Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Orang Jawa Harus Bisa Bahasa Java! : Perbandingan Function findViewById di Java dengan FindComponent di Delphi

Bagi programmer Delphi yang ingin belajar Java, berikut ini saya sajikan perbandingan antara function yang ada di Java dengan yang ada di Delphi agar Anda tidak kesulitan melakukan porting dari Delphi ke Java.  Pada artikel kali ini akan dibahas function yang sering dipakai di Java yakni findViewById () dan function Delphi yang similar dengannya yakni FindComponent()

Function findViewById memiliki sintaks findViewById (int id) dengan variable ‘id’ yang bertipe integer. Function ini sering dipakai untuk mendefinisikan object ‘View’  yakni sebuah object yang ditampilkan dalam layar (dalam hal ini adalah device Android) dalam bentuk komponen UI (User Interface) seperti Button, EditText, TextView, dll. Teknik untuk mendefinisikan object ‘View’ dalam Java cukup unik yakni mendefinisikan ‘tampilan’ komponen dalam folder /res/layout dalam bentuk file XML (Anda bisa mengaturnya dalam mode teks atau visual dalam IDE Eclipse) dam memanipulasinya secara runtime melalui program utama Java di folder /src.  Memang, dalam Java semua resource (variable, file gambar, tampilan layout, dll) ‘diarahkan’ untuk dieksternalisasi dalam folder-folder yang sudah ditentukan fungsinya, dan sangat menghindari hardcoded, yakni mengeset semua properti dalam program utama.  Ini akan sangat berbeda jika Anda melakukan programming dalam Delphi, dimana semua akan dimudahkan untuk Anda dalam bentuk visual programming. Anda bisa langsung mengeset properti dan event dalam designtime (hardcode) sehingga bisa menciptakan program secara rapid (RAD = Rapid Application Development). Dalam Delphi juga tidak mengenal eksternalisasi file resource walaupun sebenarnya Anda dapat mengaturnya secara manual.

Berikut ini adalah contoh penggunaan function findViewById dalam Java dan persamaannya dengan function FindComponent dalam Delphi (catatan : untuk contoh pemakaian findViewById dan penjelasannya dapat Anda baca di artikel saya sebelumnya)

Dan persamaan script di atas dalam Delphi adalah sebagai berikut

Nah, kalau Anda programmer Delphi sejati pasti sudah paham dengan script di atas. Inti dari script di atas adalah mencari komponen (FindComponent) tertentu saat runtime dan memanipulasinya sesuai tujuan program. Cobalah membandingkannya dengan script Java di atasnya dan link-kan pemahaman Anda jika menggunakan Delphi dan bagaimana jika menggunakan Java, insya Allah menguasai bahasa Java bukan mustahil buat Anda. Ayoo, orang Jawa harus bisa bahasa Java!

Catatan : untuk program Delphi dapat Anda download di sini, dan persamaan program Java-nya dapat Anda download di tulisan saya sebelumnya.

Delphi version
Java (for android) version

Incoming search terms:

pengertian findViewByld, cara menampilkan sim toolkit vivo, pengertian program fineViewByld, persamaan program delphi dengan java

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!