Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Membuat Web Server I/O dengan Arduino

Dengan Arduino kita dapat membuat sebuah web server sederhana semacam Apache, Nginx,  Mongoose, dll. Tentunya dengan skala yang terbatas. Web server dengan Arduino ini banyak dimanfaatkan untuk meng-interface-kan perangkat I/O melalui protokol TCP/IP. Untuk media jaringannya, tergantung kebutuhan, bisa melalui jaringan intranet (LAN) maupun internet. Sekali lagi, tergantung kebutuhan, sehingga topologi jaringannya pun menyesuaikan dengan kebutuhan tersebut.

Untuk membuat web server I/O dengan Arduino, Anda membutuhkan tambahan modul Ethernet atau WIFI. Bentuknya dapat berupa ‘shield’ (Ethernet shield atau WIFI shield) maupun berupa modul (Ethernet/WIFI module). Kalau bentuknya berupa shield, Anda dapat langsung menancapkannya ke Arduino Uno, tapi jika bentuknya modul Anda harus mengkoneksikan keduanya dengan beberapa kabel jumper. Untuk tutorial kali, kita akan menggunakan sebuah Ethernet shield sebagai jembatan antara Arduino (Uno) dengan dunia TCP/IP.

Alat dan Bahan Web Server – Arduino

  1. Arduino Uno (versi SMD beli di sini, versi DIP beli di situ)
  2. Ethernet Shield (beli di sini)
  3. Kabel jumper Male to Male (1 buah) – beli di sini

Tujuan Percobaan

Membuat web server I/O sederhana dengan Arduino dan Ethernet shield. Jika ada input pada pin 2 terbuka atau tertutup akan menampilkannya pada web, dan dapat dibuka melalui web server.

Gambar Rangkaian Web Server – Arduino

web server io sederhana dengan arduino

Gambar rangkaiannya sederhana aja bukan? cukup menggunakan ethernet shield dan satu jumperan kabel ke pin 2. Jumperan ini sebenarnya hanya untuk membedakan saat pin 2 ber-logic ‘1’ atau ‘0’ dengan menghubungkannya ke 5V atau ke ground.

Sketch

Jika hardware sudah siap, upload-lah sketch berikut ke Arduino

Pengujian Web Server dengan Arduino

Untuk menguji hardware dan software yang sudah tertanam di Arduino (firmware), hubungkan laptop dengan Ethernet shield melalui kabel LAN (straight). Set IP address laptop dalam satu class dengan IP Arduino. Perhatikan baris 8 pada sketch di atas. IP Arduino adalah 192.168.27.177, maka coba kita set IP laptop menjadi 192.168.27.178. Dengan demikian antara laptop dan Arduino sudah berada dalam satu class IP dan bisa langsung berkomunikasi. Apakah jika beda class IP, kedua device bisa berkomunikasi? Jawabannya bisa saja, namun Anda akan membutuhkan sebuah router untuk mentranslasikan arah komunikasi data.

Kembali ke pengujian kita, untuk sekedar memastikan apakah antara laptop dan Arduino sudah terhubung secara jaringan (LAN), buka jendela command prompt melalui menu Start, dan di kotak search tulis ‘cmd’ [enter]. Berikutnya ping IP Arduino dengan perintah ‘ping 192.168.27.177’ Jika ada reply dari Arduino berarti kedua device sudah terhubung.

Berikutnya buka web browser di laptop Anda, dan ketik IP Arduino yaitu 192.168.27.177. Sesaat kemudian seharusnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah

membuat-web-server-io-dengan-arduino

Kemudian coba jumper pin 2 ke pin GND dan ke pin 5V di Ethernet shield. Perhatikan tampilan di web browser, seharusnya akan berubah-ubah sesuai input yang Anda berikan di pin 2.

Jika menggunakan ethernet shield, maka pin 10, 11, 12, 13 tidak dapat Anda gunakan sebagai pin digital I/O biasa, karena sudah digunakan untuk interfacing dengan ethernet shield melalui protokol SPI.

Selamat, Anda sudah berhasil membuat web server I/O sederhana dengan Arduino. Sekarang tinggal ide Anda, mau dikembangkan seperti apa? Selamat berkreasi….

Incoming search terms:

cara masukin gambar di web arduino, Menyalakan LED dengan Ethernet Shield menggunakan Web Server, membuat web server dengan arduni, membuat web server dengan arduino, membuat server client dengan internet arduino uno, membuat arduino dengan eternet dan android, membangun web server pada jaringan wifi menggunakan ethernet shield, ethernet shield menggunakan kabel jumper, cara set ip addres di arduino, cara mengatas arduini ethernet shield yang tidsk mau muncul di web
8 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!