Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Beberapa Fungsi Manipulasi String dalam Delphi

String merupakan salah satu tipe variabel dalam Delphi yang memiliki anggota berupa karakter alphanumeric (angka dan huruf). Jika variabel ‘char’ hanya memiliki anggota satu anggota, maka variabel ‘string’ ini mirip dengan variabel char namun memiliki banyak anggota. Contoh variabel char : ‘a’, ‘b’, ‘1’, ‘2’, dst. Contoh variabel string : ‘abc’, ‘satu’, ‘1234’, dst. Khusus untuk variabel bertipe string yang berisikan data angka (‘1’, ‘2’, ‘3’, dst), tidak dapat dioperasikan dengan operand aritmatika (+, -, *, /) kecuali dikonversi menjadi variabel integer dengan function ‘strtoint’. Khusus untuk operand ‘+’ dapat dioperasikan untuk variabel string tetapi hasilnya juga bertipe string, bukan bertipe integer. Misal ada variabel ‘A’ dan ‘B’ bertipe string, 

Maka C akan bernilai ‘12’ bukan ‘3’ (perhatikan tipe variabel A dan B yang bertipe string)

Dalam perkembangannya, dalam Delphi sudah disediakan beberapa function (fungsi) manipulasi string untuk memudahkan mengoperasikan variabel string sesuai dengan fungsi aplikasi. Berikut ini adalah fungsi-fungsi dasar manipulasi string yang sering saya pakai untuk mengolah sebuah variabel string sesuai keinginan.

1. Pos (substr, str):integer;

‘Pos’ merupakan sebuah function untuk mencari substring ‘substr’ di dalam string ‘str’. Jika function ini dipanggil dan menemukan substring yang dicari akan menghasilkan sebuah nilai kembalian (return value) berupa index substring ‘substr’ dalam string ‘str’. Perlu untuk Anda ketahui function ‘Pos’ ini hanya dapat mencari substring yang pertama kali ditemukan dalam sebuah string. Jika dalam string tersebut ada dua (atau lebih) substring yang sama, maka yang ditemukan adalah substring yang pertama, dan jika tidak ditemukan substring yang dimaksud maka function ‘pos’ akan mengembalikan nilai 0. Contoh :

Maka A akan bernilai 19 (index substring ‘kaku’ yang pertama).

2. PosEx (substr, str, index):integer;

Function ‘PosEx’ hamper sama dengan function ‘Pos’ hanya saja ada tambahan parameter index sebagai penanda dimulainya pencarian substring. Fungsinya adalah mencari substring yang kedua (dan berikutnya) jika ada substring yang sama dalam sebuah string. Contoh:

Maka A akan bernilai 19 (index substring ‘kaku’ yang pertama) dan B akan bernilai 24 (index substring ‘kaku’ yang kedua.)

3. Copy (str, index, count);

Procedure ‘Copy’ digunakan untuk menyalin sebuah substring dari variabel string ‘str’ dimulai dari indeks ‘index’ sebanyak ‘count’ karakter. Contoh :

Maka variabel ‘hasil’ akan berisi nilai ‘kaki’.

4. Delete (str, index, count);

Procedure ‘Delete’ digunakan untuk menghapus sebuah substring dari variabel string ‘str’ dengan indeks ‘index’ sejumlah ‘count’ karakter. Contoh :

Maka variabel ‘hasil’ akan berisi nilai ‘kuku   kakekku kaku kaku’.

 6. Insert (substr, str, index);

Procedure ‘Insert’ digunakan untuk menambahkan suatu substring ‘substr’ ke dalam variabel string ‘str’, dimulai dari indeks ‘index’. Contoh :

Maka variabel ‘hasil’ akan berisi nilai ‘kuku kaki kanan kakekku kaku kaku’.

7. ReplaceStr (str, substr_asal, substr_pengganti);

Procedure ‘ReplaceStr’ digunakan untuk mengganti substring ‘substr_asal’ menjadi ‘substr_pengganti’ dalam sebuah variabel string ‘str’. Contoh :

Maka variabel ‘hasil’ akan berisi nilai ‘kuku kaki kiri kakekku kaku kaku’. Demikianlah beberapa fungsi dasar manipulasi string yang seriang saya gunakan dalam aplikasi yang saya buat.  Sebagai tambahan informasi  mulai versi Delphi 2006 (kalau tidak salah ya) variabel string sudah berkembang menjadi AnsiString yang berukuran 64 bit untuk mengadopsi karakter Unicode (karakter Arabic, huruf kanji Jepang, dll). Fungsi-fungsi manipulasi stringnya juga berkembang menyesuaikan tipe variabelnya.

Incoming search terms:

manipulasi string pada delphi, manipulasi string delphi, fungsi string pada delphi, untuk membaca streaming data lalu menguraikannya serta membentu pohon oleh automata adalah, macam macam manipulasi string pada delphi, untuk membaca streaming data lalu menguraikannya serta membentuk pohon oleh automata adalah, pengertian string pada delphi, macam-macam manipulasi string pada delphi, fungsi string delphi, manipulasi string di delphi
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!