belajar Arduino dengan Simulator for Arduino"

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
di2c
Guest

Dear Mas Aji,

Apakah arduino uno ini bisa stand alone???

Salam.

Roni
Guest

Gan, punya softwarenya yang full version gak.. Susah kalo free, demo dianya..

mr. Ubay
Guest

manteb…
klo beli produk arduino dimana ya ?
posisi ane Jakarta

anis
Guest

Saya rasa simulasi untuk arduino tidak diperlukan. Umumnya untuk debuging di arduino memakai serial port. Kita bisa kirim nilai variable2, register2 ke serial port.
Jika kita pakai assembler baru simulasi cukup membantu proses debuging.

khumairah
Guest

maaf mas… mau tanya, bisa gak program arduino nya kita modif supaya bisa mengukur frekunesi bunyi yang dihasilkan dari sensor suara.

error: Content is protected !!