Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Cara Menangani Motor Servo DS04-NFC dengan Arduino

Motor servo adalah motor yang memiliki feedback sensor yang melaporkan posisi/sudut putaran motor saat berputar. Nah, berangkat dari pengertian ini yang awalnya yang membuat saya ‘tertipu’ 🙁 . Kalo motor DS04 ini nama pasarannya adalah ‘motor servo’ DS04-NFC. Tetapi pada kenyataannya, motor tipe ini tidak memiliki feedback sensor yang dapat dibaca untuk mengetahui posisi putaran saat ini. Feedback sensor ini dapat berupa potensiometer atau encoder yang berlubang-lubang yang dibaca dengan optocoupler. Motor DS04 ini saya buka casing-nya ternyata tidak memiliki keduanya. Jadi istilah yang tepat untuk tipe motor ini adalah motor ‘continous rotation’ 3600.

Spesifikasi Motor ‘Servo’ DS04-NFC

Motor DS04 ini memiliki spesifikasi teknis sebagai berikut:

-Torsi: 5.5 kg/cm (at 4.8 V)
-Kecepatan: 0.22SEC/60 (at 4.8 V)
-Tegangan kerja: 4.8V‐6V
-Suhu: 0C ‐60C
-Arus: < 1000mA
-Berat: 38g
-Dimensi: 7.4 x 1.7cm

Cara Mengendalikan Motor DS04 – Arduino

Untuk mengendalikan motor DS04 dengan Arduino caranya cukup mudah. Tapi ingat ya, motor ini bukan motor servo, jadi cara pengendaliannya juga berbeda dengan motor servo. Kalau motor servo, Anda cukup mengeluarkan perintah servo.write (sudut_tujuan) untuk menggerakkan motor ke sudut tujuan (contoh: servo.write (90) untuk menggerakkan motor ke sudut 900). Nah, untuk motor ‘servo’ DS04-NFC ini cara pengendaliannya berbeda. Anda harus mengeluarkan pulsa PWM dengan duty cycle tertentu. Duty cycle tersebut adalah sebagai berikut:

2000 : putar kanan (clockwise = CW)

1500 : berhenti

1000 : putar kiri (counter clockwise = CCW)

Jika Anda memberikan pulsa PWM dengan nominal 1000, maka motor DS04 akan terus berputar (continous rotation) ke kiri. Motor ini akan terus berputar sampai Anda mengeluarkan pulsa PWM dengan duty cycle 1500. Sampai di sini sudah terlihat dengan jelas perbedaannya dengan motor servo bukan?

Gambar Rangkaian Motor DS04-NFC – Arduino

Untuk mulai percobaan motor DS04 dengan Arduino, silahkan hubungkan keduanya dengan konfigurasi sebagai berikut :

Arduino Motor DS04-NFC
5V merah
Gnd hitam
9 putih

cara-menangani-motor-servo-ds04-nfc-dengan-arduino

Sketch Motor DS04-NFC – Arduino

Dari sisi software-nya, untuk mengeluarkan pulsa PWM dengan duty cycle tertentu, Anda dapat menggunakan perintah ‘writeMicroseconds (duty_cycle)’. Berikut ini adalah contoh mengendalikan motor DS04-NFC dengan Arduino. Jika Anda meng-upload source code di bawah, maka motor DS04 Anda akan berputar ke kanan (CW) selama 5000 milidetik (5 detik), berputar ke kiri (CCW) selama 3000 milidetik kemudian berhenti

Demikian sedikit tutorial Cara Menangani Motor ‘servo’ DS04-NFC dengan Arduino. Anda dapat mengembangkan source code/sketch di atas sesuai dengan kebutuhan Anda. Motor DS04-NFC ini cocoknya untuk aplikasi yang membutuhkan putaran motor yang kontinyu (> 3600). Contohnya adalah untuk menggerakkan robot atau smart car. Motor ini tidak cocok untuk aplikasi yang membutuhkan akurasi posisi motor berdasarkan sudut putaran. Untuk kebutuhan seperti ini Anda harus menggunakan motor servo yang sebenarnya. Pada tutorial berikutnya, akan saya sajikan cara memodifikasi motor DS04-NFC menjadi motor servo ‘sejati’ 😉 . Stay tune on this blog. 

Incoming search terms:

cara kontrol servo 360 arduino, mengatur putaran motor dc dengan PWM arduino, memprogra servo kontinyu dengan arduino, listing motor servo 1500 (45 * 10) = 1950, kontrol servo kontinyu 360 di arduino, Keterangan kabel motor servo ds04-nfc, ds04-nfs, cara memperbaiki servo ds04-nfc, Cara Kontrol sudut servo motor ds04-nfc, sudut ds04
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!