Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Praktek Membangun Jaringan LAN Via Kabel Listrik

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya, ‘Membangun Jaringan LAN Lewat Kabel Listrik dengan PLC (Power Line Carrier)‘. Nah, pada artikel kali ini akan coba jelaskan secara lebih detail bagaimana membangun jaringan LAN sederhana melalui kabel listrik dengan mempraktekkannya langsung. Sebagai pengantar, data, dalam hal ini menggunakan protokol TCP/IP akan dimodulasi melalui jaringan kabel listrik menggunakan teknologi PLC (Power Line Carrier). Anda dapat membuat sendiri alatnya atau kalau ingin tinggal beli modemnya seharga kurang lebih 300-400 ribu di toko-toko komputer terdekat.

Untuk persiapan, sediakan 2 modem PLC, 2 buah laptop, 2 kabel UTP sebagai bahan percobaan. Kita akan membangun sebuah jaringan LAN sederhana dengan topologi Point to Point (P2P/PTP) antara 2 laptop. Cara menguji dua laptop ini apakah sudah terhubung secara LAN cukup sederhana, yakni dengan saling menge-PING antara keduanya. Baiklah, mari kita mulai percobaannya.

Praktek Membangun Jaringan LAN Via Kabel Listrik

1. Pasang modem PLC di soket listrik. Antar modem boleh berdekatan, boleh berjauhan, yang terpenting adalah masih berada di bawah jaringan trafo induk yang sama.

modem PLC

2. Setting IP laptop sebagai berikut

IP laptop 1 : 192.168.1.1

IP laptop 2 : 192.168.1.2

Netmask keduanya sama yakni 255.255.255.0

setting ip di win 7

Cara setting IP laptop udah pada tahu kan? Jika Anda menggunakan Windows 7, Anda dapat menyetting IP laptop melalui Control Panel | Network and Sharing Center | Change Adapter Setting (sebelah kiri) | Local Area Connection (klik ganda) | Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).

Kedua laptop disetting berada di subnet class yang sama agar bisa langsung berkomunikasi jika physical layer-nya sudah establish.

3. Plug in kabel UTP yang udah jadi (beli aja yang udah jadi ya, daripada bikin sendiri malah jadi repot he he) masing-masing dari modem ke port RJ45 (LAN) di laptop. Ohya, tipe kabel sebaiknya yang straight, kalau yang cross saya belum pernah coba.

plugin kabel lan ke laptop

Praktek Membangun Jaringan LAN Via Kabel Listrik

4. Sampai dengan langkah di atas, sebenarnya kedua laptop sudah saling terhubung secara LAN melalui kabel listrik. Langkah berikutnya adalah menguji jaringan topologi PTP yang tadi kita bangun, dengan cara saling menge-ping antara keduanya. Caranya, pada kotak search tepat di atas START menu ketik ‘cmd’ (tanpa tanda petik) sampai muncul jendela command prompt. Setelah itu ping ke 192.168.1.2 dari laptop dengan IP 192.168.1.1 (dan juga sebaliknya). Harusnya ada ‘reply’ di sana jika LAN sudah establish.

 ping jaringan lan

Selesai. Selamat, Anda sudah berhasil membangun jaringan LAN via kabel listrik. Anda dapat mengembangkannya dengan jaringan yang lebih kompleks di rumah atau kantor Anda. Misalnya jika Anda berlangganan internet dari ISP, dari modem/router dapat Anda plug-in ke modem PLC, nah tiap client yang ingin terhubung internet tinggal ‘colok’ modem PLC ke soket listrik, kemudian plug-in kabel UTP dari modem PLC ke laptopnya. Karena komunikasi data via LAN yang menggunakan protokol TCP/IP maka semua service yang menggunakan TCP/IP bisa pula dilakukan, seperti file sharing, printer jaringan, VoIP, transfer file, dll. Semua dilakukan di bawah jaringan kabel listrik!. Untuk masalah kecepatan data, tergantung modemnya. Yang terbaru, modem PLC sekarang bisa mencapai 300 Mbps, lebih cepat dari Fast Ethernet yang hanya 100 Mbps atau WIFI dengan throughput sekitar 30 Mbps. Selamat berkreasi…

Pertanyaannya, kira-kira kalau listrik mati, LAN nya masih jalan ga ya? 🙂 silahkan dijawab di komentar di bawah ……  🙂

Incoming search terms:

cara menguji jaringan lan melalui control panel, kabel utp jadi kabel listrik, bagaimana cara menguji jaringan lan melalui control panel, lan listrik, jaringan lan dengan kabel listrik, menguji jaringan lan melalui control panel, cara membuat modem langsung listrik, membangun LAN via kabel listrik, cara menguji LAN melalui control panel, bagaimana cara menguji jaringan LAN melalui control panel?
24 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!