Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Membuat Laporan Online (Web Based Report) dengan Delphi 7, Raudus dan Quick Report – Bag. 1 (Prinsip Dasar)

Seperti halnya aplikasi desktop biasa dengan Delphi, kita juga dapat membuat laporan (report) berbasis web dengan bantuan framework Raudus di Delphi.Sepintas saya jelaskan bahwa Raudus adalah semacam framework yang terdiri dari beberapa komponen pendukung yang mampu menghasilkan aplikasi server side yang mampu melayani multi user dan multi session dengan interface berupa web. Untuk keperluan membuat laporan web based, kita juga dapat memanfaatkan komponen Quick Report yang biasanya digunakan untuk membuat laporan pada aplikasi desktop. Komponen Quick Report ini sebenarnya adalah komponen bawaan Delphi, tapi sejak Delphi 7 komponen ini bukan merupakan komponen default (digantikan Rave Report) dan tidak langsung ditampilkan di Component Pallete. Namun demikian installer komponen ini masih disediakan oleh Delphi 7 dalam paket installernya dengan nama dclqrt70.bpl yang ada di folder C:\Program Files\Borland\Bin. Silahkan install terlebih dahulu komponen ini, jika Anda kesulitan menginstalnya, Anda dapat mencari tutorial instalasi komponen Quick Report yang banyak tersebar di internet.

Baik, sekarang kita coba membuat programnya. Saya asumsikan Anda telah menginstal komponen Raudus (saya menggunakan versi 0.87), komponen Zeos untuk koneksi database, dan komponen quick report untuk menangani laporan. Perlu untuk Anda ketahui, prinsip dasar aplikasi server dengan Raudus adalah multi user dan multi session. Semua komponen Delphi yang sifatnya visual tidak dapat digunakan di aplikasi server dengan Raudus (semua tampilan visual harus menggunakan komponen Raudus). Inilah alasannya komponen quick report tidak dapat langsung digunakan di aplikasi server Raudus. Namun jangan kuatir, dengan sedikit trik yang saya jelaskan nanti, kita akan dapat menggunakan komponen Quick Report untuk handling pembuatan laporan (report) dan menampilkannya ke user dalam bentuk web interface. Kurang lebih saya menggambarkan trik ini seperti gambar di bawah.

Inti dari trik di atas adalah menggunakan semua komponen pendukung yang merupakan bawaan Delphi versi desktop (Zeos, Quick Report) harus berjalan secara background dalam menjalankan service-nya, baru setelah ada instance yang dihasilkan (contoh : laporan oleh komponen quick report) ditampilkan ke user menggunakan komponen publisher Raudus. Jika dalam aplikasi desktop instance quick report ditampilkan dalam bentuk print preview, maka hal ini tidak dapat dilakukan dalam aplikasi Raudus (ingat, semua komponen visual harus menggunakan komponen internal Raudus). Hasil output instance dari komponen Quick Report ini (laporan) harus disimpan  ini dalam bentuk sebuah file dan mem-publish-nya di web menggunakan komponen File Publisher milik Raudus.

Demikian prinsip dasar membuat aplikasi laporan online berbasis web menggunakan Raudus feat komponen Quick Report. Saya akan menjelaskan implementasinya pada artikel berikutnya…..

bersambung…..

Incoming search terms:

cara membuat laporan online, membuat laporan online, cara buat laporan online, cara membuat laporan dengan delphi dalam buku, contoh laporan online, membuat raudus, aplikasi web based delphi, aplikasi laporan online, membuat report online, cara membuat program aplikasi delphi online
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!