Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Komunikasi Serial Asinkron RS232 dengan Arduino

Pin 0 dan 1 Arduino memiliki fungsi khusus sebagai pin serial asinkron. Kedua pin ini terhubung dengan perangkat UART (Universal Asynchronous Receiver Transmitter) secara internal. Namun serial asinkron yang dimiliki Arduino ini level elektrikalnya adalah level tegangan TTL (Transistor-transistor Logic) dengan rentang tegangan 0 s.d 5V (tegangan 0V mewakili logika ‘0’, tegangan 5V mewakili logika ‘1’). Jika Arduino akan berkomunikasi secara serial asinkron dengan perangkat lain yang  level elektrikalnya sama, Arduino dan perangkat tersebut dapat langsung dihubungkan secara bersilang (Tx ketemu RxD, Rx ketemu TxD).

ilustrasi wiring komunikasi serial uart arduino - komunikasi serial asinkron

Nah, yang akan menjadi masalah adalah ketika Arduino akan berkomunikasi dengan perangkat lain secara serial namun level elektrikalnya berbeda, misalnya RS232, RS422 atau RS485. Jika ada studi kasus seperti ini, maka Anda akan memerlukan semacam level konverter dari level TTL ke level RS232/RS422/RS485 tersebut. Karena secara protokol komunikasi semua standar komunikasi tersebut (UART, RS232, RS422, RS485) adalah sama, yakni serial asinkron yang membutuhkan parameter komunikasi seperti baudrate, data bit, stop bit, parity dan flow control. Yang membedakan hanyalah level elektrikalnya. Level elektrikal ini hubungannya adalah dengan panjang maksimal kabel data, kekebalan data terhadap noise, dsb. Tiap standar komunikasi memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Komunikasi Serial Asinkron RS232 dengan Arduino

Untuk berkomunikasi dengan perangkat RS232, Arduino membutuhkan konverter TTL ke RS232. Anda dapat membuatnya dari rangkaian transistor atau menggunakan IC Max 232. Anda juga dapat membeli modul konverter TTL to RS232 yang sudah jadi jika tidak ingin repot membuat PCB-nya.

Rangkaian konverter TTL – RS232 dengan transistor

konverter serial asinkron uart ke RS232 dengan transistor

Rangkaian konverter TTL – RS232 dengan IC Max232

konverter serial asinkron uart ke RS232 dengan Max232

Modul konverter UART TTL – RS232

modul konverter uart ttl - rs232

Salah satu perangkat yang menggunakan standar komunikasi serial asinkron RS232 adalah komputer/laptop. Berhubung port serial fisik sudah tidak diadopsi pada komputer/laptop modern, maka kita akan menggunakan konverter port USB to serial untuk percobaan komunikasi antara komputer dengan Arduino. Sebagai percobaan komunikasi keduanya, saya akan menggunakan modul konverter TTL-RS232. Modul ini dapat langsung dihubungkan dengan konverter USB to serial laptop karena konektor DB modul konvertor TTL-RS232 bertipe DB-9 female sedangkan konektor konverter USB to serial di laptop bertipe DB-9 male. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah.

usb to serial vs modul konverter uart ttl to rs232

Untuk menguji komunikasi antara komputer/laptop dengan Arduino melalui protokol serial asinkron, buatlah prototipe rangkaian sebagai berikut : (perhatikan kabel USB-nya)

prototipe rangkaian usb to serial vs modul konverter uart ttl to rs232

saat di-zoom

zoom - usb to serial vs modul konverter ttl to rs232

Setelah itu, dari sisi komputer/laptop aktifkan aplikasi Hyper Terminal dan pilih port COM sesuai dengan port USB to serial dan set parameter baudrate ke 9600 bps dan flow control ke pilihan ‘none’ (atau tekan saja tombol ‘Restore defaults’). Jika belum tahu caranya bisa dibaca tutorialnya di artikel berikut. Sedangkan sisi Arduino aktifkan jendela Serial Monitor. Sebelumnya isikan sketch handler Arduino sebagai berikut untuk menangani komunikasi serial asinkron dengan komputer/laptop.

Setelah sketch berhasil diupload ke Arduino, tibalah saatnya untuk melakukan pengujian komunikasi antara Arduino dengan komputer/laptop. Caranya, dari aplikasi Hyper Terminal ketikkan sembarang karakter dan tekan enter. Seharusnya karakter tersebut akan muncul di jendela Serial Monitor (jendela Serial Monitor adalah jendela untuk memonitor pertukaran data yang lewat di pin serial Arduino. Untuk lebih detailnya bisa dibaca disini).

tes komunikasi usb to serial vs modul konverter uart ttl - rs232 dengan arduino

Demikian tutorial kali ini tentang cara melakukan komunikasi serial asinkron RS232 dengan Arduino. Cara di atas efektif dilakukan jika Anda menjalankan IC Arduino tanpa papan Arduino. Jika IC Arduino berada di papan Arduino Anda bisa langsung berkomunikasi menggunakan port usb yang secara otomatis akan mengemulasi port serial sesudah Anda menginstal driver USB saat Anda melakukan instalasi software Arduino IDE. Untuk lebih detailnya bisa dibaca di sini. Selain dua cara komunikasi serial antara komputer/laptop dan Arduino tersebut, ada cara lain lagi, yakni menggunakan konverter USB to TTL. Caranya akan saya tulis pada artikel berikutnya.

Sebagai penutup, ingin saya sampaikan bahwa tiap standar komunikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Standar komunikasi UART memiliki kelebihan sederhana secara rangkaian namun hanya efektif untuk jarak pendek (1-2 meter) dan hanya berlaku untuk sepasang perangkat saja. Sedangkan standar komunikasi RS232 kelebihannya adalah jarak kabel yang lebih panjang (bisa mencapai 25 meter), namun kekurangannya adalah standar ini hanya berlaku untuk sepasang perangkat saja dan tidak dapat digunakan untuk multi client atau multi slave. Jika menginginkan bisa berlaku untuk multi client/slave Anda harus menggunakan standar komunikasi RS422/RS485. Dua standar komunikasi terakhir perbedaannya terletak pada kekebalan noise dan jarak kabel, dimana RS485 lebih kebal noise dan jarak kabel lebih panjang, bisa mencapai 1000 m.

Incoming search terms:

rs232 adalah, komunikasi rs 232 dengan arduino, cara membuat usb to rs232 tanpa papan, rs232 to usb komunikasi, serial monitor adalah, kelebihan dan kekurangan rs232, kelebihan kekurangan Rs 232, kelebihan dan kekurangan Rs 232, komunikasi serial asinkron, komunikasi 2 arduino
15 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!