Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Membaca dan Menulis Data di SD Card dengan Arduino

Melakukan interaksi seperti membaca dan menulis data/file di SD Card dengan Arduino caranya cukup mudah. Anda hanya cukup mendeklarasikan library ‘SD.h’ di program sketch Arduino Anda. Library ini adalah library internal yang sudah disediakan software Arduino IDE secara default.

Pada tutorial kali ini, saya akan mencontohkan bagaimana membaca dan menulis file di SD Card (tipe micro SD) menggunakan Ethernet shield. Sebagaimana kita tahu bahwa dalam Ethernet shield terdapat satu slot micro SD reader yang dapat kita manfaatkan untuk berinteraksi dengan micro SD. Biasanya, micro SD ini digunakan untuk menyimpan data hasil pengukuran/penyensoran atau yang lebih sering dikenal dengan nama ‘data logger’.

Baiklah, mari kita mulai percobaannya. Siapkan satu unit papan Arduino (tipe Uno atau yang lain), Ethernet shield dan micro SD. Masukkan micro SD ke slot micro SD reader di Ethernet shield. Jika sudah, buka software Arduino IDE Anda, dan masukkan sketch sebagai berikut :

Upload sketch di atas ke papan Arduino Anda, dan aktifkan jendela Serial Monitor melalui menu Tools-Serial Monitor. Seharusnya akan akan ada tampilan sebagai berikut, yang menandakan file ‘test.txt’ telah ditambahkan di micro SD Anda dan file tersebut diisi dengan tulisan “testing 1, 2, 3.”. Anda dapat mengeceknya menggunakan micro SD reader yang lain melalui laptop Anda atau memasukkan micro SD tersebut ke smartphone Anda dan membacanya melalui aplikasi File manager.

read write micro sd dengan arduino dan ethernet shield

Beberapa function library ‘SD.h’ yang penting dalam proses membaca dan menulis file di SD Card adalah sebagai berikut :
1. SD.begin(chip_select) : menginisialisasi SD card, dengan parameter ‘chip_select’ sebagai berikut (tergantung hardware SD card reader) :
– Arduino Ethernet shield >> chip_select = 4
– Adafruit SD shields/modul >> chip_select = pin 10
– Sparkfun SD shield >> chip_select = pin 8
2. SD.open(nama_file) : membuka file dengan nama sesuai parameter ‘nama_file’. Function ini akan mengembalikan sebuah nilai bertipe ‘File’
3. File_object.print()/File_object.println() : menulis data ke file. Parameter ‘file_object’ menunjukkan nama variabel bertipe file (pada contoh di atas adalah variabel ‘myFile’)
4. File_object.read() : membaca data dari file
5. File_object.close() : menutup file

Demikian tutorial cara membaca dan menulis data di SD card menggunakan Arduino. Dengan bantuan library ‘SD.h’ Anda akan cukup cepat menanganinya. Selamat berkreasi.

 Beli microSD module murah

Incoming search terms:

cara menggunakan data logger pada arduino, menyimpan data via sd card dan arduino uno, membuat data logger dengan arduino, baca tulis sd card arduino, cara membuat data logger pada arduino, program hanya membaca file dari sd card menggunakan arduino, cara menggunakan sd card arduino, Cara membaca slot micro sd, cara menyimpan data dengan data logger arduino, cara menyimpan data di arduino
22 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!