Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Aplikasi Delphi – Android ‘Bluetooth Logger’

Aplikasi Android Bluetooth Logger ini dibuat menggunakan Delphi XE5. Kegunaan aplikasi ini adalah untuk menampilkan data dari sensor dengan perantara/media Bluetooth. Oleh karena itu di sisi sensor akan membutuhkan sebuah controller yang dapat ‘menerjemahkan’ sensor dan mengirimnya ke smartphone Android melalui Bluetooth. Untuk project ini, seperti biasa, saya menggunakan Arduino sebagai controller di sisi last mile (sensor). Sebagai gambaran bagaimana cara kerja sistem ini, dapat Anda lihat di blok diagram di bawah

Blok Diagram Aplikasi Delphi – Android ‘Bluetooth Logger’

blok-diagram-aplikasi-delphi-android-bluetooth-logger

Untuk sensor bisa apa saja, temperature, kelembaban udara, curah hujan, proximity switch, asap, api, intensitas cahaya, dimensi benda, dll. Apa saja bisa, baik yang sifatnya DI (Digital Input) maupun AI (Analog Input), ntar tipe sensornya aja yang ngikutin. Dan satu lagi, firmware yang ditanam di Arduino juga harus mampu meng-handle-nya. Khusus untuk Arduino, fungsi utama firmware (sketch) yang di-upload adalah untuk mengubah data pengukuran sensor menjadi komunikasi Bluetooth agar data bisa nyampe di smartphone Android. Ohya, untuk tipe protokol Bluetooth yang digunakan adalah buetooth SPP (Serial Port Profile), yakni protokol emulasi komunikasi serial melalui media Bluetooth. Mengapa menggunakan Bluetooth? Yang pertama, fitur Bluetooth pasti ada di semua smartphone masa kini. Jarang smartphone yang tidak memiliki hardware Bluetooth transceiver di dalamnya. Bahkan, sekarang ini sudah ada teknologi BLE (Bluetooth Low Energy) yang mampu me-reduce konsumsi energi sehinggasangat cocok diterapkan pada perangkat portable seperti smartphone. Yang kedua, seperti yang tadi sudah saya jelaskan, Bluetooth ini mendukung protokol serial (SPP) sehingga dapat digunakan untuk ‘mengobrol’ dengan Arduino yang meng-handle sensor-sensor tadi. Walaupun buetooth serial (SPP) ini sifatnya adalah legacy (teknologi usang), namun tetap dipertahankan sampai sekarang karena wide compatibility dengan banyak perangkat.

Tampilan Aplikasi Delphi – Android ‘Bluetooth Logger’

aplikasi-delphi-android-bluetooth-logger-compilation

Demikian overview tentang aplikasi Bluetooth Logger ini. Untuk demo dapat Anda saksikan di channel Youtube saya sebagai berikut.

Demo Aplikasi Delphi – Android ‘Bluetooth Logger’

Buat yang menginginkan aplikasi ini, dapat membelinya seharga …CALL…. Sudah termasuk source code Delphi dan Arduinonya. Untuk sketch Arduino, yang Anda dapatkan adalah konversi dari nilai sensor ke serial data yang siap dikirim melalui Bluetooth. Sedangkan bagaimana cara menangani sensor melalui sketch Arduino tidak termasuk dalam paket ini (Anda dapat mencarinya sendiri di blog saya ini, sudah banyak tutorial yang saya tulis tentang cara menangani bermacam-macam sensor dengan Arduino). Jika ada kebutuhan custom, juga bisa didiskusikan, tetapi mungkin ada sedikit tambahan biaya, menyesuaikan dengan tingkat kesulitan.

Incoming search terms:

aplikasi delphi sensor, delphi arduino bluetooth, kenapa android tidak terkoneksi ke delphi

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!