Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

5 Menit Handling RTC DS3231/DS3232 dengan Arduino

RTC (Real Time Clock) adalah sebutan untuk IC yang menyediakan informasi waktu secara presisi mulai dari detik, menit, jam, tanggal, hari, bulan sampai dengan tahun. Ada banyak tipe IC RTC yang tersedia di pasaran, misalnya DS1307, DS1321, DS1332, dsb. Kebanyakan IC RTC yang banyak digunakan memang buatan Dallas Semiconductor. Produk mereka mudah dikenali dengan prefix ‘DS’ seperti contoh tipe IC yang saya sebutkan tadi.

Pada tutorial kali ini akan coba saya berikan contoh bagaimana melakukan handling RTC DS3231 dengan Arduino dengan waktu cukup 5 menit saja. Kalau saya bisa, tentunya Anda juga bisa kan? He he he. Mengapa dengan Arduino kita bisa membuat suatu rangkaian atau sistem? Setidaknya karena dua hal, dari sisi hardware, RTC yang tersedia di pasaran biasanya sudah dalam bentuk modul siap pakai atau shield yang kompatibel Arduino sehingga konek saja. Dan dari sisi software, sudah tersedia library yang siap digunakan untuk menangani hardware. Tinggal dipanggil saja function-function yang sudah tersedia.

Untuk percobaan, dari sisi hardware siapkan modul RTC DS3231, 4 buah kabel jumper Male to Female, dan Arduino Uno. Kemudian hubungkan antara modul RTC DS3231 dengan Arduino Uno dengan koneksi sebagai berikut :

Vcc RTC  <==> Vcc Arduino

Gnd RTC <==> Gnd Arduino

SDA RTC <==> A4 Arduino

SCL RTC <==> A5 Arduino

Catatan : modul RTC DS3231 adalah rangkaian modul RTC yang memiliki jalur komunikasi serial sinkron IIC/I2C sehingga dapat langsung dihubungkan dengan pin IIC/I2C Arduino di pin A4 dan A5.

Kurang lebih prototipe rangkaian di atas jadinya akan seperti gambar di bawah

prototipe rangkaian rtc ds3231 dan arduino

Kalo kita zoom koneksi wiring RTC DS3231 dengan Arduino, gambarnya adalah sebagai berikut (perhatikan warna kabel jumper)

wiring koneksi rangkaian rtc ds3231 dan arduino

Untuk sisi software silahkan unduh dulu library yang dibutuhkan di sini dan di sana.  Kemudian tambahkan library tersebut ke IDE Arduino. Caranya bisa di baca di sini. Jika sudah, buka program ‘TimeRTC’ melalui menu File-Examples-DS3232RTC-TimeRTC. Verify program tersebut untuk memastikan semua library sudah dapat digunakan. Jika tidak ada error, silahkan mengunggah sketch tersebut ke papan Arduino Uno. Cara mengunggah sketch bisa Anda baca disini.

Jika sudah diunggah, bukalah jendela Serial Monitor untuk menguji prototipe rangkaian. Cara membuka jendela Serial Monitor dapat dibaca disini. Jika wiring Anda sudah benar, seharusnya akan muncul informasi waktu sebagai berikut :

RTC DS3231 dengan Arduino Uno

Mudah, bukan? Sekarang Anda sudah memiliiki jam digital buatan sendiri. Kalau Anda perhatikan, waktu yang ditunjukkan di RTC adalah factory default. Karena dibuatnya di Amerika, maka waktu yang ditampilkan adalah waktu di sana. Untuk cara mengeset waktu RTC akan saya sampaikan pada tutorial berikutnya.

Perbedaan DS3231 dengan DS3232

Pada dasarnya, semua arsitektur DS3231 dan DS3232 adalah sama. Pengalamatan, cara aksesnya  juga sama. Yang membedakan adalah besarnya memori internal (SRAM), dimana DS3231 sebesar 12H (18), sedangkan DS3232 sebesar FFH (255). Perbedaan lainnya, pada RTC DS3232 memiliki battery backup untuk SRAM dan output 32 kHz-nya, sedangkan RTC DS3231 tidak memilikinya dan harus menambahkan battery backup sendiri (biasanya jika Anda membeli dalam bentuk modul sudah dibuatkan battery backup-nya). Selain itu, pada RTC DS3232, sampling rate untuk sensor temperatur dapat diset, sedangkan pada RTC DS3231 sudah fix, yakni sekitar 64 detik

Arduino sebagai RTC

Selain menggunakan RTC eksternal, Arduino juga dapat diprogram menjadi sebuah RTC. Dengan demikian Arduino seakan akan dapat memiliki RTC internal yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Untuk lebih detailnya mengenai Arduino sebagai RTC dapat Anda baca di sini.

Incoming search terms:

rtc ds3231 adalah, rangkaian rtc ds3231, program arduino jam dengan rtc 3231, mengambil rtc arduino, jam digital dengan ds3231, apa perbedaan rtc ds1302 dengan ds3231, rangkaian real time clock, membuat jam digital dengan rtc ds3231, jam digital arduino dengan rtc ds3231, membuat jam digital dgn rtc 3231
Tags:,
21 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!