Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Arduino sebagai RTC (Real Time Clock)

Sebuah papan Arduino memang banyak gunanya. Kali ini kita akan coba memanfaatkan sebuah Arduino (Uno) sebagai RTC. Sudah pada tau RTC, kan? RTC kependekan dari ‘Real Time Clock’ alias jam digital yang presisi. RTC sebenarnya adalah solusi kebutuhan akan waktu yang presisi yang berupa hardware. Yang saya maksud ‘hardware’ di sini adalah sebuah IC (Integrated Circuit) RTC. Salah satu IC RTC yang terkenal dan sering dipakai adalah seri DS1307 buatan Dallas Semiconductor, Inc. IC RTC ini kecil dimensinya dan menggunakan protokol serial I2C/IIC untuk komunikasi data dengan kontrollernya. Di pasaran selain tersedia IC-nya saja, ada juga yang menjual dalam bentuk kit/modul yang siap pakai dan kompatibel dengan Arduino.

Tapi kali ini saya ngga membahas aplikasi IC RTC (DS1307) dengan Arduino ya, tetapi memanfaatkan Arduino itu sendiri sebagai RTC. Jadi solusi yang saya tawarkan disini adalah solusi yang bersifat software bukan RTC dalam bentuk hardware. Beberapa keuntungan menggunakan solusinya adalah bisa menghemat biaya (karena tidak memerlukan IC tambahan), menghemat jalur PCB sehingga bisa lebih kecil dan compact dimensinya (tentunya akan lebih mudah membuat jalur PCB-nya) dan tentunya bisa meminimalisir kesalahan pembuatan sistem. Tapi bukannya cara ini ngga ada sisi kekurangannya. Bagi sebagian orang mengganggap hardware IC RTC lebih presisi data waktunya karena memang dirancang khusus untuk kebutuhan RTC, tapi menurut saya sih RTC dengan Arduino cukup presisi dan memenuhi kebutuhan saya. Kekurangan kedua mungkin masalah script. Script Anda akan bertambah sedikit rumit dan memakan memori untuk processing timer untuk handling RTC secara software di dalam Arduino. Tetapi hal semacam ini relatif bagi tiap-tiap orang. Kalo menurut saya sih, script handling RTC di Arduino cukup mudah, karena sudah ada library yang menanganinya. Anda hanya cukup memanfaatkan subrutin-subrutin yang sudah tersedia tanpa harus mengetahui seluk beluk pengaturan register/timer yang dibutuhkan, bagaimana timing correction-nya, dsb.

Baiklah, untuk memanfaatkan Arduino sebagai RTC, Anda cukup memanfaatkan library yang bernama ‘Time’. Library ini gratis dan bisa Anda unduh di http://playground.arduino.cc/code/time. Setelah diunduh, ekstrak file zip-nya dan salinlah satu folder library ini ke direktori ‘libraries’ Arduino di laptop Anda (biasanya di folder C:\Program Files\Arduino\libraries). Jika sudah, restart aplikasi Arduino di laptop Anda, dan seharusnya sudah ada tambahan menu ‘Time’ di menu File | Examples. Di sana ada beberapa contoh program/sketch yang berhubungan dengan masalah waktu/RTC.

arduino sebagai rtc - contoh program sketch

Demikian sedikit ‘pembukaan’ untuk penggunaan Arduino sebagai RTC. Untuk contoh aplikasinya akan saya bahas pada artikel berikutnya. Salam kreatif 🙂

update : contoh aplikasi RTC dengan Arduino

Incoming search terms:

cara kerja rtc, bel sekolah otomatis arduino, solusi rtc pada laptop, rtc arduino adalah, cara menggunakan ds1307 dg arduino, membuat bel sekolah dengan arduino, mengisi timer pada aplikasi delphi dan arduino, sistem kerja rtc, timer otomatis arduino, cara membuat program rtc ds1307 Di arduino
Tags:
8 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!