Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Tools Serial Monitor untuk Memonitor Data Serial Arduino

Arduino sebagai sebuah papan mikrokontroller dari sono-nya memang tidak tidak punya perangkat display seperti monitor, LCD, touchscreen dll. Namanya juga mikrokontroller yang sifatnya stand alone controller. Pada dasarnya, sebuah mikrokontroller akan bekerja mandiri secara minimalis dalam menjalankan sistemnya sendiri. Sedangkan untuk interaksi dengan user biasanya akan ditambahkan perangkat user interface seperti LCD, HMI (Human Machine Interface) atau yang paling minimal adalah tombol-tombol. Namun semuanya tergantung pada sistem kendali yang sedang di-handle si mikrokontroller.

Terus, bagaimana caranya agar kita dapat mendeteksi, memonitor atau men-debug sebuah kesalahanan sistem. Saya tidak sedang membicarakan tentang kesalahan sintaks pemrograman. Karena itu adalah tahap pre-instal. Jika Anda sedang berada pada tahap ini, kesalahan sintaks akan nampak pada jendela Debug di bagian paling bawah software IDE Arduino. Untuk lebih jelasnya tentang bagian-bagian software IDE Arduino dapat dibaca di artikel saya yang terdahulu, “Mengenal Bagian-bagian Software IDE Arduino

Nah, bagaimana mendeteksi kesalahan/bug saat program/sketch sudah diunggah ke Arduino. Bisa jadi tidak ada kesalahan sintaks saat pemrograman, namun hasil pemrograman tidak sesuai dengan yang diharapkan. Sebagai contoh, ketika Anda membuat project komunikasi data antara smartphone Android dan Arduino menggunakan media Bluetooth seperti yang dijelaskan di artikel “Mengendalikan LED Arduino dari Android menggunakan Bluetooth“. Ketika Anda menggunggah contoh sketch dalam artikel tersebut, saya pastikan tidak akan ada kesalahan sintaks karena saya sendiri sudah mencobanya. Namun ketika Anda mencoba pairing dengan device Android Anda, dan menekan tombol ‘1’ atau ‘0’ namun LED di Arduino tidak bereaksi dengan perintah Anda. Bagaimana caranya Anda melakukan troubleshooting? Dengan posisi Anda sama sekali tidak bisa melihat pergerakan/pertukaran data di dalam Android?

jendela Serial Monitor di Arduino

Nah, di sinilah letak kegunaan fitur/tools Serial Monitor. Tools ini dapat Anda akses melalui menu Tools | Serial Monitor di software IDE Arduino.  Dengan fitur ini, layar laptop/komputer Anda seakan-akan menjadi display/tampilan bagi Arduino. Syaratnya cuma dua. Yang pertama, laptop Anda terhubung ke Arduino melalui kabel data (USB atau serial) dan pin 0 dan 1 Arduino tidak dipakai untuk keperluan lain. Sebagaimana kita tahu bahwa pin 0 dan 1 Arduino adalah pin komunikasi serial Arduino yang bersifat hardware. Kedua pin ini juga langsung terhubung dengan mikrokontroler ATMega16U2 yang bertugas menjalin komunikasi dengan laptop/komputer melalui kabel USB. Jadi, jika Anda bermaksud mendedikasikan pin serial ini sebagai jendela monitoring, Anda tidak boleh memakainya untuk keperluan lain.

Syarat yang kedua, Anda harus menuliskan sedikit script agar data yang keluar masuk Arduino ‘dilempar’ ke port serial agar adapat ditampilakan di jendela Serial Monitor. Caranya cukup sederhana, yakni ‘lemparlah’ setiap event, variabel atau apapun yang ingin dimonitor menggunakan function Serial.print(data_yang_dimonitor); atau Serial.println(data_yang_dimonitor); dengan parameter ‘data_yang_dimonitor’ bertipe ‘string’. Dengan demikian setiap pergerakan atau pertukaran data yang terjadi di dalam Arduino dapat Anda ‘lihat’ melalui layar laptop Anda.

Catatan : Serial.print(data_yang_dimonitor); dan Serial.print(data_yang_dimonitor); sebenarnya fungsinya sama yakni mengirim data ke port serial, hanya saja Serial.print() tulisan/karakternya tidak berganti baris, sedangkan Serial.println akan berganti baris untuk tulisan selanjutnya.

Ohya, jika Anda menggunakan fungsi-fungsi komunikasi serial Anda harus menginisialisasi port serial pada deklarasi void setup(). Minimal parameter yang harus Anda inisialisasi adalah parameter baudrate (biasanya menggunakan 9600 bps), dan harus disamakan di sisi jendela Serial Monitor-nya (sisi laptopnya). Di jendela Serial Monitor, Anda dapat menyetting baudrate pada menu dropdown di pojok kanan bawah seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

setting baudrate di jendela Serial Monitor Arduino

Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk Anda. Selamat ber-debug ria 🙂

Incoming search terms:

serial monitor pada arduino, cara menampilkan serial monitor arduino, cara menggunakan serial monitor, cara serial monitor arduino, cara menggunakan serial monitor pada arduino, komunikasi serial arduino dengan delphi, cara menampilkan arduino di serial monitor, apa saja syarat komunikasi serial arduino dan bluetooth, cara menampilkan serial monitor pada arduino ide, fungsi serial monitor
7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!