Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Cara Membaca Tombol Keypad dengan Arduino

Keypad adalah kumpulan tombol numerik atau alfanumerik dengan jumlah tombol yang terbatas. Keypad numerik hanya berisi tombol karakter angka, dari 0 – 9, sedangkan keypad alfanumerik sama dengan keypad numeric dengan ditambahi karakter alphabet A – D. Kedua tipe keypad ini dilengkapi dengan spesial karakter ‘*’ dan ‘#’. Dengan demikian, sebuah keypad numerik akan berisi 12 karakter (12 tombol), sedangkan keypad alfanumerik terdiri dari 16 karakter (16 tombol). Inilah yang membedakannya dengan keyboard, yakni sekumpulan tombol dengan karakter alfanumerik (plus spesial karakter) yang lebih banyak variasinya sesuai dengan standar ASCII.

Pembacaan Tombol Keypad dengan Teknik Scanning

Berdasarkan penjelasan di atas, akan dibutuhkan 12 atau 16 pin I/O untuk menangani input dari keypad. Namun dengan teknik scanning, Anda dapat menghemat pembacaan keypad. Caranya adalah dengan membuat matriks keypad berdasarkan kolom dan baris, kemudian membaca ‘koordinat’ kolom dan baris yang ditekan dengan teknik scanning. Berikut ini adalah ilustrasinya

keypad-4x4-pinout-matriks-keypad-teknik-scanning

Berdasarkan gambar di ataslah, kemudian muncul istilah keypad 3×4 (3 kolom x 4 baris) untuk keypad numerik, keypad 4×4 (4 kolom x 4 baris) untuk keypad alfanumerik.

Perhatikan lagi gambar di atas. Perhatikan bahwa keypad numerik hanya akan membutuhkan 7 pin, sedangkan keypad alfanumerik hanya akan membutuhkan 8 pin saja. Cukup menghemat pin I/O, bukan? Ini akan sangat membantu jika Anda menggunakan tipe papan Arduino dengan jumlah pin I/O terbatas seperti Arduino Uno, Nano, Pro Mini, dsb.

Cara Membaca Tombol Keypad dengan Arduino

Untuk membaca keypad dengan Arduino caranya sangat mudah. Bersyurkurlah kita, karena sudah disediakan library khusus untuk menangani keypad dengan Arduino, yakni library ‘keypad.h’. Library ini termasuk library ‘Hardware abstraction’ (HAL = Hardware Abstraction Library), yakni library siap pakai yang ‘menutupi’ fungsi-fungsi penanganan hardware dasar seperti tombol, keypad, LED, dsb sehingga programmer dapat lebih fokus ke tujuan pemrograman bukan lagi membangun program dari awal. Diharapkan dengan adanya HAL ini dapat lebih mempercepat dan memudahkan programmer dalam membangun sebuah sistem.

Alat dan bahan

  1. Arduino Uno
  2. Keypad 4×4
  3. Kabel jumper Male to Male 8 pcs

Gambar Rangkaian Keypad – Arduino

Berikutnya hubungkan keypad Anda (saya menggunakan keypad 4×4) dengan Arduino seperti gambar di bawah. Jangan sampai kebalik pin kolom dan barisnya ya… (lihat gambar di atas)

cara-membaca-tombol-keypad-dengan-arduino

Sketch Keypad – Arduino

Pertama kali, download dan install library ini melalui library manager di menu Sketch-Include Library-Manage Library. Kemudian ketik ‘keypad’ di kotak search dan pilih library ‘KEYPAD’. Installah library tersebut dengan menekan tombol ‘INSTALL’.

library-keypad-arduino-library-manager

Selanjutnya isikan sketch berikut ke Arduino Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah penyesuaian pin kolom dan baris jika menggunakan pin I/O yang lain, atau jika menggunakan tipe keypad yang lain (misal keypad 3×4)

Udah, gitu doang. Udah jadi kok :). Gimana? Mudah bukan? Untuk mengetahui hasilnya, silahkan buka jendela Serial Monitor Anda melalui menu Tools-Serial Monitor. Kemudian tekan sembarang tombol di keypad Anda, dan perhatikan karakter yang muncul di jendela Serial Monitor.

serial-monitor-keypad-arduino

Demikian sedikit tutorial tentang cara membaca tombol keypad dengan Arduino, semoga bermanfaat unutk Anda. Keypad ini dibutuhkan untuk aplikasi atau sistem yang membutuhkan masukan (input) karakter yang tidak terlalu banyak, seperti tombol ATM, password akses pintu, dll. Kalau menggunakan keyboard malah terlalu ribet, bukan? 🙂

Incoming search terms:

arduino dengan keypad, saptaji com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!