Menginstall WordPress Menggunakan Laragon

WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang banyak digunakan oleh pengguna untuk membuat sebuah website. Bagaimana tidak, fitur dan kemudahan yang diberikan sungguh memudahkan penggunanya. Kita bisa membuat sebuah website dengan waktu yang singkat daripada kita membuat nya secara manual.

                WordPress sendiri ditemukan pada 27 Mei 2003 dan dikembangakan oleh dua orang developer yaitu Matt Mullenweg dan Mike Little dengan basis bahasa pemrograman menggunakan PHP.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menginstall wordpress kita secara lokal adalah menggunakan software yang bernaama Laragon. Kenapa saya memilih laragon, karena laragon lebih memudahkan kita dalam menginstall wordpress. Meskipun ada banyak alternatif lain yang bisa kita gunakan, yaitu menggunakan XAMPP. Tetapi menggunakan XAMPP tidak semudah saat kita menggunakan Laragon.

Download & Install Laragon

Pertama kita harus mendownload laragon. Kita bisa mendownload nya di situs resmi milik Laragon

Disini saya mendownload laragon yang versi full. Klik download dan tunggu hingga proses download selesai.

Jika ada notifkasi “next” klik saja, sampai proses instalasi selesai. Maka Akan tampil seperti ini jika proses instalasi berhasil.

Proses instalasi berhasil, selanjutnya ialah proses install wordpress kita.

Klik kanan pada tampilan laragon, kemudian pilih Quick App, lalu pilih WordPress.

Tetapi sebelum itu, klik start all terlebih dahulu agar proses instalasi berjalan dengan baik.

Beri nama pada project wordpress kita. Penamaan ini bebas saja. Jika sudah maka proses instalasi akan berjalan. Proses ini tidak akan memakan waktu lama.

Jika sudah, maka akan muncul tampilan seperti ini. Klik Visit site.

Maka akan diarahkan pada browser untuk melakukan proses instalasi wordpress.

Pilih bahasa. Disini saya akan menggunakan default nya, yaitu bahasa inggris.

Jika sudah klik Install wordpress. Isi data tersebut dengan baik dan benar, dan disarankan menggunakan password yang tidak terlalu sulit dan mudah untuk di ingat.

Jika sudah maka kita akan diarahkan ke halaman login wordpress.

Selamat, kita sudah berhasil menginstall wordpress menggunaan Laragon.

Bagaimana, mudah bukan. Itulah tutorial bagaimana kita menginstall WordPress menggunakan Laragon, semoga tutorial kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di lain Tutorial.

Leave a Reply