Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

5 Menit Bikin Alat Pengukur Frekuensi dengan Arduino

Alat pengukur frekuensi atau lebih dikenal dengan nama frequency meter dapat dengan mudah dibuat menggunakan Arduino. Bahkan, Anda cukup meluangkan waktu 5 menit saja untuk membuatnya. Insya Allah :). Bahan-bahan yang diperlukan cukup board Arduino saja dan sedikit kabel jumper buat eksperimen. Lebih bagus lagi jika Anda punya Frequency Generator buat menguji alat ini.

Langkah pertama, download dulu library frequency meter di sini. Ekstrak file tersebut dan copy-kan ke folder C:\Program Files\Arduino\libraries.Berikutnya buka IDE Arduino (download di www.arduino.cc) dan upload sketch berikut ke board Arduino.

Selanjutnya hubungkan sumber frekuensi ke pin 5 Arduino (lihat di board Arduino ada tulisan ‘5’). Pin ini khusus didedikasikan untuk keperluan pengukuran frekuensi jika menggunakan library FreqCounter.h. Perlu untuk Anda perhatikan bahwa level tegangan dari sumber frekuensi (Frequency generator) harus tidak boleh lebih dari tegangan 5V sesuai tegangan kerja Arduino.

Sudah, jadi deh. Cepat kan? He he he. Untuk melihat pengukuran frekuensi, Anda cukup membuka jendela Serial Monitor melalui menu Tools | Serial Monitor di IDE Arduino. Dulu saya bikin frekuensi meter ini karena ada kebutuhan untuk mendeteksi frekuensi kerja tegangan PLN. Caranya simpel aja. Dari tegangan PLN cukup diturunkan menggunakan trafo 12V kemudian disearahkan dengan satu dioda saja untuk mendapatkan penyearah setengah gelombang. Berikutnya masuk ke resistor pembagi tegangan untuk mendapatkan level tegangan maksimal 5V, baru dimasukkan ke pin 5 Arduino. Rangkaian sederhana ini juga dapat Anda gunakan untuk menguji frekuensi meter ini jika Anda tidak punya frequency generator. Kira-kira begini rangkaiannya.

Demikian tutorial kali ini, semoga ada manfaatnya. Penting untuk saya saya sampaikan bahwa kunci dari cepatnya pembuatan project Arduino adalah banyaknya library yang tersebar di internet. Anda cukup memanfaatkan dan memodifikasi seperlunya sesuai kebutuhan project Anda. Bagi pemula/pelajar, ini akan sangat memudahkan mempelajari Arduino, dan bagi kalangan professional ini akan mempercepat achievement target suatu project.

Incoming search terms:

alat ukur frekuensi, membuat frekuensi counter, alat pengukur frekuensi, frekuensi counter dengan arduino, frekuensi counter, rangkaian pengukur frekuensi, rangkaian frekuensi meter, cara membuat frekuensi counter sederhana, frequensi counter, membuat alat ukur frekuensi
Tags:
57 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!