Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

5 Menit Menangani Motor Servo dengan Arduino

Motor servo adalah motor DC yang memiliki output umpan balik yang menunjukkan posisi putaran motor. Motor servo banyak digunakan sebagai aktuator yang membutuhkan posisi putaran motor yang presisi. Jika motor DC biasa hanya dapat dikendalikan kecepatannya dan arah putaran, maka motor servo ini ada satu tambahan besaran parameter yang dapat dikendalikan, yakni posisi berdasarkan sudut/derajat.

Pada tutorial kali ini saya akan mencontohkan eksperimen dengan motor servo tipe mikro (micro servo) yang banyak beredar di pasaran. Motor servo ini disebut micro servo karena memang ukurannya yang kecil dan memutuhkan arus/tegangan yang kecil. Spesifikasinya kurang lebih sebagai berikut :

– tegangan kerja : 4,8 – 6 Vdc
– torsi : 1,6 kg/cm
– arus : < 500 mA
– dimensi : 22 x 12,5 x 29,5 cm
– berat : 9 gr
– kecepatan putaran: 0,12 detik/60 derajat

Untuk menangani motor servo menggunakan Arduino caranya cukup mudah, bahkan mungkin Anda dapat melakukannya kurang dari 5 menit saja! Kuncinya terletak pada library ‘Servo.h’ yang sudah disediakan Arduino. Dengan mendeklarasikan library ini, Anda dapat menciptakan sebuah objek yang memiliki method ‘write(derajat)’ dengan parameter ‘derajat’ berupa besaran sudut putaran yang dituju. Untuk produk di atas, sudut putaran yang dapat dituju maksimal adalah 1800, jadi Anda memiliki range sudut putaran antara 00 s.d 1800 yang dapat ditempuh motor servo tipe ini. Dengan menggunakan motor servo ini kita sudah tidak berbicara lagi mengenai putar searah (CW) atau berlawanan arah jarum jam (CCW) tapi sudut 00, 450, 900 dan seterusnya sampai dengan 1800. Jadi jika Anda mengeluarkan perintah myservo.write (90); setelah myservo.write (0); maka motor servo akan bergerak berlawanan arah jarum jam. Namun jika Anda mengeluarkan perintah  myservo.write (90); setelah perintah myservo.write (180); maka otomatis motor servo akan bergerak searah jarum jam. Jadi posisi 00 s.d 1800 sudah ditentukan oleh kontroller internal motor servo, dan Anda cukup memberikan perintah pada sudut mana motor akan berputar melalui perintah myservo.write (derajat);

Untuk memulai eksperimen, siapkan komponen-komponennya sebagai berikut :

– Arduino (Uno atau yang lain). Kali ini saya menggunakan Arduino Mega, kebetulan Arduino Uno-nya sedang dipake untuk project yang lain he he he.
– kabel jumper (3 buah)
– Motor servo (misalnya tipe micro servo)

motor servo tipe micro

Untuk motor servo, jika Anda menggunakan tipe yang sama dengan punya saya maka Anda akan mendapati tiga buah kabel :

– Warna merah adalah kabel power, dihubungkan ke pin 5V Arduino
– Warna hitam/coklat adalah kabel ground, dihubungkan ke pin Gnd Arduino
– Warna orange  adalah kabel data/perintah, dihubungkan ke pin 9 Arduino (bisa diganti pin yang lain)

Kemudian jumper antara motor servo dan Arduino dengan konfigurasi seperti di atas atau bisa juga dilihat pada gambar di bawahgambar rangkaian motor servo dengan arduino

Kurang lebih prototipe rangkaian adalah seperti gambar di bawah

prototipe rangkaian motor servo dengan arduino .png

Setelah prototipe rangkaian selesai dibuat, kini saatnya mengisi program/sketch handlernya ke Arduino. Salin sketch Arduino di bawah ke Arduino IDE Anda, dan upload-lah ke Arduino. Jika belum tahu caranya bisa dibaca di artikel ini.

Setelah sketch diupload ke Arduino dan jika koneksi wiring Anda sudah benar, maka seharusnya motor servo sekarang akan berputar ke posisi yang dituliskan dalam sketch dengan jeda sekitar 1 detik. Perhatikan bahwa motor akan berputar searah/berlawanan arah jarum jam secara otomatis untuk menuju posisi yang ditulis dalam sketch dari posisi terakhirnya.

Incoming search terms:

program motor servo dengan arduino, motor servo arduino, mengatur kecepatan servo arduino, rangkaian servo arduino, program servo menggunakan arduino, contoh program servo arduino, program motor servo menggunakan arduino, program arduino uno motor servo, kabel motor servo, contoh program motor servo arduino
61 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!