Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Membuat Aplikasi Android dengan Delphi XE8

Aplikasi Android sudah dapat dibuat melalui Delphi mulai versi XE5 ke atas, setelah sebelumnya aplikasi iOS (untuk iPhone dan iPad) sudah dapat dibuat pada versi Delphi XE4. Ini merupakan titik awal Delphi sebagai RAD (Rapid Application Development) untuk semua platform (Windows, Linux, MacOS) dan semua device (komputer, tablet, smartphone). Bahkan pada generasi terbaru, Delphi XE8, sudah mengadopsi IoT (Internet of Things), yakni semua perangkat ber-OS yang terhubung ke internet.  Termasuk di antara IoT ini adalah smart watch, smart TV, dan smart home appliance lainnya seperti kulkas dan mesin cuci pintar.

Pada versi XE8 ini, Delphi sudah memiliki built in ‘Delphi compiler for Android’ (DCCAARM.exe) yang mampu mengubah bahasa pemrograman Delphi (dengan sintaks Pascal) menjadi bahasa mesin yang dapat dieksekusi Android. Yang perlu Anda ketahui bahwa kode yang Anda tulis dalam bahasa Delphi/Pascal ini nantinya akan menjadi library (file *.so) bagi aplikasi utama yang sudah disiapkan dalam bahasa Java. Aplikasi utama (*.Java), file manifest dan layout (XML) sudah bersifat default dan tidak perlu diubah oleh Anda. Semuanya sudah disiapkan Delphi dan didesain seperti halnya lingkungan pemrograman Delphi untuk aplikasi Windows. Saya buat sebuah gambar ilustrasi yang akan memudahkan pemahaman Anda.

Ilustrasi Membuat Aplikasi Android dengan Delphi XE8

Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, membuat aplikasi Android menggunakan Delphi XE8 adalah memungkinkan melalui jalur Android NDK (Native Development Kit) yang di dalamnya memuat library JNI (Java Native Interface). Library inilah yang sebenarnya menjadi penghubung antara kode pemrograman Anda yang berbasis bahasa Delphi/Pascal dan Java Virtual Machine (JVM)-nya Android yang berbasis bahasa Java. Kalau mau jujur, sebenarnya aplikasi Android yang berbasis Android NDK ini ‘kurang begitu disukai’ Google sebagai principal Android. Yang direkomendasikan oleh Google tetap aplikasi berbasis bahasa Java dan Android SDK dengan IDE Android Studio atau Eclipse. Namun aplikasi Android yang berbasis Android NDK bukannya tanpa keunggulan. Bisa dikatakan library-library Android NDK sangat cocok untuk aplikasi yang membutuhkan kecepatan karena library ini mampu mengakses hardware Android secara langsung. Contoh aplikasi Android yang banyak menggunakan Android NDK adalah aplikasi game yang banyak mengakses OpenGL/rendering layar untuk 3D.

Dan bagi Anda yang terbiasa dengan lingkungan pemrograman Delphi, tentunya kemampuan membuat aplikasi Android ini tentunya sebuah kabar gembira. Dengan demikian dengan skill pemrograman Delphi yang telah Anda kuasai, Anda bisa membuat aplikasi Android tanpa banyak mengubah gaya pemrograman Anda. Anda hanya perlu sedikit menyesuaikan kode-kode pemrograman Anda terhadap target device Anda yang berukuran lebih kecil, prosesor berkemampuan terbatas, dan hardware yang pastinya akan berbeda dengan komputer (sensor, storage, memori, dll). Dan, yang terakhir, karena aplikasi Android yang dibuat dari Delphi XE8 ini pada dasarnya adalah sebuah shared library *.so, maka nantinya akan ada jeda sekitar 2-3 detik untuk me-load-nya ketika Anda menjalankan aplikasi ini di device Android Anda. Ini mungkin akan sedikit menyebabkan kekurangnyamanan bagi user. Kekurangan kedua adalah file executable Android yang dibuat dari Delphi relatif besar daripada aplikasi yang dibuat dari bahasa Java. Sebuah aplikasi Android sederhana dari Delphi menghabiskan space sekitar 25 Mb daripada aplikasi sejenis dari Java yang hanya menghasilkan file executable berukuran 700 Kb. Hmm…cukup jauh bedanya, bukan? Ini diakibatkan karena aplikasi Android dari Delphi membutuhkan library-library JNI yang diperlukan supaya dapat berjalan di Android. Hal ini tentunya menjadi pertimbangan Anda jika akan men-deploy aplikasi Anda. Mungkin pada Delphi versi berikutnya kekurangan-kekurangan ini akan diminimalisir sehingga pembuatan aplikasi Android dari Delphi semakin populer. Semoga ….

contoh aplikasi Android sederhana dari Delphi XE8

Jual DVD ISO installer Delphi XE8+SDK/NDK Android

Incoming search terms:

membuat aplikasi android dengan delphi, kelebihan delphi xe8, membuat aplikasi android menggunakan delphi, membuat aplikasi android dengan delphi xe, membuat aplikasi android dengan delphi xe5, membuat program android dengan delphi, membuat aplikasi android dengan xe, Buku delphi pembuat android, cara buat aplikasi dengan bahasa delphi, membuat aplikasi android dengan delphi xe7
5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!