Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Cara Membaca-Menyimpan String ke EEPROM Arduino

Tipe data ‘string’ sudah didukung oleh Arduino sejak versi 1.6.x ke atas. String bisa dikatakan sebagai tipe data yang berisi kumpulan karakter. Namun untuk pemakaiannya di perangkat mikrokontroller harus hati-hati dan tepat sasaran karena penggunaan string akan sangat banyak menghabiskan memori terutama untuk string yang panjang. Di Arduino, Anda bisa menggunakan char array sebagai pengganti string. Namun karena ada beberapa kelebihan string, maka kadang kita perlu memakainya dalam sketch kita.

Artikel kali ini akan membahas tentang Cara Membaca-Menyimpan String ke EEPROM Arduino yang merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya, ini dan itu. Artikel ini juga terinspirasi dari artikel ‘Bekerja dengan Variabel String di Arduino‘. Tutorial di bawah langsung ke pemakaian script ya, jadi tidak lagi membahas library EEPROMEx.h, cara instalasi, cara penggunaan, dsb. Silahkan dibaca artikel pengantarnya pada link-ink artikel di atas.

Cara Menyimpan String ke EEPROM Arduino

Seperti yang saya utarakan sebelumnya, untuk memudahkan pengelolaan EEPROM di Arduino, salah satu alternatif library yang cukup powerful adalah EEPROMEx.h. Dengan mendeklarasikan library ini ke dalam sketch Anda, maka Anda akan dapat dengan mudah menyimpan integer, longInt, float, double, char array, dll ke EEPROM. Namun untuk langsung menyimpan variabel string tidak bisa. Anda harus mengubah dulu variabel string menjadi char array, baru bisa disimpan ke EEPROM. Contoh pemakaian:

Cara Membaca String dari EEPROM Arduino

Kebalikan dari langkah di atas, untuk membaca string dari EEPROM Arduino tidakah bisa langsung dilakukan, karena data yang tersimpan di EEPROM Arduino adalah tipe char array. Jadi Anda harus baca dulu data char array di EEPROM baru kemudian diubah ke string. Berikut contoh penggunaannya.

Demikian sedikit contoh cara Membaca-Menyimpan String ke EEPROM Arduino, semoga bermanfaat. Berhati-hatilah menggunakan variabel string di Arduino. Sayangi memori-mu 🙂

Incoming search terms:

baca string

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!