Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Contoh Aplikasi Android Sederhana dengan Delphi XE8

Mulai versi XE5 ke atas, Delphi sudah bisa digunakan untuk membangun sebuah aplikasi yang berjalan di atas platform Android. Delphi, yang sekarang berubah menjadi Embarcadero, telah menambahkan satu compiler baru yakni DCCAARM yang mampu menerjemahkan sintaks Delphi/Pascal menjadi bahasa mesin (CPU) berbasis prosessor ARM yang menjadi ‘otak’ perangkat Android. Dengan demikian hasil kompilasi compiler DCCAARM dapat dieksekusi (executable) dan berjalan di perangkat Android. Untuk ‘filosofi’ pemrograman Android dengan Delphi XE8 dapat dibaca di artikel sebelumnya.

Saya anggap Anda sudah menginstal Delphi XE8 dan sudah melakukan setting untuk optimasi pembuatan aplikasi Android. Jika belum Anda dapat membaca cara instalasi Delphi XE8 disini. Pada tutorial kali ini saya akanmencontohkan bagaimana mudahnya membuat aplikasi Android dengan bahasa/sintaks Delphi. Bagi Anda yang sudah terbiasa membuat aplikasi dari Delphi, saya yakin tidak akan kesulitan membuat aplikasi Android ini.

Untuk memulai membuat aplikasi Android dari Delphi XE8, buatlah sebuah project ‘Multi device’ baru melalui menu File-New-Multi Device Applicarion Delphi. Jika ada tampilan seperti di bawah, pilih aja ‘Blank Application’, kemudian tekan tombol ‘OK’

Multi-Device Application delphi - blank application - Android

Selanjutnya akan muncul tampilan di IDE (Integrated Development Environment) Delphi seperti gambar di bawah

Project1 - Delphi XE8 - tampilan IDE

Biar lebih ‘manis’ Anda dapat mengganti tampilan sesuai target device Anda, yakni Android dengan mengganti pilihan tampilan di kotak dropdown ‘View’ (perhatikan gambar di bawah).

Project1 - Delphi XE8 - ANdroid view

Selanjutnya ambil komponen TButton, TEdit dan TLabel dari tab ‘Standard’ di Component Pallete dan drop di form designer seperti gambar di bawah

form designer aplikasi android dengan delphi xe8

Kemudian double click komponen TButton dan isilah dengan source code di bawah :

Kemudian simpan dengan nama ‘PContoh1’ untuk projectnya dan UContoh1 untuk file Unitnya. Selanjutnya aktifkan android sebagai target platform kompilasi program melalui jendela ‘Project Manager’ (jendela di sebelah kanan atas). Caranya, dari tree view di jendela Project Manager’ pilih Android – Android SDK xx, kemudian klik kanan plih ‘Activate’. Seharusnya sekarang pilihan Android – Android SDK xx sudah dalam keadaan ‘Bold’ yang menandakan target platform sudah berubah ke Android. Di bawah tulisan ‘Android – Android SDK xx’ di ‘Target Platforms’ adal folder ‘Target’. Cobalah klik folder tersebut, dan jika perangkat Android Anda sudah ready to use, maka perangkat tersebut akan terdeteksi di folder ini. Sebagai contoh saya menggunakan perangkat smartphone Android tipe LG-D686 (LG G Lite Pro), maka di folder ‘Target’ akan muncul tipe smartphone saya (lihat gambar di bawah). Pastikan Anda sudah menginstal usb driver untuk perangkat Android Anda ya…… Jika perangkat Android belum terdeteksi Anda harus troubleshoot dulu kenapa belum terdeteksi, atau menggunakan Android Virtual Device (AVD). Tapi tidak saya sarankan menggunakan AVD karena sangat lambat proses eksekusinya.

Project manager aplikasi android dengan delphi xe8

Running project PContoh1’ dengan menekan F9 atau melalui menu Run-Run atau tombol panah hijau di shortcut bar di atas form designer. Tunggu beberapa saat karena compiler sedang bekerja menerjemahkan sintaks program Anda dan menginstal APK ke perangkat Android. ‘Beberapa saat’ di sini relatif ya … tergantung spek laptop Anda, bisa 2 menit, 5 menit, atau 10 menit he he he. Yang jelas sebaiknya RAM-nya harus besar. Sebagai gambaran, laptop saya berbasis Intel Core i3 dengan RAM 4Gb. Proses kompilasi dari Run sampai aplikasi  terinstal di perangkat Android memakan waktu sekitar 2-3 menit. Kalo pake AVD/emulator Android bisa lebih lama lagi he he.

Setelah menunggu beberapa saat, aplikasi akan langsung diinstal di perangkat Android Anda dan biasanya akan otomatis dijalankan.

tampilan program android pcontoh 1 dari delphi xe8

Sekarang mari kita coba hasilnya. Isikan sembarang karakter di kotak edit, dan tekan tombol ‘Button1’. Seharusnya semua tulisan di kotak edit akan disalin ke ‘Label1 sesuai source code di atas.

sebelum :

komponen label, edit, button app android dr delphi xe8

sesudah ditekan tombol ‘Button1’

menekan tombol button 1 app android dr delphi xe8

Gimana? Mudah bukan? Selamat belajar ….. Jika anda membutuhkan DVD master installer Delphi XE8+SDK/NDK Android dapat dibeli di sini

Incoming search terms:

Membuat aplikasi android dengan delphi, delphi android, aplikasi delphi, delphi untuk android, membuat aplikasi android dengan delphi 7, cara membuat aplikasi android dengan delphi, Tutorial delphi xe8, membuat aplikasi android dengan delphi xe5, android delphi, Delphi xe8
46 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!