Memulai Projek Pertama dengan Android Studio IDE

Pernahkah Anda berpikir bagaimana membuat aplikasi seperti Shopee, Grab, Gojek dan aplikasi lain yang bisa diakses melalui smartphone Anda? Aplikasi – aplikasi tersebut dibuat menggunakan beberapa software dan bahasa pemrograman oleh tim programmer/developer. Salah satu software yang cukup terkenal adalah Android Studio IDE. Software ini digunakan untuk membangun sebuah aplikasi android secara native dengan menggunakan beberapa bahasa pemrograman seperti Java dan Kotlin.

Dalam artikel ini kita akan membahas langkah – langkah memulai projek pertama di Android Studio IDE. Namun sebelum masuk ke langkah – langkahnya ada baiknya kita persiapkan terlebih dahulu beberapa tool yang dibutuhkan seperti :

  1. Laptop dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh Developer Android.  dalam artikel ini penulis menggunakan Windows 10 dan RAM 8 GB
  2. Android Studio IDE yang telah terinstal
  3. Satu buah smartphone Android
  4. Kabel USB
  5. Koneksi Internet

Setelah beberapa tool diatas sudah disiapkan, yuk langsung aja ke langkah – langkahnya :

  1. Pertama – tama pastikan koneksi internet telah di aktifkan

2. Buka Android Studio IDE

3. Tunggu hingga muncul tampilan seperti dibawah ini, Kemudian pilih New Project

4. Akan ada beberapa pilihan Activity. Pilih Empty Activity > Next untuk memulai project kosong.

5. Beri nama projek pertama sesuai yang Anda inginkan di form name. Perlu diperhatikan kaidah penulisan nama projek selalu diawali dengan huruf kapital. Pastikan nama package selalu menggunakan setidaknya satu (.).

6. Kemudian tentukan lokasi penyimpanan projek Anda dan bahasa yang akan digunakan nanti. Pada artikel ini menggunakan bahasa pemrograman Java. Selanjutnya tentukan target SDK minimal yang nantinya aplikasi Anda akan berjalan.

7. Setelah semua nya terisi klik Finish dan tunggu hingga muncul halaman awal seperti dibawah ini :

Untuk projek awal akan memakan waktu cukup lama hingga Android Studio IDE siap digunakan, tergantung spesifikasi laptop yang digunakan. Pada saat Android Studio IDE mempersiapkan lembar kerja pastikan koneksi internet juga sudah diaktifkan, karena dalam mempersiapkan lembar kerja tersebut Android Studio IDE mendownload sistem yang disebut Gradle

8. Nah Android Studio IDE sudah siap untuk digunakan. Dihalaman lembar kerja Anda akan diperlihatkan 2 file yang otomatis terbuka yaitu activity_main.xml yang digunakan untuk membuat tampilan dan MainActivity.java untuk membuat script programnya.

9. Untuk menjalankan program yang telah dibuat bisa dengan emulator yang telah disediakan Android Studio IDE atau bisa juga dengan device langsung yaitu dengan smartphone android. Dalam artikel ini menggunakan device langsung dikarenakan akan lebih ringan. Untuk menggunakan device langsung ada beberapa langkah agar bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi buatan kita diantaranya :

  • Masuk ke Settings android di smartphone Anda. Kemudian aktifkan Developer options/Opsi pengembang. Biasanya harus mengetuk serial number smartphone sebanyak 3 kali.
  • Kemudian masuk ke System > Developer options.
  • Aktifkan USB debugging dan smartphone Anda akan otomatis terdeteksi di Android Studio IDE.

Namun ada beberapa kasus dimana laptop kita tidak bisa mendeteksi cara mengatasinya adalah dengan memastikan Android USB  driver sudah terpasang di laptop Anda.

Nah jika Anda sudah berhasil sampai tahap akhir yaitu menjalankan program maka Selamat Anda telah berhasil membuat projek pertama Anda, namun jika belum Ayo lebih semangat dan teliti lagi membaca langkahnya ya.

Untuk menjadi seorang developer/programmer android hal penting yang sangat dibutuhkan adalah jam terbang yang tinggi loh. Maka dari itu belajar pemrograman android tidak bisa sampai sini saja, bertemulah banyak cobaan dan error untuk mendapatkan proses yang indah dan hasil yang memuaskan ya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *