Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Solusi Aplikasi Tidak Terpasang di Android 8.0 Oreo

Perjalanan Android sekarang sudah memasuki versi 8 yang sering disebut sebagai ‘Oreo’. Ya, versi Android memang sering diistilahkan makanan-makanan ringan, seperti Android ‘Ice Cream Sandwich’ (Android 4.0),  ‘KitKat (Android 4.4), ‘Marshmallow’ (Android 6.0), ‘Nougat’ (Android 7.0), dst. Tampaknya orang-orang Google punya ide-ide brilian saat brainstorming pas makan siang di kantin, he he.

versi android

Makin ke sini, tampaknya system keamanan android semakin diperkuat. Terbukti di Android 8.0 ini susahnya minta ampun kalau mau install aplikasi dari build Android Studio. Barangkali catatan kecil saya ini bermanfaat buat yang sedang kebingungan mencari ‘Solusi Aplikasi Tidak Terpasang di Android 8.0 Oreo’. Indikasinya muncul warning ‘Apl tidak terpasang’ atau dalam Bahasa Inggris ‘App not installed’ saat kita mau install aplikasi yang tidak berasal dari Google Play (misal dalam case saya ini adalah ketika saya mau install APK hasil dari build Android Studio dan di copy ke sd card).

apl tidak terpasang

Berhubung sistem android Oreo ini masih baru saya agak kesulitan mencari menu bagaimana men-disable sistem keamanan Android sementara untuk memenuhi kebutuhan saya. Menu-menunya sedikit berbeda dengan versi Android sebelumnya. Setelah sedikit trial and error, akhirnya nemu deh. Oke, tanpa basa basi berikut ini langkah-langkah menginstal apk di Android 8 Oreo (hp saya Samsung A8)

Dari menu ‘Pengaturan’ atau ‘Setting’ pilih menu ‘Google’

solusi apl tidak terpasang - pilih google

Kemudian pilih ‘Keamanan’ atau ‘Security’

solusi apl tidak terpasang - pilih keamaanan

Pilih ‘Google Play Protect’

solusi apl tidak terpasang - pilih google play protect

‘Off’-kan (disable) option ‘Pindai perangkat untuk mengetahui ancaman keamanan’

solusi apl tidak terpasang - off kan pindai perangkat

Sekarang coba instal kembali APK Anda

apl terpasang - done

Demikian solusi Aplikasi Tidak Terpasang di Android 8.0 Oreo, semoga bermanfaat buat yang sedang mencari informasi tersebut.

Catatan : untuk aplikasi saya di atas (upload video dari android ke server php online) membutuhkan ijin (permission) untuk mengakses storage. Untuk mengaktifkan ijin secara manual, dapat melalui menu ‘Pengaturan – Aplikasi’ kemudian cari aplikasi yang dimaksud, kemudian ‘enable’ ijin yang tersedia

menu pengaturan - aplikasi

pilih opsi ‘Izin’

menu pengaturan - aplikasi - ijin aplikasi

kemudian enable izin yang tertampil di situ

menu pengaturan - aplikasi - ijin aplikasi - enable izin

Tutorial selanjutnya akan saya share coding aplikasi upload video dari smartphone Android ke web server php

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Content is protected !!