Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Contoh Aplikasi RTC menggunakan Arduino

Arduino dapat diprogram untuk bekerja selayaknya IC RTC (Real Time Clock). Dengan demikian Anda dapat membuat sistem RTC tanpa membutuhkan hardware IC RTC. Cukup dengan membuat script handler RTC di dalam Arduino, maka fungsi-fungsi yang berhubungan dengan waktu dapat Anda dapatkan dengan mudah dan presisi.

Caranya cukup mudah, yakni dengan menggunakan library ‘Time’. Cara menginstalnya dan tempat mengunduhnya dapat Anda baca tutorialnya di artikel sebelumnya, Arduino sebagai RTC. Jika library ‘Time’ sudah berhasil terinstal di laptop Anda, Anda dapat meneruskan membaca tutorial sebagai berikut, tapi jika belum, sebaiknya dibaca dulu artikel tersebut.

Sebagai pengantar, library ‘Time’ adalah library yang memiliki fungsi-fungsi yang berhubungan dengan waktu. Library ini bukan bawaan dari Arduino, melainkan dari komunitas penggemar Arduino dan menyebarkannya secara gratis di internet. Library ini sangat bermanfaat jika Anda membutuhkan sistem waktu yang presisi seperti halnya yang Anda dapatkan jika menggunakan IC RTC semisal DS1307. Function yang berhubungan dengan waktu bawaan Arduino sebenarnya sudah ada, yakni delay (millisecond), namun kurang presisi. Sehingga kurang cocok jika Anda membutuhkan data waktu seperti jam, hari, minggu, tahun, dst. Tapi dengan adanya library ‘Time’ masalah Anda dengan mudah dan cepat akan terselesaikan, dan hebatnya lagi tanpa hardware tambahan!

Berikut ini adalah contoh penggunaan Arduino sebagai RTC. Pada aplikasi ini akan dibuat sebuah program/sketch sederhana yang digunakan untuk mengambil data jam dan tanggal dan ditampilkan ke dalam jendela Serial Port Monitor.

Buka aplikasi Arduino di laptop/komputer Anda dan isikan contoh sketch berikut ini

Berikut penjelasan script di atas :

Baris [1] : mendefinisikan library ‘Time’ di sketch Arduino

Baris [4] : menginisialisasi port serial

Baris [5] : mengeset waktu awal dari RTC. Ini dilakukan jika Arduino belum disinkronisasikan dengan waktu yang sebenarnya. Untuk sinkronisasi waktu dapat dilakukan dengan waktu komputer, IC RTC, Ethernet shield, atau GPS modul. Kapan-kapan akan saya bahas dalam modul terpisah.

Baris [9-22] : memanggil function day(), month(), year(), hour(), minute(), second() untuk mendapatkan data tanggal, bulan, tahun, jam, menit dan detik, sekaligus mengirimnya ke port serial untuk ditampilkan di jendela port Serial Monitor

Langkah berikutnya, hubungkan papan Arduino Anda dengan laptop melalui kabel USB. Upload sketch di atas dengan menekan shortcut ‘Upload’ atau dengan menekan tombol ‘CTRL+U’. Untuk mengetahui hasilnya, bukalah jendela Serial Port Monitor melalui menu Tools | Serial Monitor. Hasilnya seperti pada gambar di bawah.

contoh aplikasi RTC menggunakan Arduino

Cukup mudah bukan? Aplikasi RTC sendiri kebanyakan digunakan untuk aplikasi yang berhubungan dengan waktu seperti jam digital, pengingat waktu sholat di masjid, pengendali genset, dsb. Anda dapat memanfaatkan library ini untuk menghemat budget, space PCB dan waktu Anda. Selamat berkreasi 🙂 

Incoming search terms:

jadwal sholat pakai arduino, jam sholat arduino, jam digital arduino tanpa rtc, arduino p10 clock, Jadwal sholat arduino, fungsi rtc arduino, Aplikasi menggunakan Arduino, contoh sketch timer arduino, pengaplikasian arduino, membaca rtc arduino
Tags:
36 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!