Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Membaca dan Menulis Data di SD Card dengan Arduino

Melakukan interaksi seperti membaca dan menulis data/file di SD Card dengan Arduino caranya cukup mudah. Anda hanya cukup mendeklarasikan library ‘SD.h’ di program sketch Arduino Anda. Library ini adalah library internal yang sudah disediakan software Arduino IDE secara default.

Pada tutorial kali ini, saya akan mencontohkan bagaimana membaca dan menulis file di SD Card (tipe micro SD) menggunakan Ethernet shield. Sebagaimana kita tahu bahwa dalam Ethernet shield terdapat satu slot micro SD reader yang dapat kita manfaatkan untuk berinteraksi dengan micro SD. Biasanya, micro SD ini digunakan untuk menyimpan data hasil pengukuran/penyensoran atau yang lebih sering dikenal dengan nama ‘data logger’.

Baiklah, mari kita mulai percobaannya. Siapkan satu unit papan Arduino (tipe Uno atau yang lain), Ethernet shield dan micro SD. Masukkan micro SD ke slot micro SD reader di Ethernet shield. Jika sudah, buka software Arduino IDE Anda, dan masukkan sketch sebagai berikut :

Upload sketch di atas ke papan Arduino Anda, dan aktifkan jendela Serial Monitor melalui menu Tools-Serial Monitor. Seharusnya akan akan ada tampilan sebagai berikut, yang menandakan file ‘test.txt’ telah ditambahkan di micro SD Anda dan file tersebut diisi dengan tulisan “testing 1, 2, 3.”. Anda dapat mengeceknya menggunakan micro SD reader yang lain melalui laptop Anda atau memasukkan micro SD tersebut ke smartphone Anda dan membacanya melalui aplikasi File manager.

read write micro sd dengan arduino dan ethernet shield

Beberapa function library ‘SD.h’ yang penting dalam proses membaca dan menulis file di SD Card adalah sebagai berikut :
1. SD.begin(chip_select) : menginisialisasi SD card, dengan parameter ‘chip_select’ sebagai berikut (tergantung hardware SD card reader) :
– Arduino Ethernet shield >> chip_select = 4
– Adafruit SD shields/modul >> chip_select = pin 10
– Sparkfun SD shield >> chip_select = pin 8
2. SD.open(nama_file) : membuka file dengan nama sesuai parameter ‘nama_file’. Function ini akan mengembalikan sebuah nilai bertipe ‘File’
3. File_object.print()/File_object.println() : menulis data ke file. Parameter ‘file_object’ menunjukkan nama variabel bertipe file (pada contoh di atas adalah variabel ‘myFile’)
4. File_object.read() : membaca data dari file
5. File_object.close() : menutup file

Demikian tutorial cara membaca dan menulis data di SD card menggunakan Arduino. Dengan bantuan library ‘SD.h’ Anda akan cukup cepat menanganinya. Selamat berkreasi.

 Beli microSD module murah

Incoming search terms:

cara menggunakan data logger pada arduino, menyimpan data via sd card dan arduino uno, membuat data logger dengan arduino, cara membuat data logger pada arduino, Cara membaca slot micro sd, cara menggunakan sd card arduino, koding modul sdcard, caara rakit arduino mini sd car modul, baca tulis sd card arduino, program hanya membaca file dari sd card menggunakan arduino

Leave a Reply

32 Comments on "Membaca dan Menulis Data di SD Card dengan Arduino"

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
indra
Guest

Mas kalau mau pake module arduino data logger chip-selectnya pake yang mana? Mau nampilin hasil baca rfid mas..

handi
Guest

Kok ga bisa di copy mas coding nya
ngikutin tutorialnya gimana 🙁

Rausyan
Guest

Mas klo umpama mw buka file yg d micro sd tanpa cabut & pasang ke card reader gmn?

Jd maksudnya biar g ribet. Tgl colok kabel usb trus terbaca sbg media storage. Bs g?

Ahnaf
Guest

Siang mas..minta tolong follow
Saat saya upload ke arduino uno terjadi error: no su much file directory.
Minta tolong pencerahan ya mas..tq

Turno
Guest

Siang mas aji..?
Mas saya minta bantuannya/ilmunya..(code’y) 🙂
Gimana cara menghapus file di sd card menggunakan arduino..?

indi setiyadi
Guest

Permisi, mas mau tanya tutorial hasil pembacaan RFID yang di simpan dalam data logger ada g y??? klo tidak ada mohon pencerahannya jika pembacaan sensor di ganti biar bisa nyimpan hasil pembacaan dari RFID. terimkasih…

Aditya Rahman
Guest

mas kalo mau baca file test.txt yang ada di folder gimana?

Reva
Guest

maaf mas saya mau tanya, saya ada project arduino uno dengan sensor pH dan suara, dan saya mau data outputan dari pH dan suara ini tersimpan di SD card, apa bisa? untuk menempatkan (if myFile) ini apa bisa di dalam loop?karena variabel yang saya gunakan untuk pH ada di dalam loop. jadi otomatis harus di buat lagi variabel nya. terima kasih

Riandanu Aldy Sadewo
Guest

mas mau nanya, sistem kodingan ini apabila sistemnya di matikan lalu dinyalakan kembali, apakah file test.txt nya akan otomatis ketiban dan file test.txt yang lama isinya akan hilang atau isi dari file test.txt nya melanjutkan isi filenya (file test.txt nya gak ketiban)?
terimakasih mas.

Riandanu Aldy Sadewo
Guest

mas mau nanya lagi, itu kenapa semua codenya dimasukin ke void setup ya? kalo saya mau ngirim data dari pc ke rs232 ke arduino lalu disimpen ke microsd apakah semua codenya ditulis di void setup semua ya? terimakasih mas

Ahmad faruq h
Guest

Mas aji, kenapa di void loopnya tidak ada sketchnya? Klo kosong error compiling mas. Terima kasih mas

Rendy
Guest

Mas aji mau nyanya ini ada error pas compile skecth untuk modul sd card dataloger karna pin 10 output arduino uno sudah terpakai oleh modul rfid, mohon bantuan bagaimana cara mengatasinya ?

Andi Pandedi
Guest

mas kalo file yg terbaca berulang sebanyak 3 kali itu gmna ya mas biar satu kali aja gitu? kesalahannya dmna ya mas

error: Content is protected !!