Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Troubleshoot Koneksi Modem Dengan Hyperterminal

Hyperterminal merupakan software bawaan Windows XP yang fungsinya melakukan komunikasi dengan device lain melalui protocol komunikasi serial ataupun TCP/IP. Software ini sangat bermanfaat sekali untuk melakukan troubleshoot koneksi dengan modem, karena dapat melewatkan perintah AT command ke modem. Jika Anda merasa kesulitan untuk mencoba program-program Delphi yang berhubungan dengan modem yang ada di blog saya ini, ada baiknya Anda menguji modem dan AT command melalui software hyperterminal terlebih dahulu. Jika modem Anda support AT command, dan sudah bisa berkomunikasi dengan hyperterminal, saya yakin Anda tidak akan kesulitan bermigrasi ke ranah programming (Delphi atau bahasa pemrograman lain).

Hyperterminal ini dapat Anda temukan melalui menu Start | Accessories | Communications | HyperTerminal.

Setelah itu akan muncul window sebagai berikut. Tulis nama ‘New Connection’ dengan ‘tes modem’

Berikutnya Anda akan diminta untuk memasukkan tipe koneksi. Pilih option ‘Connect using:’ dengan COM Port dimana modem Anda menciptakan virtual serial port. Sebagai contoh modem saya berada di COM42.

Catatan : Untuk melihat virtual serial port yang diciptakan driver modem, Anda perlu menuju Device Manager | Port (COM & LPT)

Langkah berikutnya adalah melakukan setting parameter koneksi serial. Secara umum semua tipe modem mendukung baudrate 9600. Oleh karena itu tekan saja tombol ‘Restore default’

Catatan : Jika Anda menggunakan modem wavecom, settinglah baudrate di 115200, karena factory setting modem ini ada di angka tersebut.

Setelah selesai setting parameter, maka window hyperteminal akan muncul. Ketikkan ‘at’ (tanpa tanda petik) dan tekan tombol enter

Jika hyperterminal sudah terhubung dengan modem, maka dalam window hyperterminal akan mendapat ‘jawaban’ dari modem dengan tulisan ‘OK’.  Jika tulisan ‘at’ tidak muncul di window hyperterminal, tidak usah khawatir, karena mungkin secara default memang tidak diaktifkan fitur echo command-nya. Untuk mengaktifkan fitur echo (pengulangan/penulisan command) ketikkan ‘ate’ tekan enter. Setalah itu ketik ‘at’ lagi untuk meyakinkan proses pengaktifan echo telah berhasil. Seharusnya tulisan ‘at’ sekarang sudah muncul.

Untuk lebih meyakinkan lagi bahwa hyperterminal sudah bisa melakukan komunikasi dengan modem, ada baiknya Anda mengetikkan command sebagai berikut :

At+cgmi (menanyakan manufacturer modem)

At+cgsn (menanyakan serial number modem)

Perhatikan ‘jawaban’ dari modem, apakah sudah sesuai dengan data modem Anda, jika sesuai berarti modem Anda  support AT command dan siap diprogram dengan Delphi (atau bahasa pemorograman yang lain). Selamat mencoba

Incoming search terms:

cara setting hyperterminal, modem wavecom tidak konek, cara reset modem melalui hyperterminal, alasan mengapa tidak muncul tulisan di hyperterminal setelah connect, modem bs konek mengggunakan hyperterminal, menguji modem wavecom serial dengan hyperterminal, modem wavecom serial error untuk kirim sms, mengapa hiper terminal tercetak huruf atau kata yang tidak seharusbya, moden wavecom tidak bisa konek, masalah koneksi hyperterminal
35 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!