Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Monitoring Sensor secara Wireless Berbasis Web menggunakan Arduino

Hmm, bingung juga bikin judul di atas :). Tapi kurang lebih inti dari case project ini adalah memonitor sensor yang ada di lapangan, kemudian data hasil pengukuran dikirim secara wireless ke server (pakai Arduino juga) kemudian dari server di-upload datanya ke web. Nah, bingung kan bikin judulnya :). Daripada bingung mending lihat gambar blok diagram di bawah. Insya Allah lebih jelas dan mencerahkan 🙂

blok-diagram-monitoring-sensor-secara-wireless-berbasis-web-menggunakan-arduino

Untuk dapat menyelesaikan project ini, setidaknya ada tiga subbagian yang harus Anda selesaikan satu persatu, yakni:

  1. Bagian akuisisi data dari sensor
  2. Bagian pengiriman data dari sensor ke server
  3. Bagian pengiriman (upload) data dari server ke web server di internet.

Nah, sebaiknya Anda kerjakan satu-satu dulu bagian-bagian di atas, supaya kalau ada problem bisa lebih lebih cepat ketemunya di mana. Baru jika antar bagian sudah bisa, kemudian diintegrasikan menjadi satu sistem yang utuh. Kalau ngga begitu, nanti Anda akan bingung sendiri jika ada trouble.

Akuisisi Data Sensor menggunakan Arduino

Perhatikan gambar blok diagram di atas. Ada 4 sensor yang akan diambil nilainya yaitu asap, api, suhu dan temperature. Untuk sensor asap menggunakan sensor MQ-2, sensor api menggunakan flame detector, dan sensor suhu & kelembaban menggunakan sensor DHT11. Masing-masing penggunaan sensor menggunakan Arduino sudah saya bahas sebelumnya

sensor api arduino 

sensor asap arduino MQ-2 harga 15.000 beli di sini

DHT11 arduino harga 12.000 beli di sini

Jika sudah bisa semua, baru Anda beralih ke bagian yang kedua, yakni:

Pengiriman Data dari Sensor ke Server Arduino

Untuk mengirim data hasil pengukuran ke server yang berbasis Arduino, sekali lagi perlu memperhatikan topologi jaringan yang digunakan. Untuk itu coba lihat sekali lagi blok diagram di atas. Di sana disebutkan pengiriman data akan menggunakan jaringan WIFI dari client (Arduino) ke server (menggunakan Arduino juga). Nah, berdasarkan topologi ini, maka Anda akan membutuh sepasang Access Point (AP) WIFI yang akan berfungsi sebagai carrier data Anda. Sesudah kita menentukan perangkat radio transmisi data, selanjutnya kita lihat port interface apa yang di-support oleh perangkat tersebut. Perangkat wireless (WIFI) pada umumnya menggunakan port Ethernet (RJ45). Oleh karena itu, Arduino client harus kita pasang Ethernet shield agar dapat mengirim data melalui perangkat AP WIFI. Demikian juga sisi server, Arduino juga harus kita embed Ethernet shield agar dapat menerima data dari AP WIFI.

Langkah berikutnya adalah menulis sketch hander untuk mengirim data dari arduino client ke arduino server. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, yakni dengan protokol restful, SOAP atau MQTT (IoT = Internet of Things). Untuk case project ini saya menggunakan alternatif yang pertama, yakni menggunakan teknologi RESTFUL, khususnya protokol http GET.

Jika data sudah sampai ke Arduino Server, maka langkah terakhir adalah mengunggah datanya ke web server yang ada di internet (cloud).

Pengiriman (Upload) Data dari Arduino Server ke Web Server di Internet

Untuk tahap ini, setidaknya pengetahuan tentang server oriented programming dibutuhkan.Mengapa? Karena web server Anda akan dihosting di share hosting provider di internet, dimana web hosting semacam ini berbasis Linux namun tidak memiliki akses root dan hanya mengijinkan script dalam bahasa PHP, HTML, Javascript (dan sejenisnya) untuk running dalam hosted server mereka. Oleh karena itu, saya menggunakan kombinasi antara HTML5 (dalam framework Bootstrap), PHP dan Javascript untuk membuat web server untuk menerima data dari Arduino server dan menampilkannya ke user. Begini kurang lebih jadinya.

Alat dan Bahan untuk Development Project Ini

  1. Arduino Uno (2 pcs) –> harga 65.000, harga 45.500
  2. Ethernet shield (2 pcs)  –> harga 73.500 beli di sini
  3. Hame 3G router (2 pcs), sebagai Access Point WIFI  –> harga 150.000, beli di sini
  4. Modem (+simcard) untuk koneksi internet

Bagi Anda yang tertarik dengan project ini, sudah saya sediakan paket komplit seharga (CALL/WA 081910026910). Anda akan mendapatkan semua hardware di atas dan software Arduino (baik dari sisi client, sisi server) dan software web server yang berbasis HTML5+PHP+Javascript. Bagi Anda yang membutuhkan tambahan fitur custom sesuai kebutuhan Anda bisa menghubungi saya, namun tentunya harganya akan menyesuaikan. Semua hardware di atas juga dapat dibeli terpisah di toko online saya pada link di atas

Incoming search terms:

aplikasi monitoring android berbasis modem, cara mengirim data dari server ke client, belajar arduino monitoring berbasis internet, mengirim sinyal sensor dengan arduino ke web server, cara menghubungkan arduino dengan database, arduino monitoring menggunakan backtrack, monitoring arduino website, cara mengkoneksikan ethernet shiled arduino dengan akses point, monitoring menggunakan arduino, cara arduino ke web

Leave a Reply

23 Comments on "Monitoring Sensor secara Wireless Berbasis Web menggunakan Arduino"

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Mirna Rizki Lestari
Guest

Maaf mas saya mau tanya, dari topologi itu jadi arduino ke AP wifi nya pakai kabel UTP ya? Contoh AP wifi nya pake apa? Semacam TP-L*NK kah? Contohnya tipe berapa?

Suhandy
Guest

mas ini kirim data dari hasil sensor ke aplikasi android ya ? di terima ke aplikasi andorid ?

Fauzi
Guest

Mas saya ada proyek skripsi tentang wireless sensor network mirip kayak proyek mas diatas, disini saya pake teknologi sejenis zigbee, nah data dari beberapa client dikirim ke master trus dari master data dikirim ke web buat ditampilin. Kira2 bisa membantu skripsi saya ini bagian pengiriman data dari master ke webnya pake modul esp8266 dan pembuatan webnya?

wildan
Guest

mas kalo upload gambar dari sd ethernet ke web online apakah bisa?

Andi Kurniawan
Guest

Gan kalo stlah di web server trus dikirim ke app buatan sendiri bisa gak ya ?

Agus Setiyawan
Guest

mas ada tutorial kirim data suhu lm35 ke web dengan modul esp8266 gak?

Cindy
Guest

Kak mau tanya kalau mau buat alat pendeteksi dan pengaman gas lpg bernotifikasi android berbasis arduino tetapi notifikasi androidnya itu bisa mengatur kadar gasnya yang keluar dan bisa mematikannya lewat android tersebut. Kira” apa bisa ya?

Ariefm
Guest

Kakak, saya sudah tutor dan tips arduinonya, sa masin bingung dari sensorkemicroko trollenya maksimal sbrp jauh dan dengan koneksiapa? Saya berencana memasang bbrp sensor sekaligus dalam bebrp ruanb, bagaimanaaplikasinya ya? Adaahemailuntu konssultassi?? Maaf agak ribetkrn pakehape

error: Content is protected !!