Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Pengertian Arduino Adalah …..

Arduino adalah papan elektronik open source yang berisi mikrokontroller dan rangkaian pendukungnya, yang dapat diprogram dan digunakan untuk mengendalikan sesuatu (interfacing) melalui port-port-nya. Ini pengertian Arduino menurut saya ya, seorang hobbyist dan praktisi elektronik dan mikrokontroller, technopreneur, sekaligus penulis buku dari Indonesia. Sekarang coba kita bandingkan dengan pengertian Arduino menurut pakar di luar sono. Saya bantu Anda menarik kesimpulan dari beberapa premis di bawah ini.

Definisi Arduino Adalah

Menurut web resmi Arduino (www.arduino.cc), Arduino adalah “sebuah platform elektronik open source berbasis pada hardware dan software yang mudah digunakan”

Menurut Wikipedia, Arduino adalahproject open source berbasis kit mikrokontroller untuk membangun perangkat digital dan objek interaktif yang dapat menyensor dan mengendalikan perangkat lain”

Menurut sparkfun (toko elektronik internasional), Arduino adalahplatform open source yang digunakan untuk membangun project elektronik. Arduino terdiri dari papan rangkaian yang dapat diprogram (hardware) dan dan perangkat lunak (software)

Demikian beberapa definisi/pengertian Arduino dari para pakar dunia, yang saya sarikan dari internet. Kalau kita perhatikan dari beberapa definisi di atas, semuanya relatif sama dengan kata kunci sebagai berikut :

– open source

– mikrokontroller

– dapat diprogram

– hardware dan software

Nah, 4 kata kunci diatas dapat menjawab pertanyaan Anda, tentang apa sebenarnya ‘Arduino’ itu. Jadi, kalau kita ambil kesimpulan,

Arduino adalah sebuah sebuah project open source, terdiri dari mikrokontroller (dan rangkaian pendukungnya), dapat diprogram, dan terdiri dari hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak)

Jadi kurang lebih demikianlah pengertian ‘Arduino’.

Lebih lanjut dengan Arduino

Jika Anda sudah mulai tercerahkan tentang kata ‘Arduino’, ada baiknya kita lanjut untuk penjelasan berikutnya. Mari coba kita dalami lebih lanjut tentang hardware dan software-nya.

Hardware Arduino

Arduino berwujud sebuah papan elektronik dengan rangkaian sistem minimum mikrokontroller di dalamnya. Mikrokontroller yang digunakan adalah AVR produk dari Intel. Beberapa mikrokontroller yang sering digunakan adalah ATmega168, ATMega328 dan ATMega2560, tergantung dari tipe papan elektronik yang digunakan. Contoh, Arduino Uno, Nano dan Pro Mini, menggunakan mikrokontroller ATmega328, sedangkan Arduino Mega menggunakan mikrokontroller jenis ATMega2560. Selain menggunakan mikrokontroller AVR ATMega series, ada juga papan Arduino yang menggunakan mikrontroller ARM (contoh: Arduino Due, Arduino Zero), dan Atheros (contoh: Arduino Yun).

tipe-papan-arduino-belajar-arduino-bagi-pemula

Berikutnya, mari kita coba pelajari bagian-bagian dari papan Arduino. Berhubung tersedia begitu banyak macam papan Arduino, saya akan contohkan papan Arduino yang sering digunakan, yaitu Arduino Uno. Berikut adalah bagian-bagian dari papan Arduino Uno, yaitu:

  1. Pin digital
  2. Pin analog
  3. Pin power (5V, 3,3V, Ground, Vin, VREF/tegangan referensi)
  4. Port ICSP
  5. Port USB
  6. Soket power
  7. Tombol reset

pengertian-arduino-adalah-bagian-bagian-arduino-uno

Software Arduino

Berikutnya, setelah mengenal hardware Arduino, kita harus menguasai software yang digunakan. Ada dua macam ‘software’ yang berada dalam lingkup Arduino, yaitu

– Aplikasi Arduino IDE (Integrated Development Environment)

– ‘sketch’ dalam bahasa pemrograman C

Aplikasi Arduino IDE adalah aplikasi gratis dari arduino.cc yang digunakan untuk mengelola semua hal yang berhubungan dengan Arduino. Termasuk di dalamnya adalah membuat, menyimpan, memanggil file program Arduino (disebut juga ‘sketch’ dengan ekstensi ‘.ino’) dan meng-upload file sketch ke mikrokontroller. Jadi setidaknya, Anda harus mengetahui bagian-bagian dari aplikasi Arduino IDE ini agar dapat memudahkan pekerjaan Anda bersama Arduino.

bagian-bagian-arduino-ide-pengertian-arduino-adalah

Sedangkan ‘sketch’ adalah program Arduino dalam bahasa C yang harus diisikan (di-upload menggunakan Arduino IDE) ke dalam IC mikrokontroller, agar Arduino bekerja berdasarkan keinginginan kita (misalnya menyalakan lampu dari jarak jauh, mengendalikan suhu ruang, dll). Sebuah sketch, minimal harus memiliki dua blok program, yakni void setup {} untuk menginisialisasi program dan atau variabel pendukung, dan void loop {} yang berisikan program utama. Berikut ini adalah contoh sketch sederhana untuk menyalakan internal LED di pin 13 papan Arduino Uno secara berkedip (blinking)

Demikian sedikit definisi/pengertian Arduino, semoga dapat menggugah semangat Anda untuk semakin memperdalam pengetahuan tentang Arduino. Saya pikir artikel di atas sudah lebih dari cukup untuk mengenalkan ‘apa sih sebenarnya Arduino itu?’ Jika Anda berniat untuk memperdalam Arduino, Anda dapat membeli buku saya, ‘Mudah Belajar Mikrokontroller dengan Arduino’. Buku ini saya desain agar mudah dipahami pembaca yang akan menuntun Anda untuk menguasai Arduino secara bertahap. Jika tertarik, silahkan kunjungi link ini (belajar arduino) atau dengan menekan tombol berikut:

Selamat berkarya dan salam Arduino 🙂

 

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!