Contents
Dalam era modern seperti ini banyak sekali aplikasi yang banyak memudahkan kegiatan kita dari hal yang paling sederhana sampai yang kompleks sekalipun. Dibalik itu semua ada seorang programmer yang dapat memecahkan masalah tersebut dan membuatnya dalam suatu aplikasi yang dapat dioperasikan dengan mudah oleh pengguna. Tetapi bagaimana jika kita ingin membuat aplikasi kita sendiri. Kita mulai dengan hal yang paling sederhana saja, contohnya disini kita akan membuat aplikasi kalkulator sederhana menggunakan Java.
Untuk pembuatan aplikasi ini sendiri saya menggunakan media berupa software yang bernama Intelij Idea. Software ini sendiri merupakan IDE yang banyak digunakan oleh programmer. Ini dikarenakan fitur dan kemudahan yang diberikan sungguh menarik, dengan software ini kita tidak hanya dapat membuat program Java, tetapi juga sudah mendukung Kotlin yang digunakan untuk pembuatan aplikasi android.
Sebelum masuk ke pembuatan program, kita harus mengetahui apa itu IDE. Integrated Development Environment (IDE) sendiri merupakan sebuah lingkungan pemrograman berbasis komputer yang memiliki beberapa tools atau perangkat untuk membuat perangkat lunak. Berikut beberapa fitur utama dari IDE:
- Text Editor yang user friendly dan mudah digunakan
- Syntax dapat dibedakan dengan mudah
- Code Completion yang sangat powerful
- Compiling code yang mudah dibandingkan tanpa menggunakan IDE
Itulah beberapa dari keuntungan dari penggunaan IDE. Selanjutnya kita akan memasuki di tahap pembuatan Kalkulator kita
Langkah Pertama, Download Intellij Idea
Kita dapat mengunduhnya melalui situs resmi yang sudah disediakan, yaitu jetbrains.com/idea/download
Terdapat dua pilihan opsi untuk mengunduh software tersebut, jika kita tidak mau membayar kita tinggal pilih opsi download yang Community Atau jika kita ingin membutuhkan sebuah IDE yang powerful, kita tinggal pilih opsi download yang ultimate. Perbedaan keduanya juga sudah dijelaskan pada website tersebut. Jika sudah terdownload kita tinggal install saja hasil download kita.
Seperti itulah tampilan jika kita sudah berhasil mengunduh Intellij Idea kita.
Langkah Kedua, Membuat Projek Baru
1. Jika sudah, klik tombol “New Project”
2. Pilih Java, kemudian klik Next, seperti yang terlampir pada gambar di bawah ini.
3. Pastikan kita sudah memilih “Create project form template” seperti gambar di bawah ini. Lalu klik Next.
4. Beri nama project di bagian “Project Name” untuk bagian yang lainnya tidak usah diganti-ganti, jika sudah klik “Finish” dan tunggu. Akan muncul seperti gambar di bawah ini.
Langkah Ketiga, Membuat Kalkulator Sederhana
package com.company; import java.util.Scanner; public class Main { public static void main(String[] args) { String pilih_operasi; int nilai_a = 0; int nilai_b = 0; double hasil; Scanner input_pilihan = new Scanner(System.in); System.out.println("_______________________________"); System.out.println("PILIHAN PENJUMLAHAN ARITMATIKA: "); System.out.println("==============================="); System.out.println("1. Penjumlahan"); System.out.println("2. Pengurangan"); System.out.println("3. Perkalian"); System.out.println("4. Pembagian"); System.out.println("5. Pemangkatan"); System.out.println("_______________________________"); System.out.print("Masukkan pilihan [1/2/3/4/5]: "); pilih_operasi = input_pilihan.next(); // Logika if (pilih_operasi.equals("1")) { System.out.println("Masukkan Nilai A: "); nilai_a = input_pilihan.nextInt(); System.out.println("Masukkan Nilai B: "); nilai_b = input_pilihan.nextInt(); hasil = nilai_a + nilai_b; System.out.println("Masukkan nilai A adalah: " + nilai_a ); System.out.println("Masukkan nilai B adalah: " + nilai_b); System.out.println("Hasil penjumlahan adalah: " + hasil); } else if (pilih_operasi.equals("2")) { System.out.println("Masukkan Nilai A: "); nilai_a = input_pilihan.nextInt(); System.out.println("Masukkan Nilai B: "); nilai_b = input_pilihan.nextInt(); hasil = nilai_a - nilai_b; System.out.println("Masukkan nilai A adalah: " + nilai_a ); System.out.println("Masukkan nilai B adalah: " + nilai_b); System.out.println("Hasil penjumlahan adalah: " + hasil); } else if (pilih_operasi.equals("3")) { System.out.println("Masukkan Nilai A: "); nilai_a = input_pilihan.nextInt(); System.out.println("Masukkan Nilai B: "); nilai_b = input_pilihan.nextInt(); hasil = nilai_a * nilai_b; System.out.println("Masukkan nilai A adalah: " + nilai_a ); System.out.println("Masukkan nilai B adalah: " + nilai_b); System.out.println("Hasil penjumlahan adalah: " + hasil); } else if (pilih_operasi.equals("4")) { System.out.println("Masukkan Nilai A: "); nilai_a = input_pilihan.nextInt(); System.out.println("Masukkan Nilai B: "); nilai_b = input_pilihan.nextInt(); hasil = nilai_a / nilai_b; System.out.println("Masukkan nilai A adalah: " + nilai_a ); System.out.println("Masukkan nilai B adalah: " + nilai_b); System.out.println("Hasil penjumlahan adalah: " + hasil); } else if (pilih_operasi.equals("5")) { System.out.println("Masukkan Nilai A: "); nilai_a = input_pilihan.nextInt(); System.out.println("Masukkan Nilai B: "); nilai_b = input_pilihan.nextInt(); hasil = Math.pow(nilai_a, nilai_b); System.out.println("Masukkan nilai A adalah: " + nilai_a ); System.out.println("Masukkan nilai B adalah: " + nilai_b); System.out.println("Hasil penjumlahan adalah: " + hasil); } else { System.out.println("Pilihan tidak ada!"); } // Akhir Logika } }
Penjelasan Kode
String pilih_operasi; int nilai_a = 0; int nilai_b = 0; double hasil;
Membuat variabel dengan tipe data masing-masing. Untuk variabel “pilih_operasi” menggunakan tipe variabel string karena akan menerima masukan berupa sebuah karakter. Dilanjutkan dengan variabel “nilai_a” dan “nilai_b” yang menggunakan tipe variabel int atau integer yang hanya menerima masukan berupa angka. Berbeda dengan tipe int yang hanya menerima bilangan bulat saja, tipe double digunakan agar variabel hasil mengeluarkan hasil/output berupa nilai desimal.
Scanner input_pilihan = new Scanner(System.in); System.out.println("_______________________________"); System.out.println("PILIHAN OPERASI ARITMATIKA: "); System.out.println("==============================="); System.out.println("1. Penjumlahan"); System.out.println("2. Pengurangan"); System.out.println("3. Perkalian"); System.out.println("4. Pembagian"); System.out.println("5. Pemangkatan"); System.out.println("_______________________________"); System.out.print("Masukkan pilihan [1/2/3/4/5]: "); pilih_operasi = input_pilihan.next();
Variabel “input_pilihan” memiliki tipe data Scanner yang bertugas untuk menyimpan hasil inputan dan kemudian hasil tersebut disimpan kembali di variabel “pilih_operasi” digunakan untuk melakukan operasi matematika dan ada kaitannya dengan kode selanjutnya yaitu struktur pemilihan if else.
// Logika if (pilih_operasi.equals("1")) { System.out.println("Masukkan Nilai A: "); nilai_a = input_pilihan.nextInt(); System.out.println("Masukkan Nilai B: "); nilai_b = input_pilihan.nextInt(); hasil = nilai_a + nilai_b; System.out.println("Masukkan nilai A adalah: " + nilai_a ); System.out.println("Masukkan nilai B adalah: " + nilai_b); System.out.println("Hasil penjumlahan adalah: " + hasil); } else if (pilih_operasi.equals("2")) { System.out.println("Masukkan Nilai A: "); nilai_a = input_pilihan.nextInt(); System.out.println("Masukkan Nilai B: "); nilai_b = input_pilihan.nextInt(); hasil = nilai_a - nilai_b; System.out.println("Masukkan nilai A adalah: " + nilai_a ); System.out.println("Masukkan nilai B adalah: " + nilai_b); System.out.println("Hasil penjumlahan adalah: " + hasil); } else if (pilih_operasi.equals("3")) { System.out.println("Masukkan Nilai A: "); nilai_a = input_pilihan.nextInt(); System.out.println("Masukkan Nilai B: "); nilai_b = input_pilihan.nextInt(); hasil = nilai_a * nilai_b; System.out.println("Masukkan nilai A adalah: " + nilai_a ); System.out.println("Masukkan nilai B adalah: " + nilai_b); System.out.println("Hasil penjumlahan adalah: " + hasil); } else if (pilih_operasi.equals("4")) { System.out.println("Masukkan Nilai A: "); nilai_a = input_pilihan.nextInt(); System.out.println("Masukkan Nilai B: "); nilai_b = input_pilihan.nextInt(); hasil = nilai_a / nilai_b; System.out.println("Masukkan nilai A adalah: " + nilai_a ); System.out.println("Masukkan nilai B adalah: " + nilai_b); System.out.println("Hasil penjumlahan adalah: " + hasil); } else if (pilih_operasi.equals("5")) { System.out.println("Masukkan Nilai A: "); nilai_a = input_pilihan.nextInt(); System.out.println("Masukkan Nilai B: "); nilai_b = input_pilihan.nextInt(); hasil = Math.pow(nilai_a, nilai_b); System.out.println("Masukkan nilai A adalah: " + nilai_a ); System.out.println("Masukkan nilai B adalah: " + nilai_b); System.out.println("Hasil penjumlahan adalah: " + hasil); } else { System.out.println("Pilihan tidak ada!"); } // Akhir Logika
Pada logika if yang pertama, terdapat pengecekan yang mengindikasikan jika inputan kita bernilai 1 maka program kita akan melakukan operasi penjumlahan. Begitu pun seterusnya sampai pengecekan angka 5. Terdapat fungsi else yang akan dijalankan jika semua kondisi sebelumnya tidak berhasil atau tidak memenuhi syarat yang sudah di tentukan.
Mari kita coba jalankan program kita. Cara menjalankannya pun sangat mudah. Seperti contoh gambar di bawah ini.
Jika ada peringatan seperti dibawah ini, klik saja “Run”. Maka program kita akan di-compile dan dijalankan agar dapat menampilkan hasil yang kita buat sebelumya
Hasilnya akan seperti dibawah ini.
Masukkan angka 1-5 lalu tekan enter pada keyboard. Dan kemudian kita tinggal memasukkan angka yang ingin dihitung.
Itulah hasil dari program yang kita buat. Meskipun sederhana, setidaknya kita tahu cara atau sedikit alur dari proses perhitungan kalkulator, meskipun pada kenyataannya tidak semudah itu. Demikian tutorial ini semoga dapat membantu kita semua dalam memahami bahasa pemrograman khususnya bahasa Java ini, sekian terima kasih.