Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Cara Clear Komponen Edit dan Enable Komponen Button di Delphi

Delphi adalah salah satu Software Development Kit (SDK) yang sifatnya Rapid Application Deveopment (RAD). Delphi sudah mendukung OOP (Object Orientation Programming),  yakni bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek, tidak lagi scratch from the beginning. Anda cukup menggunakan deretan komponen yang tersedia di Component Pallete, drag and drop to form designer, kemudian tinggal diisi event hander-nya sesuai kebutuhan.

Salah dua komponen yang akan kita bahas adalah komponen Edit (class TEdit) dan Button (class TButton). Kedua komponen sifatnya (behavior) berbeda karena diturunkan dari class komponen yang berbeda (inheritance). Komponen  Edit digunakan agar user dapat memasukkan karakter alfanumerik yang nantinya dapat diolah oleh program, sedangkan komponen Button digunakan untuk memicu aksi jika ditekan (diklik).

cara-clear-komponen-edit-dan-enable-komponen-button-di-delphi

Clear/Enabled Satu Komponen di Delphi

Di Delphi, untuk meng-clear-kan isi kotak edit, caranya cukup mudah, yakni dengan memanggil procedure ‘clear’ atau mengisi property ‘Text’ dengan empty string (‘ ‘). Contoh script-nya:

Edit1.clear;

Atau

Edit1.Text:=’ ‘;

Sedangkan untuk meng-enable komponen Button, dapat dilakukan dengan mengeset property ‘Enable’ menjadi bernilai ‘True’. Demikian sebaiknya jika akan men-disable komponen Button cukup mengeset nilai property ‘Enable’ menjadi ‘false’. Contoh script-nya :

Button1.Enabled:=true;

Cara Clear Semua Komponen Edit dan Enable Semua Komponen Button di Delphi

Nah, sekarang bagaimana caranya jika komponen Edit dan Button jumlahnya banyak? Apakah kita mau manual menuliskan script di atas satu persatu? Contoh kasusnya seperti ini, anggap aja ada 20 kotak Edit dan 30 komponen Button . Kita ingin me-reset semua kondisi menjadi kosong semua (kondisi awal), kotak Edit bersih semua (clear), dan semua tombol (Button) kondisi tidak dapat diklik (disabled). Anda boleh menuliskan kodenya seperti ini:

Edit1.clear; Edit2.clear; …. dst sampai Edit20.clear, dan

Button1.enabled:=false; Button2.enabled:=false; ……dst sampai Button30.enabled:=false;

Bolehkah pakai cara di atas? Ya boleh-boleh aja, tapi ya itu, bikin jari keriting nulisnya 🙂 . Ada cara yang lebih ‘smart’ untuk menyelesaikan case di atas. Simak potongan script sebagai berikut:

Dengan script di atas, dengan sekali klik tombol reset (ResetButton) maka semua komponen Button akan ter-disabled dan komponen Edit akan kosong (clear) semua. Kalaupin Anda menambah komponen lagi, Anda tetap dapat menggunakan script di atas tanpa mendefinisikan komponen baru tersebut.

Be smart coder, colleagues 🙂

Incoming search terms:

Cara agar bersih di edit pada lemrograman delphi, cara memanggil procedure change id3 tag pada delphi
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!