Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

AT COMMAND dan Delphi

AT Command digunakan untuk memerintahkan modem untuk mengeksekusi instruksi tertentu secara low level. AT command bukan bahasa pemrograman namun hanya sekumpulan instruksi yang ‘dimengerti’ modem. Agar proses pemberian instruksi dapat berlangsung secara otomatis, kita memerlukan bahasa pemrograman yang dapat kita desain sesuai kebutuhan. Sebenarnya kita bisa memberikan instruksi AT command secara langsung, yakni melalui program Hyper Terminal (jika Anda menggunakan Windows XP), namun instruksi yang diberikan harus kita ketikkan secara manual.

Bagaimana dengan Delphi? Agar Delphi bisa berkomunikasi dengan modem, Delphi harus bisa mengeluarkan instruksi AT command. Mari kita pelajari dulu pengetahuan dasarnya. AT command sebenarnya merupakan data instruksi, sedangkan media transmisi datanya (physical layer) adalah port USB atau  serial (COM port). Khusus untuk modem USB, sebenarnya tipe ini, drivernya akan menciptakan sebuah port serial virtual, jadi sebenarnya port USB untuk modem ini hanya berupa fisik konektornya, sedangkan protokol komunikasi yg digunakan adalah protocol serial communication (menggunakan parameter baud rate, start/stop bit, parity bit, dll).

Jadi, bila Delphi ingin mengeluarkan instruksi AT command, maka Delphi harus bisa mengeluarkan data melalui port serial terlebih dahulu (otomatis data harus mengikuti protocol serial communication). Setelah itu baru AT command-nya dienkapsulasi ke dalam data serial. Secara native Delphi tidak memiliki component yang bisa mengakses port fisik seperti port serial / parallel, beda dengan Visual Basic yang memiliki component MSCOMM untuk mengakses port serial. Namun Anda tidak perlu berkecil hati, karena di internet ada banyak sekali component gratis yang bisa diunduh sesuai keperluan.  Salah satu komponen Delphi yang gratis dan dapat digunakan untuk mengakses port serial adalah CPORT. Anda dapat mengunduhnya disini.  Setelah itu, installah komponen CPORT sesuai dengan versi Delphi Anda. Contoh : Saya menggunakan Delphi 7, maka saya instal DsgnCPort7.dpk yang di paket instalasi. Untuk menginstal komponen CPORT, silahkan anda double click file DsgnCPort7.dpk, kemudian klik tombol ‘Install’ setelah muncul jendela installernya.

Setelah itu akan muncul tab baru ‘CPortLib’ di component pallete di IDE Delphi yang berisi komponen – komponen pendukung CPORT

Setelah berhasil menginstal komponen CPORT, sekarang mari kita coba untuk mengeluarkan instruksi AT command melalui port serial virtual (karena saya menggunakan modem USB). Pertama kali, pastikan driver modem sudah terinstal dan sudah mampu menciptakan port serial virtual (dapat Anda cek di Start | Control Panel | System | Hardware | Device Manager | Ports (COM & LPT)

Pada contoh di atas modem saya menggunakan port serial 33 (COM33)

Kemudian mari kita coba contoh program Delphi yang sudah jadi untuk mencoba mengeluarkan instruksi AT command ke modem. Contoh program ini ada di folder tempat file installer yang telah Anda unduh (\\cport310\examples\delphi\ComExample.dpr). Buka file ini kemudian run melalui IDE Delphi.

Atur dulu settingan port dan baud rate seperti gambar di atas, setelah Anda menekan tombol ‘Setting’. Klik tombol ‘OK’ untuk kembali ke jendela utama. Kemudian Anda harus menekan tombol ‘Open’ untuk menginisialisasi modem melalui port serial COM33. Setelah itu coba ketikkan ‘at+cgsn’ (tanpa tanda petik) ke kotak edit dan klik tombol ‘Send’, dan lihat apa yang terjadi. Di kotak memo ada ‘balasan’ dari modem : ‘+CGSN: 353006030050355’. Inilah hasil instruksi AT command yang kita berikan ke modem. Berarti program Delphi kita sudah berhasil mengirim AT command sederhana, dan berhasil meng-capture pula hasil instruksi yang dilakukan modem. Sebagai informasi instruksi AT+CGSN adalah instruksi untuk menanyakan Serial Number modem, dan kemudian modem ‘menjawab’ pertanyaan kita dengan ‘+CGSN: 353006030050355’ (inilah serial number modem saya)

Program ini sebenarnya sama dengan program hyperterminal di Windows XP, jadi Anda masih harus mengetikkan AT command secara manual dan ketik tombol ‘Send’.

bersambung……

Incoming search terms:

at command delphi, anything, cara set apn delphi 7, delphi 7 at command huawei, saptaji com, delphi at command, cara meng otomatis numbering di delphi, at command sms delphi, at command for delphi, sniff at command modem
57 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!