Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Membuat Notifikasi di Android dengan Delphi XE8

Kadang kita perlu membuat notifikasi dalam aplikasi Android kita untuk memberitahu user bahwa telah terjadi ‘sesuatu’ dalam aplikasi. ‘Sesuatu’itu dapat berupa informasi baru, perubahan status, atau mungkin hasil pengolahan data yang dihasilkan aplikasi. Notifikasi ini nantinya akan ditampilkan di bagian atas layar Android (seperti halnya jika ada notifikasi pesan baru dari SMS/Email/WhatsApp) dan di jendela scroll down Android (jendela ketika kita menggulung ke bawah di home screen Android).

Untuk membuat notifikasi di Android menggunakan Delphi XE8 caranya cukup mudah. Dalam beberapa menit Anda akan dengan mudah membuatnya, karena di Delphi XE8 sudah menyediakan komponen khusus untuk menangani event notifikasi ini.

Adalah komponen TNotificationCenter yang berada di tab ‘Service’ di Component Pallete yang berfungsi untuk menangani proses notifikasi di Delphi XE8. Cukup drag and drop komponen ini ke form designer dan tuliskan script berikut untuk membuat notifikasi di Android. Tambahkan pula satu komponen Button yang nantinya jika ditekan akan memunculkan notifikasi di home screen Android. Ubah properti ‘Text’ milik komponen menjadi ‘Noitf Now’ di jendela Object Inspector.

form designer membuat Notifikasi di Android dengan Delphi XE8

Berikut ini adalah event handler untuk event onClick komponen Button1

Berikutnya tambahkan satu komponen Button lagi di form designer. Ubah properti ‘Text’ komponen ini menjadi ‘Notif later’ melalui jendela Object Inspector. Tombol yang kedua ini kita rancang supaya menampilkan notifikasi  3 detik setelah tombol ditekan. Double click komponen Button2 dan isikan event onClick komponen ini sebagai berikut :

Silahkan compile dan run project di atas (F9). Saya sarankan gunakan langsung device Android daripada menggunakan emulator. Jika sudah, hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah:

aplikasi dengan Notifikasi di Android menggunakan Delphi XE8

Saat  tombol ‘Notif Now’ ditekan

Notifikasi di Android - Delphi XE8

Tampilan home screen Android (gulung layar ke bawah dulu)

Notifikasi di home screen Android - Delphi XE8

Terlihat ada tulisan notifikasi ‘Ini Notifku!’ di jendela Android sesuai dengan script yang Anda tulis.

Bagaimana? Mudah bukan? Script di atas hanya sekedar contoh penggunaan komponen TNotificationCenter saja. Tentunya akan sangat mudah diintegrasikan dalam aplikasi Anda, misalnya untuk pengingat/reminder jadwal, ada pesan/chat dari user lain, adanya input sensor dengan nilai tertentu, dll. Semuanya tergantung pada kebutuhan aplikasi Anda masing-masing. Selamat mencoba…

Incoming search terms:

android membuat notifikasi order, delphi xe8 android run on background, how to close form from button in android from delphi, menulis script delphi di android, nama componen yang berada di notification, notifikasi android delphi, scrolling android notifilasi
7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!